Make your own free website on Tripod.com
Saling Mengasihi
Sharing Doa

HOME

Pengajaran | Kreatif Warga | Pertobatan | Puisi Kita | sakrament | Short Messages | Kasih Natal | Album | Arti SM | Doa | Sapaan Kasih | Dari hati ke hati | Welcome to SM | Sharing Retret | Gebyar SM | Cerita Kita | Pengalaman Kasih | Sharing Jodoh | Meditasi | Sejarah SM | Quiz | Old and New

jesus.jpg

 

 

Dear rekan2x milist.

Hari ini sebelum saya bobo, saya mendapatkan sedikit perenungan. Yah, mumpung masih teringat, mendingan saya share disini aja dehh:p mgk ini bukan hal yg baru, tapi gak papa khan sekalian kita saling mengingatkan dan membagi thanks sebelumnya buat iphenz yg refleksi ini adaJ

Bahwa pertumbuhan iman / kedewasaan rohani, bukan diukur dari berapa banyaknya mukjizat yg dapat kita lakukan, dan juga bukan berapa dalam pengetahuan yg kita miliki, ataupun berapa lama doa yg bisa kita lakukan, melainkan, Berapa intim relasi kita dengan Tuhan.

 Didalam hidup rohani kita, ada 4 hal yg terpenting. Dan keempat ini merupakan roda kehidupan rohani kita, dimana Yesus sebagai sumber / poros dari roda tersebut.

 

  1. DOA = kehidupan doa adalah hal yg terpenting yg harus kita miliki. Jangan ada orang yg mengaku anak Tuhan kalo tidak pernah berdoa. Itu adalah sesuatu yg mustahil. Doa sekecil / sependek apapun, bila kita doakan dengan tulus, jujur dan rendah hati, maka bagi Tuhan bisa menjadi doa yg besar.

 

Efesus 6 : DOA adalah Perisai iman dan ketopong keselamatan kita yg dapat menahan setiap serangan si jahat. Tanpa doa, kita akan diserang tanpa dapat bertahan. Kehidupan DOA kita merupakan mati hidupnya kita dalam pertempuran. Mother teresa pun mengatakan bahwa buah DOA adalah IMAN.

 

  1. FIRMAN = penting, karena bagaimana kita dapat mengasihi DIA kalo kita TIDAK pernah mengenal DIA. Bagaimana cara unt mengenal DIA ??? yah melalui Firman. Tanpa Firman, kehidupan kita pun akan menjadi layu dan akhirnya mati.

 

Efesus 6 : Firman adalah pedang roh yg kita miliki unt dapat membalas serangan dari si jahat. Tanpa Firman, jangan berharap bisa mengalahkan musuh. Karena Firman itu adalah Allah ( Yoh 1 : 1). Jadi Firman adalah Allah sendiri. Dan ketika kita mengenal FirmanNya, kita tau keinginanNya dan kita tau cara mengalahkan musuh kita.

 

3.      PERSEKUTUAN / KOMUNITAS = adalah suatu hal yg penting karena dimana kita dapat bertumbuh bersama dengan orang2x yg memiliki roh yg sama dgn kita. Seperti halnya sapu lidi, yg bila hanya lidi 1 batang, akan mudah dipatahkan, begitu pula bila kita bersekutu dengan saudara2x seiman, akan membuat iblis sukar unt melakukan penyerangan kepada kita. Karena didalam persekutuan, kita menjadi 1 tubuh (Roma 12), yg dimana bila satu sakit yg lain turut merasakan. Dimana ada yg jatuh, yg lain akan membantu unt bangkit

 

Efesus 6 : komunitas seperti halnya baju zirah keadilan dan  ikat pinggang kebenaran, dimana kita akan dibentuk disana dan pada saatnya kita dapat mengerti dan melihat akan keadilan dan kebenaran Tuhan. Kita akan dibentuk unt semakin mengerti dan mengetahui akan DIA. Tetapi unt itu kita harus mengalami proses. Dan proses unt setiap orang berbeda2x, tetapi semua proses itu memiliki satu tujuan yaitu serupa menjadi seperti DIA.

 

  1. PELAYANAN = setelah kita mendapatkan semua kasih karunia dari DIA, ada saatnya unt membagi semuanya itu unt orang2x disekitar kita. Seperti halnya tong yg diisi air, bila HANYA diisi, diisi dan diisi, tetapi tidak memberi, pada akhirnya akan meluber ataupun tong itu menjadi pecah karena terlalu penuh. Begitu juga dengan kehidupan rohani kita, kita bagikan semua cinta yg Tuhan sudah berikan kpd kita, melalui PELAYANAN kita terhadap sesama. Dan bentuk dari pelayanan setiap org berbeda2x. semua tergantung Tuhan yg memberikannya. Mother teresa juga menuliskan Buah dari CINTA adalah pelayanan, dan Buah dari pelayanan adalah DAMAI. Jadi hendaklah pelayanan kita membawa damai kpd kita dan org yg kita layani.

 

Efesus 6 : Pelayanan sama halnya seperti Kasut kerelaan unt memberitakan injil damai sejahtera Kristus. Setelah kita menerima semua itu, kenakanlah kasut itu, dan bagikanlah kpd sesama dan kepada Tuhan bentuk dari cinta kita. Layanilah sesama kita dgn Kasih dan Cinta yg sudah DIA berikan kpd kita. Agar mereka juga boleh merasakan KASIH dan CINTA itu melalui kita..

 

Jadi, bila saat ini ada yg masih kurang dari keempat hal ini, mgk sudah saatnya kalian memikirkannya dan merenungkannya. Rendah hatilah unt mau diajar olehNya. BELAJARLAH dariNya bagaimana harus berdoa, TEMUKANLAH DIA , melalui Firman dan Kisah hidupnya juga perintahNya,  MINTALAH daripada-Nya komunitas yg terbaik buat kalian bisa bertumbuh dan berbuah, CARILAH pelayanan yg mana yg ingin Tuhan kalian lakukan, dimana kalian bisa berkarya dan membagikan Kasih tsb.

 

Tuhan Mengasihi

Visi Misi

 

 

Syaloomm Bruder Honorius, Visi Misi, Bruder Jani, Bruder Stefanus, Bruder Sales, Teman-teman dan Anak-anak yang dikasihi Tuhan dan yang mengasihi Tuhan .J

Boleh saya menimbrung sedikit yaa Memang dari masing2 orang mempunyai waktu berdoa lain-lain. Apa yang disebut oleh VM mengenai waktu doa di pagi hari antara pk 2-3 subuh itu baik, sebelum pagi hari ayam berkokok katanya (kata orang). Dulu tiap pk antara 2-3 pagi saya dan suami juga berdoa yaitu Doa Yesus selama 1 jam, yang mana akhirnya secara rutin seperti ada yang membangungkan saya pada jam tersebut.

Bicara mengenai Doa . NIAT adalah perlu dalam hal ini, karena meskipun ada ajakan dari beberapa teman, kawan tapi kalau memang diri kita sendiri tidak mempunyai niat susah untuk melakukannya. Jadi sekarang tergantung dari pribadi masing-masing orang.

==Kalau Yesus saja yang adalah Tuhan memerlukan saat-saat sndirian untuk berdoa kepada Allah, Bapa-Nya, apalagi kita hanyalah manusia yang lemah belaka. Kita perlu menyendiri di pagi hari dan malam hari untuk berdoa.==

Bicara mengenai ketagihan untuk doa didepan Sakramen Maha Kudus.. yah memang betul bisa ketagihan lohh untuk ingin segera diam di hadirat Allah didepan Tabernakel. Akhir2 ini Bruder, kami setiap hari Sabtu sore/malam datang ke kapel Paroki St. Yohanes Penginjil untuk Doa Yesus selama 1 jam dimana disana ada Pentahtaan Sakramen Mahakudus dan disebut SSA (Sembah Sujud Abadi) karena sudah sejak Sept 1986 Sakramen Mahakudus dipertahtakan di kapel tsb.

Nanti kalau Bruder Honorius kembali ke Indonesia, saya akan ajak Bruder ke kapel tsb.. pokoknya ueenaak tenan lohh Bruder. (kaya makanan aja hihihi). Oya yang lain juga seperti Br. Jani, Visi dan semuanya.

Buat Sdr. Visi, anda pernah merekomendasikan suatu buku pada saya yaitu buku Mukjizat2 di Zaman Modern, karangan Suster Briege McKenna, OSC. (Makasih Vi). Pada halaman 20 ada tertulis bahwa Suster Briege pergi ke kapel biara untuk mengadakan Jam Kudus, berdoa di depan Tabernakel dan disitu beliau mendengar suatu suara yang menyatakan bahwa Sr. Briege mempunyai anugerah untuk menyembuhkan. Sebelum membaca buku tsb memang kami telah melakukan berdoa di depan Tabernakel, tetapi setelah saya membaca buku tsb. saya merasa seperti ada peneguhan. Ada beberapa teman yg kami anjurkan juga untuk berdoa di depan Tabernakel pada waktu mereka akan mengadakan acara KRK adorasi, dan mereka lakukan hal tsb. sehingga semua acara dapat berjalan dengan sukses, ada juga teman yang mempunyai masalah, kami minta juga utk berdoa di depan tabernakel.

Buat Sdr. Visi : anda pernah bilang bahwa anda pernah merasakan "in" atau merasakan sepertinya Tuhan itu dekat, biasanya saya bisa berdoa lama.... kadang merasakan sepertinya "roh" saya diangkat dan memasuki suatu hadirat yg besar yg membuat saya gak bisa berhenti.... saat itu saya sepertinya saya sudah tidak tau dimana saya, hanya perasaan damai dan dekat sekali dengan Tuhan.... entah apakah itu yg disebut tabor ?? Betul, perasaan seperti itu ada, itu adalah suatu komtemplasi penuh sudah topnya karena komtemplasi berada di atas mediatatio Vi, hal itu sering dirasakan oleh papi ketika sedang berdoa Yesus ntah di rumah (dikamar), di depan tabernakel . bagus anda sudah sampai setaraf itu . teruskan ya Vi Untuk istilah tabor, saya kurang mengerti, yang saya tahu adalah Yesus berdoa di atas gunung Tabor bersama murid2nya (Luk 9:28-30).Buat yang masih tergolong pria (Bruder, besok2 udah nggak tergolong pria, sekarang sih masih .bercanda lohh Vi..).coba lakukan terus doa Yesus di rumah dan doa di dalam gereja/kapel di depan tabernakel yaaa.. dan juga buat semuanya tanpa terkecuali.. J Saya rasa itu dulu yang bisa saya bagikan.

Keheningan adalah salah satu ciri spiritualitas Karmel Didalam keheningan, kita akan lebih peka untuk merasakan kehadirat Allah Kita tidak bisa mendengarkan suara Tuhan didalam kebisingan

 

Iesus Hominum Salvator

Sugiwati

 

halo juga bruder yadi.... saya masih tergolong pria koq bru.... makanya menjadi twin dari Mickey....:-)

Mengenai waktu doa di pagi hari..... yg pernah saya ketahui ketika saya dikelas pemuridan adalah bahwa unt kita berdoa dengan memberikan "waktu terbaik" kita bukan "waktu sisa". dan biasanya waktu terbaik adalah di pagi hari, karena pikiran masih fresh dan belom "tercemar" macam2x... sedangkan "waktu sisa" biasanya malam hari dimana kita udah ngantuk dan mulai berdoa yg seringkali Aminnya besok pagi... hihihih (kalo amin sampe pagi, ini pengalaman pribadi loh bru....:-)

mengenai paginya itu jam berapa..... mgk itu tergantung masing2x orang.... tapi kalo unt mengatasi ngantuk, rasanya sampe sekarang masih belom ada obatnya... soalnya godaan terberat saat doa adalah Ngantuk.... rasanya itu pergumulan setiap orang waktu doa....:)

kalo saya seh sebagai awam seringkali mengubah cara2x doanya supaya tidak ngantuk... kadang nyanyi, kadang setel musik (taize) atau kadang doa Yesus... belom bisa sampe kayak mother teresa yg hening neh bru..:)

terakhir pengalaman dari saya.... pernah saya ikutan retret dimana ada ruang untuk doa yg ada sakramen maha Kudusnya ditaruh disana.... dan dari hari pertama, saya malam2x suka masuk kesana dan doa sampe pagi didepan sakramen maha Kudus... kadng sampe jam 2 dan kadang sampe jam 4 lewat... dan besoknya bangun jam 5.30 (perebutan kamar mandi)... tapi anehnya sepanjang retret saya tidak pernah ngantuk, walau cuma tidur 1-2 jam saja.... malah keliatan seger dan semangat... dan pas doa Yesus pagi2x juga malah bisa lebih konsent... kesimpulannya, saya kadang jadi "ketagihan" unt doa didepan Sakramen Maha Kudus nehh......

yang kedua, ketika beberapa minggu yg lalu, ketika ada acara seminar dan misa adorasi... dimana 1 minggu sebelum acara, saya coba unt doa setiap jam 2-3 pagi.... walau was2x takut besoknya ngantuk dikelas.... tapi yah puji Tuhan, setiap pagi malah jadi lebih seger dan gak ngantuk sama sekali..... yah kesimpulan, kadang doa bisa menjadi obat buat seger lohhh alias gak ngantuk kalo di kantor.... hihihiih.... silahkan coba, tapi kalo ngantuk jangan salahin daku yach....;-) khan daku cuma sharing apa yg daku rasakan....:-Diakhir kata, saya mau bagikan kata2x dari Mother teresa mengenai Doa

BUAH KEHENINGAN ADALAH DOA

BUAH DOA ADALAH IMAN

BUAH IMAN ADALAH CINTA

BUAH CINTA ADALAH PELAYANAN

BUAH PELAYANAN ADALAH DAMAI

dari keheningan, akan menghasilkan doa dimana kita masuk lebih dalam hadiratNya ketekunan dalam doa, akan menghasilkan iman, dimana kita semakin percaya karena iman, kita memiliki cinta, baik kepada Tuhan maupun kepada sesama karena cinta akan timbul perasaan ingin melayani karena pelayanan kita, itu akan membawa damai bagi orang2x disekitar kita..... (kalo gak ada damai, wih ati2x tuchh... hehehhe)

Salam Persaudaraan dalam Kristus

 

Visi Misi

Iesu Christe Homine Salvator

 

Hallo Visi Misi, renungan dan ajakanmu untuk berdoa sungguh membuat saya juga ingin mengikuti ajakan (saya ngga tahu mas atau mbak) visi misi. Kami para bruder juga ingin meneladan Jesus dalam berdoa pagi-pagi benar dan mencoba membuat tempat yang baik buat berdoa. Namun Visi Misi gimana ya kalau terlalu pagi itu kok rasanya masih ngantuk dan biasanya kami berdoa bukan karena ingin mengikuti teladan Jesus, tetapi karena jadwal rutin kami. Mungkin Visi Misi bisa ngasih tahu caranya agar tidak ngantuk dan bisa berdoa seperti apa yang dilakukan Jesus sewaktu masih di Jaman itu.

 

Salam

Honorius Suyadi, fc

 

Alo ketemu lagi. Aku mau sharing dikit deh mengenai waktu doaku. Sebenernya aku dah tau kalo waktu doa yg paling baik tuh pagi, tapi aduh bawaannya ngantuk bener udah gitu bangun udah dikejer2 berangkat kuliah. Tapi, aku tetep usahain sih doa pagi plus renungan. Yah, jadinya renungannya ga lama deh, sekilas doank. Godaan ku di rumah kalo doa nih : Ngantuk (itu udah pasti) apalagi kalo doanya malem2, wah tambah aja deh! Lalu males, nah ini dia kalo yg 1 ini udah dateng, mah repot. Trus, kadang ada orang rumah yg panggil2 lah, jadi gangguin doa tuh! Haha tapi yah aku sih tetep jalanin aja deh! Kalo doa pagi2 jam 2 atau 3 kaya VM sih masih belom nyampe nih tarafnya, haha. Segitu dulu deh sharingku mengenai waktu doa. Oh ya, aku ada web bagus nih mengenai waktu doa, kalo sempet dibaca

 

yah! See you!

Juju

 

dear Bruder Yadi dan rekan2x SM semuaa....

karena masih belom ada yg terpancing sharingg... yah udah nimbrung sharing lagii ahhh.. kali2x aja jadi ada yg terdorong ikutan....

Mengenai pengalaman tabor, karena saya sendiri tidak mengetahui "perasaan" dari Petrus, Yakobus dan Yohanes saat itu, jadi  saya tidak bisa mengatakan apakah saya pernah mengalami masa2x seperti mereka...

saya cuma bisa bagikan, dimana saya merasakan "in" atau merasakan sepertinya Tuhan itu dekat, biasanya saya bisa berdoa lama.... kadang merasakan sepertinya "roh" saya diangkat dan memasuki suatu hadirat yg besar yg membuat saya gak bisa berhenti.... saat itu saya sepertinya saya sudah tidak tau dimana saya, hanya perasaan damai dan dekat sekali dengan Tuhan.... entah apakah itu yg disebut tabor ?? saya juga tidak tahu.... abis bingung juga bagaimana menggambarkannya... rasanya sebaik apapun dituliskan, koq gak bisa menggambarkan jelasnya yach....

 

ada juga pengalaman ketika saya marah sama Tuhan..... entah waktu itu masalahnya apa (udah lupa banget).... pokoknya saya ingat saya marah2x sama Tuhan.... tapi anehnya waktu itu saya nangis dan gak bisa ditahan lagi... jadi sambil doa marah2x sambil nangis deras banget... sampe akhirnya keabisan kata2x, saya cuma diam..... tapi setelah itu saya merasakan suatu sinar terang sepertinya masuk kedalam hati saya.... dan waktu itu ada suatu perasaan damai... dan saya merasakan Yesus tersenyum kepada saya dan DIA mau mengerti kemarahan saya dan kepahitan saya.... anehnya, saya meraskaan koq Tuhan gak marah sama saya walaupun udah saya "maki2x kasar" (ini satu sifat bandel saya sama Tuhan..:p ). terakhir saya hanya merasakan suatu kehangatan seperti pelukan dan didalam hati saya merasakan bahwa Tuhan melihat ketika saya diperlakukan tidak adil... dan DIA juga menangis diwaktu saya menangis... cuma itu seh rasanya....

sharing terakhirnya.....ketika dulu saya suka ikutan dengan beberapa teman mengadakan doa bareng... itu biasanya cuma sektiar 4-6 orang.... dan biasanya disitu kami yg kumpul bener2x merasakan hadirat Tuhan itu nyata.... kita nyanyi dan kemudian masuk penyembahan sampe akhirnya masuk hadiratNya.... seringkali juga Tuhan meminta kami unt berdoa bagi wujud2x tertentu.... dan seringkali kami berdoa sampe overtime.... tapi semuanya itu tidak terasa ketika berdoa... cuma setelah selesai memang cape dan kaget karena kita bisa berdoa sebegitu lamanyaa... padahal rasanya seperti sebentar saja....

tapi kalo ditanya mengenai pengalaman tabor.... saya rasa apa yg saya pernah alami, masih sangatlah jauh dari yg dialami para rasul....

mgk rekan2x laen ada yg memiliki pengalaman doa unt disharingkan.. ayo donk jangan malu2x... kita khan bisa saling membagi dan menguatkan..... soalnya vm juga lagi ada masalah dengan doa nehh...:p gara2x gak ketemu tulang iga, jadinya kendor doanyaa.. abis body daku jadi gak "pas" karena tulang iga nya copot... hihihihi.....

udah ah jadi ngaco lagee dechh.....

 

Salam Sharing dalam Kristus

Iesu Christe Homine Salvator

Visi & Misi

 

Kesan pertama saya menanggapi cara2 visi misi berdoa, saya cukup kagum dan begitu pintar dalam memilih cara berdoa agar tidak ngantuk. Memberi waktu terbaik buat doa juga sungguh membuat saya iri. Seperti Visi misi katakan bahwa anda sebagai awam bisa punya banyak cara untuk mengatasi kejenuhan dalam berdoa. Dengan ini membuat saya bertanya, pernahkah mas visi mengalami suatu pengalaman rohani seperti misalnya pengalaman tabor? Seperti pengalaman petrus, Jacobus, dan Johanes saat bersama Jesus, sehingga sulit melepaskan diri karena menemukan puncak tabor yang sungguh membahagiakan. Bersediakah mas visi misi membagikan pengalaman rohani itu?

 

Trisms

Honorius,fc

 

dear bru yadi dan rekan2x...

 trims buat sharing bruder.... bagus sekali cara yg bru gunakan unt berdoa....

 rasanya saya ingin mencobanya suatu saat nanti...

 beberapa hari yg lalu saya juga mendapatkan suatu pertanyaan dari salah satu rekan saya dimilist..... mengenai "siapakah Yesus, menurut saya ??? "  dan sampai saat ini saya masih belom memikirkannya... mgk secara konsep kita bisa mengatakan "Yesus adalah Tuhan" atau "Yesus adalah penyelamat". tetapi sapakah Yesus menurut saya pribadi, saya pun belom bisa menjawabnyaa....

 

semoga dengan sharing dari bru, saya bisa mendapatkan jawabannyaa..... thanks God, thanks bru... ternyata dari sharing waktu doa ini, merupakan jawaban kebingungan saya....

 

Salam Kasih Kristus

 Visi Misi

 

 

Hallo Visi Misi, renungan dan ajakanmu untuk berdoa sungguh membuat saya juga ingin mengikuti ajakan (saya ngga tahu mas atau mbak) visi misi. Kami para bruder juga ingin meneladan Jesus dalam berdoa pagi-pagi benar dan mencoba membuat tempat yang baik buat berdoa. Namun Visi Misi gimana ya kalau terlalu pagi itu kok rasanya masih ngantuk dan biasanya kami berdoa bukan karena ingin mengikuti teladan Jesus, tetapi karena jadwal rutin kami. Mungkin Visi Misi bisa ngasih tahu caranya agar tidak ngantuk dan bisa berdoa seperti apa yang dilakukan Jesus sewaktu masih di Jaman itu.

 

Salam

 Honorius Suyadi, fc

 

Dear Visi, cukup menarik pengalaman rohanimu. Saya juga ingin membagikan pengalaman rohani saya. Saya punya cara doa yang belum lama ini saya temukan. Cara baru ini adalah "Doa dialog". Pertama saya buka Kitab Suci sesuai dengan kalender liturgi yang ada, kemudian baca ayat demi ayat sampai jalan ceritanya bisa kita bayangkan sewaktu kita tutup Kitab Sucinya. Setelah jalan ceritanya jelas kemudian mencoba memasukkan diri kita ke salah satu tokoh dalam cerita itu. Misalnya cerita tentang Sakeus. Saya masuk sebagai tokoh Sakeus yang mencoba mencari cara untuk ketemu dan melihat sendiri siapakah Jesus itu. Sakeus berusaha keras untuk mencapai tujuan utama melihat Jesus. Kemudian mulailah dialog sama dengan dialog dalam kisah Sakeus. Ketika Jesus melihat Sakeus Jesus bersabda" Sakeus (Yadi) turunlah dari pohon, karena saya ingin tinggal dirumahmu". Kemudian perhatikan perubahan sikap Sakeus setelah melihat Jesus. Sakeus (Yadi), Saya ingin mengembalikan empat kali lipat kepada orang yang merasa saya rugikan. Saya akan berikan segala sesuatu dan meninggalkan, melepaskan segala sesuatu yang selama ini saya kuasai. Kemudian Jesus bersabda kepada Sakeus (Yadi) hari ini terjadilah suatu kebahagiaan di surga karena ada suatu pertobatan.

 

Perasaan saya waktu melakukan doa ini, saya sungguh bisa berkomunikasi dengan Yesus, berbicara seperti berbicara dengan pembimbing rohani saya. Saya merasakan doa bukanlah suatu yang membosankan, doa jadi menarik dan ingin mengulanginya dimana saja ada kesumpatan untuk berdoa.

 

Itulah Visi salah satu pengalaman doa saya.

Br.Honorius.fc

 

 Rekan-rekan SM yang terkasih.

 Pertama sayamengucapkan terima kasihkepada VM atas rasa ketersentuhannya untuk mensharingkan doanya bagi kita. Dan juga kepada Br. Honorius yang mengisahkan pengalaman doa dengan kisa Zakeus. Tentu saja menggerakan saya untukmembagikan pengalam doa saya.

 

Saya adalah seorang Bruder ( Religius ) Saya adalah salah satu anggota Tarekat Bruder Karitas ( FC ) FC bahasa latin, artinya Cinta persaudaraan. Di indonesia kami disebut Bruder Karitas, di Belgia atau Belanda disebut Broeders Van Liefe, di Inggris disebut Brothers of Charity di Italia disebut Frateralla da Carita di Prancis disebut Frere Caritate.

 

Kalu soal waktu doa saya boleh katakan kami diberi kesempatan untuk berdoa sangat banyak. Kalau rekan kita kaum muslim mereka punya waktu berdoa lima waktu. Nah kami hampir nggak bisa dihitung lagi jika dibandingkan dengan doa pribadi. Padi kami ada doa dan misa bersama, jam 12 siang ada doa Anggelusm jam sore ada ada ibadat sore dan malam ada ibadat bersama. Juga kalau ada waktu untuk retret atau rekoleksi bersama.

 

Dari pengalaman saya bahwa doa yang sungguh saya rasakan adalah doa yang saya panjatkan saat-saat saya sungguh senang atau sungguh gembira dan saat saya sungguh sedih atau susah. Terasa doa pada saat seperti ini begitu menyatu dengan kehidupan saya dan pengalaman akan kehadiran allah dalam diri saya melalui peristiwa yang saya alami. Tetapi saat -saat yang biasa-biasa saja...yach saya lalui begitu saja tetapi terkadang melalui bacaan kitab suci terutama kitab masmur ada bagian yang menyentuh saya untuk saya renungkan lebih dalam.

 

Sebelum saya bergabung dengan tarekat Karitas saya mempunyai kebiasaan untuk Berdoa Rosario. Setiap hari asti saaja saya panjatkan doa Rosario.Kapan kalau terlalu sibu saya berdoa 1 kali bapa kami dan 3 Salam Maria.. Pengalaman ini menyatu dengan saya sehingga saeperti menjadi bagian dari saya untuk berdoa Rosario. Bahkan sebelum saya bergabung dengan Tarekan Bruder karitas saya mempunyai kebiasaan untuk membaca kitab suci.Caranya mungkin tidak seperi saat saya menjadi Bruder karena kami ada penanggalan liturgi sehingga mudah untuk baca.

 

Biasanya aku mengambil waktu 2 menit untuk merenungkan peristiwa yang saya alami dengan menutup mata lalu setelah itu saya membuka kita suci sambil menutup mata. Dan syukur kepada tuhan setiap kita suci yang saya buka pasti selalu ada hubungannya dengan peristiwa hidup yang sedang saya alami. Biasanya saya coret atau beri tanda pada yang yang menyenyuh saya yang mungkin saja memberi teguran atau nasehat kepda saya atau memberi kegmbiraan bagi saya.

 

Singkatnya saya merasa bahwa kitab suci yang ditulis ribuan tahun yang lalu isinya selalu ada relevannya dengan kehidupan saya saat ini. Dalam perayaan Ekaristi saya merasa ada kekuatan untuk menyambut hari-hari baru yang saya lalui.

 

Kembali pada doa Rosario...bagi saya jika sebelum tidur saya tidak berdoa Rosario..entah mengapa ..pasti tidak tenang dan aman waktu tidur atau pasti ada saja mimpi yang aneh,Bahkan aku pernah mimpi bahwa saya meninggal. Dalam mimpi itu saya melihat banyak orang yang menangis termasuk orangtua saya. Tapi serenta saja sadar bahw bahwa saya bermimpi dan akhirnya serentak saya bangun...Aduh ternyata saya belum berdoa. lalu ada rasa syukur saat itu bahwa Tuhan masih menganugerahkan hidup kepada saya. kalau saya berdoa sebelum tidur pasti saya bangun sesuai dengan yang saya rencanakan sehingga bisa melaksanakan tugas harian saya.

 

Nah...menururt saya ...penglalama gunung tabor dimaksudkan adalah sebuah ungkapan diaman ada rasa damai, tenang dan gembira yang kita alami, yang tidak pernah kita alami sebelumnhya atau tidak sering kita alami. Memang ukuran kedamaian dan kegembiraan itu tergantung kita masing-masing dan pribadi kitalah yang menetukan.

 

seorang anak kecil dia merasa tenang dan damai  jika ia berada disamping orangtuanya.

 

Orang muda atau mudi mrasa damai atau tenang dan gembira jika ia berada disamping orang yang ia cintai dan kasihi. Biasanya saat seperti itu waktu itu terasa selalu pendek dan singkat.

 

Jadi demikian saja sharing saya dan Tuhan memberkati kita sekalian??

 

Br.Elias FC

 

dear juju dan rekan2x SM semua.....

 thanks yach ju atas sharingnyaa....., senangnya melihat kamu sekarang rajin...:)

 gitu donkkkk sis... rajin terus yach...;)

 o,ya kemaren diretret saya mendapatkan tips dari suster angelica.... mgk bisa membantu masalah kamu untuk waktu doa...

 

sebaiknya seh kalo bisa waktu doa "ditetapkan" pada jam yg sama setiap hari.... jadi pas waktu doa, yah HP dimatikan itu udah pasti donkk.... dan kemudian yah titip pesan buat orang dirumah kamu sedang doa dan gak bisa diganggu, walau ada telp dari temen.... jadi kalo ada temenmu yg telp, mereka jadi tau kalo itu jam doa kamu.... dan lama kelamaan, mereka gak bakalan telp lagi pada jam itu.....

 trus yah kalo bisa seh waktunya itu sama setiap hari dimana waktu itu kamu memang berikan unt berdoa..... jadi tentukan "Waktu doa terbaik " menurutmu....

 cuma 2 tips itu aja dech dulu....nanti kalo teringat lagi aku kasih lagi dch....

 

Salam Kasih Kristus

 VIsi Misi

Iesu Christe Homine Salvator

 

SEKEDAR SHARING TENTANG DOA

 

Halo bru, mams, saudara/i ku semuanya,

 Numpang lewat boleh ya, mau sharing dikit nih!

 Sebenernya udah 2 hari ini doaku kacau nih, entah mengapa kok JJ jadi males doa rosario ya. Kalo kemaleman doanya, bawaannya ngantuk, kalo waktunya pas, kok pengen tidur2an, dan akhirnya sama aja ga doa. Akhirnya cuma doa malem aja deh:)

 

Gini nih, cerita lengkapnya :

 

Hari Minggu malem JJ ga doa rosario, trus hari Senin temenku ngajak ke Katedral untuk doa, pikirku ikut aja deh, daripada di rumah bosen, lagian kalo ke Katedral biasa sih jarang2x doa rosario. Palingan juga doa di depan Yesus dan Pieta. Ternyata... begitu sampe sono, gereja belom dibuka, akhirnya JJ & temanku doa di gua Maria, bingung mau doa apa, akhirnya kita sepakat doa rosario aja deh, dan entah mengapa JJ mikir, karena kemaren ga rosario, ga ada salahnya doa rosario sekarang, dan ... kok JJ juga ada keinginan untuk doa rosario 3 peristiwa yah? (nah loh... ???)

 Terus, malemnya (Senin malem), JJ pikir tadi kan udah rosario 3 peristiwa ... males ah doa lagi. Ya udah, JJ cuma doa malem aja:p

 

Nah, hari ini (Selasa), JJ ikutan adorasi di Mulia mulainya sih jam 5, tapi JJ & teman2x udah nyampe sono setengah jam sebelumnya, dan ga biasa2nya sebelum acara mulai ada rosario:( Aduh... pikir JJ ... kayanya JJ disuruh rosario mulu sih... uhhh... dah tau JJ lagi males... kok dipaksa sih :) Tapi... karena sebelah2x JJ pada doa, ya udah ikutin aja deh:) Akhirnya di tempat itu, JJ merasa bahwa Tuhan tuh ga mau JJ jauh dari Tuhan. Dan kayanya emang JJ harus rosario tiap hari deh, makanya... kalian semua juga bantu JJ dalam doa ya, supaya JJ ga males doa:p

 

Nah... 1 lagi yang aneh nih... sebenernya tadi waktu adorasi di Mulia itu JJ sempet mikir bahwa JJ pengen tulisin bahan pengajaran yang dikasih Rm. Yohanes Indrakusuma, O Carm (tentang Roh Kudus), tapi... kok yang keluar malahan sharing yah:( Malahan pengajarannya lupa... aduh... maafin JJ ya Tuhan, nanti JJ tanyain ke temen JJ yang nyatet deh:) atau mending suruh Thomas aja ya... (masih inget ga Thom?) ... tadi JJ ketemu Thomas ... (modie kampung sebelah ini dateng sendirian loh kesana... belom punya gandengan sih...  huahuahua....) ---> sekalian promosi... jangan marah ya Thom!

 

Maaf ya saudara/i ku kalo sharingnya membosankan atau ga menarik, tapi... kadang JJ suka ada keinginan aja sih untuk nulis, dan kata2nya tuh mengalir aja, dan biasanya sih ... inspirasinya baru dateng malem2x:)

Ya udah, JJ mau pamit dulu ya, mau doa rosario dulu:) abis itu ...z...z...z...

 

 Salam kangen buat semuanya,

 Juju

 

Sharingnya bagus banget dan saya nggak bosan deh baca sharing JJ. Itulah irama kehidupan yang kita jumpai dalam hidup ini, kadang kita rasanya lancar-lancar aja doa Rosario, namun kadang juga merasa bosan. Namun sejauh yang saya tahu dari sharing JJ itu masih dalam taraf kewajaran kalau kadang kita merasa bosan dan males banget. Tuhan memang tidak menginginkan Putra-PutriNya menjauh dari pada Nya. Kadang rasa bosan dan malas itu merupakan suatu rahmat bagi kita. Kalau saya sedang terserang kemalasan dalam doa, saya cuma sampaikan apa saja yang saya rasakan saat itu kepada Tuhan, misalnya "Tuhan hari ini saya merasa malas dalam doa". Nah ungkapan itu sendiri sudah merupakan doa. Dan kadang kebosanan juga membuahkan suatu kebahagiaan bila kita mampu melewatkan rasa bosan itu bersama Tuhan. Itulah Indahnya doa. Disaat kita bosan disitulah rahmat berkarya. Itulah sedikit tanggapan dari saya. Maju terus JJ biarlah rasa bosan kita serahkan kepadaNya sehingga kita dianugerahi rahmat kebahagiaan lewat kebosanan kita. Tahukan artinya jalan salib. Jalan salib adalah jalan penderitaan demi mencapai kemuliaan seperti yang dialami oleh Tuhan kita Yesus Kristus hingga pada kebangkitanNya yang mulia. Amin.

 

Salam

Br. Honorius, fc

 

 

Dear JJ dan teman2 semua......

Thanks atas sharing Juju yang bagus dan menguatkan....

Ju, Tuhan itu Maha Baik loh...... Tuhan mencari jalan...membuka jalan buat JJ.... Bagiamana yach caranya supaya JJ bisa berdoa dengan baik...... ehhh ternyata Tuhan bukakan jalan buat JJ.... Tuhan berikan acara2 yang indah buat JJ supaya bisa berdoa rosario.... Thanks a lot God...

 

Oya.... satu hal lagi.... kalau JJ malem hari sampe subuh ... gak bisa bobo.... berpikirlah bahwa Tuhan meminta JJ untuk berdoa..... bukan cari temen "ol" .... Oya boleh ol chat ama Tuhan.... hehehe...

Itu aja Ju.....

 

GBU Ju....

Mams

 

Dear JJ & all :)

 

Waaa TUHAN tuh sayang banget neh ama JJ, sehingga dia "protes" kalo  dicuekin. Makanya secara lembut DIA ingetin kamu supaya terus berdoa. Hehehe  wajar aja seh kalo rasa malas berdoa itu datang. Tapiii tetap kita harus  senantiasa berjuang melawan & mengatasi kemalasan itu. Lagipula bahaya loh  kalo keterusan ber-malas2-an (dlm segala hal), nanti untuk "bangkit"nya lagi

syusyeeehhh.

 

Satu tips neh ya, buat Juju & semuanya..... untuk berhubungan dgn TUHAN  (doa, baca alkitab, pantang, puasa, dsb), kita HARUS MENYEDIAKAN WAKTU.  Bukan mencari waktu! Wah kalo mencari waktu seh kayaknya sulit untuk ketemu  deh. Adaaa aja alasannya : ngantuk, sibuk, sakit, capek, masih mau  mengerjakan inilah itulah, dll. Tapi kalo kita udah sediain waktu, maka kita  akan lebih "teratur". Hmmm mungkinkah ini juga yg jadi alesan mengapa dlm  bbrp bentuk doa katolik selalu menggunakan jam & waktu yg sama?! Yeah tentu  saja pada prakteknya mungkin tidak semulus itu. Semua ini butuh waktu u/  kita bisa "disiplin rohani". Namanya juga belajar, hehehe.

Trus juga, JANGAN MENAMPIK apabila TUHAN sudah peringatkan kamu. Contohnya  seperti kasus Juju itu. Juju males berdoa, tapi melalui bbrp peristiwa, Juju  akhirnya berdoa... dan bukankah itu sudah suatu tanggapan yg bagus dari kamu  Ju?! Kamu MENANGGAPI panggilan TUHAN. Hehehe, tepuk tangan u/ Juju. :)

 

We have a MASTER to serve,

Lucy N.S.

 

Juju dan warga SM yang terkasih.

 

Pengalaman saya yang sering terjadi saat berdoa adalah ada rasa ngantuk, lalu ada rasa malas dan ada-ada saja alasan untuk tidak berdoa. bagi saya hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Saya biasanya coba renungkan setelah kejadian tersebut. Biasanya setelah kejadian tersebut kita merasa nggak enak ada gelisah pokoknya ada-ada saja deh. Kalau persoalannya karena cape..sebab udah belajar dan bekerja seharian maka kita juga butuh istirahat. tetapi pernah saya alami..padahal udah banyak waktu istirahat tapi kog..selalu saja ada alasan untuk tidak berdoa. nah saat seperti ini kita harus tegas memutuskan untuk bertolak belakang dengan niat untuk tidak berdoa. Maka saya mengambil keputusan untuk berdoa, walaupun hanya sedetik saja. Nanti lama-lama niat untuk tidak berdoa dan rasa malas itu hilang.Ini semua butuh proses dan latihan yang terus menerus. Yakinlah suatu saat kita merasa bahwa kita sungguh berdoa dengan tenang.

 

Lalu yang berikut juga yang ingin saya sharingkan..sebelum berdoa Rosario atau doa-doa lainnya saya selalu membuat niat bahwa saya harus berdoa dan ujut saya sudah jelas sebelum berdoa. Dengan demikian sangat membantu saya untuk bisa berdoa dengan tenang. Tapi kadang terjadi juga entah ..mengapa...kog..rasanya kosong aja...nggak tahu buat apa..rasanya kosong...Nah...saat seperti ini sebenarnya Tuhan hadir bersama kita dan ia mau mengubah diri kita dalam kehampaan dan kekosongan yang kita alami.Biarkanlah ia hadir dan bukalah hati dan budi kita untuk kehadirannya.

 

Salam

 

Elias FC

 

Hai JJ,

He2 vera mau serius ah, walaupun kadang kelihatan tidak akur kalo ketemu JJ, namun di dalam hati vera care juga kok sama JJ he2.

JJ, bagi vera sendiri ditahun 2002 kemarin Tuhan menjamah diri vera habis2an, dulu vera tuch paling males untuk doa rosario kayaknya untuk melewati satu peristiwa aja berat sekali, tetapi sekarang ini menjadi suatu kerinduan sendiri untuk doa rosario. Mungkin pada intinya jangan pernah jadikan suatu beban

kalo ingin berdoa.

Asal JJ dan kawan2 tahu sebelum natalan yang lalu, sudah beberapa bulan vera itu susah tidur sampe vera harus minum antimo supaya vera bisa tidur, saat itu vera juga suka doa cuma seakan-akan doa vera itu hambar aja, hanya suatu rutinitas saja, bukan menjadi suatu kerinduaan, beda dengan sekarang ini.

Sekarang ini vera merasa hidup ini indah, walaupun masih banyak godaan dan gangguan yang ada, cuma vera merasa tenang aja, dan tidur vera juga menjadi nyenyak, pokoknya lebih oke dech, mungkin yang perlu JJ lakukan adalah belajarlah mencintai Yesus dengan segenap hatimu dan fokuskan hanya pada Yesus seorang tidak usah mengkuatirkan hal lainnya, percayalah bahwa Yesus akan menyelesaikannya buat JJ.

Bila suatu saat JJ susah untuk berdoa, jangan di paksakan tetapi cobalah JJ berdiam dalam henang dan rasakan kehadiran Yesus didalam diri JJ, apa yang udah Yesus berikan buat JJ di dalam perjalanan hidup JJ, mungkin secara perlahan2 JJ akan merasakan kasihNya  kembali dan itu akan membangkitkan Roh Kudus yang ada didalam diri JJ.

 

So, Tuhan memberkatimu selalu

Love and Peace

Vera

Ingin bergabung dengan group Saling Mengasihi

klik disini http://groups.yahoo.com/group/salingmengasihi

dear rekan2x SM semuaa....

 

beberapa bulan yg lalu, milist kita khan pernah mau mengadakan semacam doa yg diadakan pada jam yg sama... tetapi waktu itu blom sempat terealisasikan... kalo gak salah yg mengusulkan adalah sdri lucia nurmala.... nah, kemaren dari hasil kita natalan dan new year bersama... beberapa kali kita mengadakan juga doa malam,dsb..... dari hasil2x itu, ada kerinduan dari rekan2x kita semua yg ikut kumpul unt bisa saling mendoakan satu dengan yg lain.... bahkan ada peneguhan bahwa milist ini bukan hanya sebagai milist persaudaraan, tetapi juga milist doa yg dimana kita sesama anggota saling membimbing, berdoa dan memberitakan kasih Kristus kepada banyak orang....

 

so, dari mulai obrol2xan iseng2x, ada masukan dari beberapa rekan kita unt mengadakan doa dan puasa unt itensi2x yg ada... dan supaya jadi "seragam", yah kita buat ketetapan aja yach.... kalo ada yg gak setuju boleh protess koq... protessnya gratis, tapi biaya kirim protesnya bayar sendiri yee alias via internet.. heuhueuh

 

karena ada beberapa rekan milist yg pernah bilang mereka memiliki jadwal puasa juga... so, saya melihat ada baiknya kita khususkan puasa ini hanya unt list2x dari rekan2x SM saja.... gimana kalo kita buat puasanya yg gak bentrok dengan puasa "rutin" yg kalian adakan... so, nambah 1 hari puasa gak papa khan ???

 

Ini baru sekedar usulan, gimana kalo dari mulai selasa jam 12 malam, sampai rabu jam 3 sore baru buka puasanya.... dan puasanya boleh minum koq... itu semua tergantung kerelaan hati setiap orang (kalo mau tambah gak minum juga gpp).... jangan dipaksakan kalo udah gak kuat.. ntar kalo sampe pingsan khan gak lucu... so, yg punya penyakit mgk bisa di peringan hanya sampe jam 12 siang.... tenang, Tuhan tau hati kalian koq.... dan biasanya seh aku juga suka maem permen... biar Pede lah kalo deket2x sama orangg... hehehe... yah kalo ada yg mau puasa + pantang juga bolehh... asalkan pantangnya jangan pantang doa yee.. itu dilarang 100%.... heuehuee....  yah soal bentuk puasanya, itu semua pada kerelaan kalian masing2x aja... cuma ketetapan seperti itulah kurang lebih...

 

Nah, jadi setiap hari senin, setiap orang sudah boleh tulis permohonan2x yg mau didoakan... nanti kalian catat sendiri semuanya (jgn pada lupa buka email yach hari senin).... dan hari rabu kita doa sama2x pada jam yg sama.... soal jam nya bagaimana kalo pake jam yg dulu yaitu 9.30 malam.... so, buat saya berarti jam 1.30. gpp dech ngalah dikit sama yg diindo... :) buat yg di jepang, belgia dan jerman, kalian juga harus tetapkan jam doanya dengan jam indo. kalo puasanya seh pake jam negara masing2x ajaa....  doanya sudah disetujui khan 3 peristiwa rosario (gembira,sedih,mulia)... atau ada yg berminat ditambah peristiwa cahaya juga ?? heuheueh....   dan untuk hari2x selanjutnya bisa doa 1x rosario aja khusus doain list2x itu.... kalo ada yg mau lanjut koronka, yach gpp... semua tergantung kerelaan hati kalian..... yg terpenting hanya pas hari rabu malamnya ajaa diminta kita "terbang" bersama... heeheeh

 

trus, ada baiknya kalo setiap hari minggu pas Misa ekaristi, pada saat konsekrasi, kita bawa permohonan doa itu unt diangkat bersama persembahan anak domba Allah.... ini banyak manfaatnya... karena permohonan kita disatukan dengan korban yg Tuhan sudah tetapkan yaitu Putranya sendiri.... dan juga membuat kita terbiasa unt menggunakan "fasilitas" yg Gereja sudah ajarkan buat kita...

 

o,ya untuk rekan2x milist yg Kristen, kalo bisa ikutan juga... mgk puasa dan jam doanya tetap sama... tetapi bentuk doanya berbeda... kalian bisa gunakan dengan doa syafaat ataupun Praise and Worship atau doa dengan bahasa roh.... yah intinya kita saling mendukung.... walaupun kita berbeda struktural gereja, tetapi kita satu didalam Kristus khan..=)

 

o,ya mengenai apa2x aja yg bisa  dimasukkan ke list doa... yah itu semua yg kalian rasakan atau orang2x di sekeliling kalian... mgk tiba2x di kantor ada yg temannya sedang ada masalah, itu juga boleh dimasukkan... atau misalnya di bis kota melihat pengamen yg gimana, yg membuat kalian terbeban, itu juga bisa dimasukkan.... jadi gak terfokus harus doain sesuatu yg berhubungan dengan  diri pribadi ajaa.... yah family, teman, sodara,dsb... o,ya jangan malu2x unt mengirimkan permohonan doa yach.... tenang, itu semua adalah untuk kita semuaa... jadi gak akan disebarluaskan ke milist2x laen...:) semua tertutup hanya di SM saja..

 

nah, sekarang kita sudah ada 1 list yg harus kita doakan bersama yaitu berdoa unt saudaranya Sienny sister milist kita juga yg sedang cuti.... saudaranya terkena sakit blood cancer.... dan dokter sudah memvonis juga lama hidupnya.... so, kita mari kita doakan saudaranya ini agar "karya" Allah boleh terjadi atasnyaa.... kita khan percaya bahwa kita memiliki "Tabib yg ajaib, imamat yg rajani"... so, tidak peduli apa kata dokter saat ini, mari kita dukung doa unt itensi inii....

 

Marilah kita memulai karya KASIH melalui doa dan puasa unt orang2x di sekitar kita....

 

ok dech, kalo ada masukan tolong disampaikan dimilist... biar kita sama2x bisa saling mengoreksi dan membuat rencana ini lbh baik..... ok.....

 

Salam Persaudaraan dalam Kasih Kristus

Iesu Christe Homine Salvator

Visi & Misi

 

Dear rekan SM dimana saja berada.

 

terima kasih Ide yang sangat bagus dari VM. Tuhan selalu berkarya bagi setiap anggota SM untuk memunculkan sesuatu yang bagus dan bisa kita laksanakan dalam kapasitas kita masing-masing. Marilah kita memulai bersama dan menanggapi ide ini sehingga diantara kita selalu disatukan dalam doa.

 

Adapun usulan saya kalau bisa diterima

 

1. Kita tetapkan langkah selanjutnya untuk bisa mengoleksi setiap masukan oleh salah satu anggota. Saya usul ini adalah VM supaya  ide ini terus berlangsung dan perjalanannya menjadi bagian yang menjadi Identitas kebersamaaan kita dalam group ini.

 

2, Mungkin bisa Itensi, kita tulis dan kita sampaikan lewat Group ini dan Rekan VM Bisa mengoleksi intensi tersebut sehingga suatu saat bisa diberikan rangkuman ke Group. Intensi yang masuk baik yang sifatnya mendesak maupun tidak, tetapi dibutuhkan untuk didoakan. Nah untuk yang ini bebas mungkin ada yang mencantumkan siapa yang memesan atau hanya intensinya saja.

 

3. Kalau bisa Intensi tersebut kita bawakan dalam doa kita setiap Minggu atau setiap bulan. Tergantung keputusan  kita bersama.Sudah jelas Itensi kita yang pertama adalah dari Sienny kita doakan bersama.

 

4. Bisa disharingkan pengalaman anda setelah itu...

 

Salam

Elias FC

 

sepertinya ide yang bagus......

 

Salam

Cici

 

Itu ide yang bagus sekali dan saya mendukung sepenuhnya untuk mendoakan saudara2  kita melalui kebersamaan dalam doa. Namun mengenai puasa, sepertinya sulit buat kami para bruder, karena kami punya jadwal makan bersama komunitas dan mungkin VM ada saran gimana supaya kami bisa ikut berpuasa tanpa meninggalkan acara komunitas makan bersama?

 

Untuk sementara itu dulu koment saya

 

Trims

 Honorius,fc

 

Membaca ajakan VM ttg doa bersama, saya sangat senang.

 

Dalam tradisi katolik ada Kelompok Legio Maria yang salah satu bentuk kerasulannya adalah doa dalam waktu, struktur atau rumusan yang sama. Dan benar, Tuhan melimpahkan rahmatNya kepada banyak orang melalu kerasulan tersebut. Dan kalau sekarang dalam dunia yang berbeda dengan intensi yang mulia saya kira itu sangat membantu.

 

Tetapi menurut saya perlu diingat, doa adalah ibadah, ungkapan hati kita kepada Hyang Esa. Terkabul dan tidaknya doa kita itu pertama-tama karena kemurahanNya. Daan saya yakin doa dengan baik dan benar selalu dikabulkanNya walau tidak selamanya kita mengerti bentuk dan wujudnya.

 

Semoga kita dikuatkan dalam iman kepadaNya dan tidak 'lari' kalau merasa doanya tidak dikabulkan.

 

Salam

Mas Kadar

Copyright 2003 by Br.Elias, FC