Make your own free website on Tripod.com

Saling Mengasihi
Cerita Kita

Home

Pengajaran
Kreatif Warga
Pertobatan
Puisi Kita
sakrament
Short Messages
Kasih Natal
Album
Arti SM
Doa
Sapaan Kasih
Dari hati ke hati
Welcome to SM
Sharing Retret
Gebyar SM
Cerita Kita
Pengalaman Kasih
Sharing Jodoh
Meditasi
Sejarah SM
Quiz
Old and New

natalcknyre.jpg

 

KETRAMPILAN MENYUNTIK

 

waaahh senang ya yang udah punya liburan. Pantesan kampung kita jadi sepi. Tentunya saat ini udah pada segar dan penuh kebahagiaan. Kami yang di Belgia sampai saat ini belum libur, dan menurut rencana mulai tanggal 20 December nanti baru mulai libur sampai tgl 6 Januari 2003. 

 

Mulai hari ini, Selasa 17 Dec. kami yang belajar Nursing mulai belajar keterampilan menyuntik. Pengalaman pertama kami menyuntik sungguh suatu pengalaman yang cukup mengesan dengan debar-debarnya dan gemetarnya tangan memegang suntikan yang karena saking takutnya sampai-sampai ada yg  jarinya sendiri yang kesuntik. Walaupun kami belajar nursing, namun ada diantara kami yang sangat2 takut dengan suntikan. Karena kami diwajibkan bukan hanya untuk saling mengasihi, namun juga saling menyuntik diantara kami. Untuk itu sampai ada yang menangis karena sejak kecil yang namanya suntik adalah musuh utamanya.

 Itulah sedikit sharing pengalaman pertama kami menyuntik.

 Tak lupa saya juga mengucapkan Selamat Menyambut hari raya Natal dan bahagia tahun baru kepada seluruh warga SM dimanapun berada.

 

Salam

Honorius, fc

 

Ooo Bruder Yadi sudah berada di Belgia tahun ke tiga..... kalau begitu bahasa belandanya sudah canggih yaaa... Kalau Bruder Jani sendiri sudah tahun ke berapa ?

 

Mams

 

NATALAN DIRANTAUAN

 

Ya betul mams saya sudah tiga tahun di negeri asing ini, dan sudah mengalami natalan di Belgia sudah empat kali ini, jadi saya sungguh sudah kangen dengan suasana Natalan di Indonesia.

 

Cerita selengkapnya.Pertama pada tahun 1999. Saya mulai datang di Belgia ini bulan Agustus 1999 untuk menyelesaikan tahun novisiat. Sekarang Bruder Karitas nggak punya novisiat di Indonesia, jadi semua calon Bruder Karitas mulai tahun 1999 harus menyelesaikan tahun novisiat di Belgia tempat tanah tumpah darahnya pendiri Bruder Karitas. Natalan kedua pada tahun 2000 tepatnya di St. Maria Aalter, Belgium. Tahun novisiat lamanya 2 tahun. Natalan ketiga tahun 2001, pada tahun ini kami pindah di daeran Kruibeke  sekitar 50 km dari St. Maria Aalter. Kemudian pada bulan Maret 2001 saya dan Salesius teman seangkatan pulang ke Indonesia untuk menjalankan stage atau praktek apa yang pernah kami dapat di Belgia. Waktu itu saya praktek di RSJ. PAKEM, Yogyakarta selama 4 bulan. Jadi selama empat bulan itu saya bekerja di RSJ bersama orang2 gila di Pakem sampai saya terkena penyakit Demam Berdarah dan harus tinggal di Rs. Panti Rapih Yogya selama seminggu. Untung penyakitnya nggak sama dengan pasien saya waktu itu. Kemudian pada tanggal 15 Agustus 2001 kami mengucapkan kaul pertama di Nandan, Yogyakarta bersama tiga teman, namun saat ini tinggal dua saja. Kemudian bulan September 2001 saya harus kembali ke Belgia lagi sehingga mengalami natal yang keempat pada tahun ini.

 

Saya sungguh sudah kangen dengan suasana Natal di Indonesia. Untuk mengobati rasa kangen saya dengan suasana natal Indonesia, nanti pada tanggal 21 Desember kami akan merayakan natal bersama dengan seluruh penduduk Indonesia yang tinggal di Belgia. Tempat perayaanya di Brussels.

 

Itulah Mams dan sahabat serta warga SM mengenai kerinduan saya untuk merayakan Natal Indonesia. Saya harus tinggal di Belgia setahun lagi, jadi akan genap 5 kali natalan di Belgia.

 

Salam dari Belgia

Honorius Suyadi,

 

 NATAL DAN KEGIATANNYA

 

Persiapan Natal sangat terasa bagi bagi setiap umat Kristiani. Berbagai macam persiapan yang dilaksanakan dan tidak sedikit kesibukan yang harus dilalui. Semua itu itu tentu selalu membawa makna tersendiri bagi setiap insan yang melakukannya. Bagi saya sendiri tahun ini merupakan tahun yang kedua dirantauan orang. Jika dibanding tahun lalu, saya boleh mengatakan tahun ini terasa ada perbedaannya. Tentu saja dari hal yang lahirial saya melihatnya. Saya dan bersama rekan yang lain sedikit ada kesibukan untuk mengikuti latihan koor.

Maka pada tgl 21 Des, 2002 kami merayakan Natal bersama di Brussels bersama umat Kristiani lainnya. Duta Besar RI untuk Belgia hadir pada kesempatan ini. Selain kami bergabung dengan koor inti, kami juga mengisi acara dalam perayaannya berupa kreasi dalam lagu. Ternyata lagu ini cukup mengesan bagi WS Rendra yang adalah kebetulan berada di Belgia saat itu. Sekitar tiga ratus lebih umat yang hadir dalam perayaan ini. Kami rombongan seluruh anggota komunitas hadir dalam acara tersebut. Berbagai acara yang dipentaskan pada saat ini. Juga ada acara makan bersama yag sungguh saya rasa seperti di Indonesia saja. Apalagi denga sambal yang pedis wuah..semakin semangat juga makannya. DI penghujung acara ini kami poco-poco ria bersama dan ternyata ada juga gaya poco-poco Belgia yang sebelumnya kami beajar dan tahu gerakannya dalam acara pelajaran nari yag kami laksanankan setiap minggu di Komunitas kami. Tetapi dari guru narinya tidak menyebutnya bahwa itu adalah poco-poco Belgia. Hee..eee..kita semua lancar dalam gerakan ini baik poco-poco Indonesia maupu poco-poco Belgia. Hayo kapan..kita poco-poco bareng?? Setelah itu kami pulang dan sebelumnya bersalaman dengan Pak Duta dan WS Rendra.

Menjelang Natal tahun ini kami persiapkan juga koor khusus oleh komunitas kami. Sebelum malam Natal kami mengaakan renungan bersama sekitar satu jam. Setelah renungan ada acara makan bersama. Wuah..acara ini termasuk acara langka buat kami semua. Soalnya lain deh dengan biasanya. Apalagi gaya orang Belgia makan bisa sampai berjam-jam dan anggurnya bisa bermacam macam. Kali ini setiap meja dan setiap orang telah disiapkan satu kompor kecil..e..ee..kita jadinya masak sendiri diatas meja kita sendiri dengan kompor kita masing-masing. Nah,,awalnya ada yang kompornya nggak nyala tetapi ada yang lancar..dan bisa menikmati dengan penuh gembira. Bagi yang nggak nyala yach..pimpinan atau superiornya selalu berusaha untuk menyalakannya dan sampai akhirnya bisa menikmati masakan dengan penuh gembira. Pada saat ini yang dimasak tuh...hanya dagingnya saja. Semua ini terasa begitu indah karena pengalaman pertama deh sekaligus melatih kesabaran.

Pada jam 11.30. malam kami berangkat menuju ke Biara pertapaan Karmel, komunitas Para Suster Karmel yang tak jauh dari komunitas kami. Misa malam Natal dimulai tepat pada pkl. 0.00 dan kami juga sebagai koor pada misa malam Natal ini. Ada bebera lagu Indonesia yang kami nyanyikan dan juga sebagian besar lagu dalam Bahasa Inggris. Misa dalam Bahasa Flamis. Br. Honorius saat itu tampil sebagai solo dalam lagu Noel-Noel. Setelah selesai misa kami bersalaman beberapa umat yang hadir dan juga salaman kepada para Suster lalu juga ada acara minum dan snack bersama. Dan kami pulang ke komunitas kami dan tidur.....

Tgl 26 Desember 2002, beberapa tamu datang kek komunitas kami dan mengucapkan selamat Natal dan juga ada acara minum bersama yang dilanjutkan dengan makan bersama. Setelah itu kami siap-siapa untuk acara social evening. Acara ini di isi dengan drama yang dibawakan oleh para Bruder, ada juga cerita lucu, nyanyian dan macam-macam deh yang membuat perut sakit karena tertawa. Di penghujung acara ini Dalang yang cukup terkenal di group SM kembali beraksi. Beliau adalah Br. Stefanus yang sering disapa Mas Kadar. Penapilanya cukup sempurna walau tidak dipersiapkan secara matang. Sebab katanya ini muncul secar spontan saja. Hebat juga dia. Wayang kali ini berbeda karena alat-alatnya nggak ada. Tetapi ia juga kreatif lalu menggunakan beberapa sendok dan garpu maka jadilah ia pentaskan Wayang malam itu. Tapi kali ini ia harus menggunakan tiga Bahasa yaitu Jawa, Indonesia dan Inggris. Inilah yang membuat kita tertawa secara khusus bagi Bruder Indonesia. Maka tak heran ada Bruder lain bertanya kog..wayang itu apa dan dalang itu apa?? Sulit juga diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris tetapi kami hanya bisa menjelaskannya. Setelah itu aku cerita bersama mas Kadar ini..ternyata ia bukan hanya dalang di dalam kamarnya sendiri saja sebagaimana dulu aku pernah cerita, tetapi kisahnya ia pernah diundang untuk jadi dalang ketika pernikahan teman gurunya di Purwokerto. Hebat loh..hayo..siapa yang ada acara ..berita mas Kadar ini? Hee..promosi deh.Akhir acara social evening ini kami membagikan bingkisan atau hadiah Natal bersama.

Tgl 27 Desember 2002, semua para Bruder bergerak menuju ke Eindhovend tepatnya di kota Eikenburg. Perjalanan selama satu jam setengan menggunakan bis komunitas yang berkapasitas 30 orang. Kami berjumlah 19 Bruder semuanya berangkat ke Eindhovend. Walau banyak kursi yang kosong. Sesampai disana kami disambut dengan penuh gembira oleh pimpinan Bruder disana dan setelah minum sebentar, mencari kamar masing-masing. Lalu ada acara makan siang dan setelah itu jalan-jalan menikmati alam sekitar komunitas. Kebetulan di Komuntas ini ada kolam renang ..kamipun bisa renang dan renang mengisi waktu yang kosong ini. Malam hari ada acara doa bersama lalu tidur karena cape.

Tgl 28 Desember kami menuju ke tempat rekreasi. Perjalanan sekitar satu jam. Setelah makan pagi kami persiapkan segala sesuatu lalu berangkat dengan bis. Dari kisah rekan saya bahwa tempat rekreasi ini sama dengan Taman Mini Indonesia Indah. Satu kali tiket masuk kita bisa mengunjungi semua tempat didalamnya yang sangat luas dan berfariasi juga keindahannya. Sepanjang hari kami berada di dalam taman ini. Ribuan pengunjung memadati tempat ini. Ada patung yang bisa bicara karena menggunakan tehnologi yang canggih dan juga gemerlapnya lampu yang warna-warni. Dari semua tempat yang saya masuk ada hal yang sangat menarik dan penuh mendebarkan. Dan pengalaman ini ternyata sama dengan teman yang lain ketika kami sharing bersama.

Saya masuk ke sebuah tempat dan kebetulan disana banyak orang yang antri untuk masuk ke sana. Setelah sampai ditempat tersebut ternyata disana kita naik kereta kecil. Yach..cari pengalaman aja. Saya dan teman yang lain naik. Dan awalnya perjalanan begitu pelan, tetapi lambat laun kita masuk ke tempat yang sangat gelap dan kecepatan kereta cukup mengerikan dan goncangannyapun mendebarkan. Rasanya mau mati saja saat itu. Dan seakan kita yang dalam kereta tersebut mau jatuh.Tapi tak lama kemudian kita udah sampai di tempat semula dan tempat yang terang. Ada Bruder yang nggak bisa makan setelah kejadian ini karena pengalaman yang mendebarkan dan mereka berkata pengalaman ini adalah yang pertama dan terakhir. Kami melihat di monitor ada begitu macam gaya saat kejadian ini. Ada yang tutup mata, ada yang teriak, ada berdoa,seru deh...dan mendebarkan. Lalu kami mengunjungi tempat lain dan sampailah waktunya kami kemabali ke komunitas.

Tgl 29 Des. 2002 dalam misa hari minggu kami sebagai koor di Kapel Bruderan. Para Bruder sangat senang dan gembira mendengar alunan lagu yang kami bawakan dan juga ada beberapa umat yang sempat hardir pada saat itu. Setelah misa selesai kami mengadakan acara minum bersama di komunitas yang dilanjutkan dengan kunjungan ke komunitas para Bruder yang tua. Komunitas ini tak jauh dari komunitas tempat kami nginap. Selama 45 menit kami berada disana. Kebetulan ada 3 Bruder yang masih hidup dan cukup lama sebagai misionaris di Indonesia. Selama waktu ini kami juga membawakan beberapa lagi dihadapan mereka. Setelah itu kami pulang ke komunitas kami dan makan siang. Pada sore hari kami mengunjungi sebuah Museum Nasional yang bernama Carillon. Museum ini banyak dan kaya sekali dengan jenis-jenis binatang. Terutama burung-burung dan ada juga jenis lonceng dan cara membuat lonceng-lonceng Gereja. Sangat unik dan menarik sekali tempat ini. Ada juga beberapa benda yang berasal dari Indonesia yang dipasang disana. Perjalanan kali ini disertai dengan hujan gerimis dan setelah itu kami balik ke komunitas kami.

Tgl 30 Desember 2002 kami mengunjungi komunitas para Bruder di kota Roermond. Setelah sarapan pagi kami menerima informasi dari Superior kami bahwa ada berita sedih untuk Bruder Indonesia bahwa pada hari minggu tgl 29 Des. 2002 Bruder Laurensius FC, meninggal dunia di Indonesia.Br. Laurensius pernah menjadi Provinsial Bruder karitas selama 1 periode. Kami doakan arwahnya diterima disisi Tuhan. Setelah itu kami teruskan perjalanan kami ke Roermond. Di komuitas ini para Bruder menangani orang yang cacat mental secara khusus bagi yang dewasa. Karena sekarang masih libur kami hanya sempat melihat hasil karya mereka. Disana ada tenunan kain dan macam ketrampilan lainnya. Setelah itu kami balik ke Komuitas kami dan setelah makan siang kami kembali ke komunitas kami di Moerzeke Belgium. Perjalanan pulang desertai dengan hujan dan tiba dengan selamat di Komunitas.

 

Salam

Elias FC

 

 Selamat sore semua...

Bagaimana kabar rekan SM semua...moga-moga sehat selalu ya.....sori baru bisa gabung sekarang karena alasan lama....lumayan sibuk....namun walo' gitu aku tetep monitor email yang masuk dari rekan SM semua.

Pertama aku mo' ngucapin Welcome back to Kampung buat para Bruder-bruder yang lama banget nggak mengudara. Moga-moga aja masih inget sama satu anggota yang ada di seberang ini. Lama banget menimba ilmu di negeri orang...pastinya udah semakin tambah-tambah donk...nggak rugi kan kalo' di bagi-bagikan ama kita-kita yang ada di kampung ini.

Kedua aku mo' ngucapin selamat buat mbak Siwi yang udah terlepas dari belenggu eh...maksudnya udah sembuh dari sakit. Aku di sini cuman bisa ngedoa-in aja dari jauh saat tau mbak siwi sakit. Mbak, kalo sakit nggak usah dipaksakan kerja...n'tar tambah parah loh....jangan keburu-buru kerja ya....biar fit dulu...

Ketiga Selamat buat Buaya eh...Surabaya crew yang udah dengan suksek mengadakan jumpa fans dengan Mami and Papi....idiiihhhh...ngiri banget loh denger cerita kalian palagi di jelasin sampai ke menu-menu makanan yang di pesen, jadi ngiler nich....Ok's salut dech buat kalian.

Nobel koq juga jarang berkicau lagi...lagi sibuk juga ya.....ayo donk ngobrol lagi biar kita bisa nggak stress banget kerja. (tapi bukan berarti aku menyamakan kamu dengan Rumah sakit Jiwa loh..tempat orang stress nongkrong kalo' lagi kumat). :))

Kk erwien katanya N'dut juga ya....aduh si Nobel..jangan suka buka rahasia pribadi donk...he..he.. nggak papa koq banyak temenya...Big is beauty kata Huges.

Mom ama Pap sekarang posisi nya ada dimana ya...denger-denger mau singgah ke Magelang juga...aduh senengnya...walaupun aku nggak ada di Magelang tapi serasa juga mau nerima tamu kehormatan atau Bintang idolanya SM.

VM kapan nich mau jumpa fans ke anak-anak Kampung, tapi jangan nggak sampai mampir ke Sangatta ya...n'tar ku kasih liat gambar ular and buaya yang makan orang. he..he..Oh iya....VM lagi ada retret ya...selamat mengikuti retret semoga bisa membagikan berkatnya lagi ke kita.

Oh..iya...buat semua rekan SM yang terkasih...aku nggak bisa absen satu-satu..yang pasti met weekend aja buat kalian semua. semoga bisa fresh lagi n'tar hari senin.

have a nice weekend

 

bye

diajenk_devi

Sangatta

 

 

Hari Minggu tanggal 24 November 2002 yang lalu, seneng banget aku dapet kesempatan untuk mengunjungi pertapaan susteran Gedono, Salatiga bersama teman2 Kelompok Koor Remaja Santa Cecilia.

Kami berangkat dari Wonosobo kurang lebih jam 7 pagi....

 Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 1/2 jam, melalui jalan rusak berlubang2 (mungkin pemdanya terlalu sibuk sampe nggak ada waktu buat benerin jalan:).... akhirnya kami tiba juga di biara yang bernama Pertapaan Bunda Pemersatu.....

 Cuaca yang mendung justru menambah menyenangkan suasana, karena udara jadi terasa makin sejuk ^_^ Disana kami disambut oleh suster2 yang ramah dan murah senyum (bikin hati terasa tentram:) Berhubung cuaca mendung dan dingin, membuat banyak diantara kami terjangkit HIV (hasrat ingin vivis, hehehee....) so terjadilah antrean di depan toilet ^_^ Jam 10 misa dimulai....... kami semua naik, masuk kedalam kapel yang bentuknya sungguh unik. Kapelnya itu berbentuk huruf L, dimana meja altar, pembaca bacaan, dan patung Maria, semuanya menghadap ke arah samping.

Jadi kalo umat duduk dan mengikuti misa itu tidak berhadapan dengan altar, tapi umat melihat dari samping (cukup unik kan?) Lampu penerang didalam kapel menggunakan lampu berwarna kuning yang bergantungan, jadi makin asyik aja suasananya...

 Perayaan Ekaristi dibuka dengan lagu gregorian yang bagus yang dibawakan dengan sangat apik sekali oleh suster2 Trappist, dengan iringan yang juga begitu lembut..... Pokoknya sepanjang misa lagu2 dinyanyikan dengan sangat merdu sekali, dengan iringan musik yang ..... yang apa yaaaa, aku enggak bisa menggambarkan dengan kata2 deh!! Yang kepengin, silakan datang dan alami sendiri, suasana misa yang begitu kusyuk, tenang, dan syahdu...... dengan lagu2 berkumandang bak suara pujian malaikat.....

 walaupun aku sempet ngantuk pas homili Romo (sssssstttt....... hehehheee......) Abisnya lama dan kalo boleh aku bilang mboseni :) Oya, komuni dibagikan dalam 2 rupa yaitu roti Hosti yang dicelupin ke Anggur.

 Ditengah misa, hujan turun deras mengguyur bumi..... dan aku sempetin ngeliat keluar lewat jendela yang bentuknya seperti setengah lingkaran..... Temboknya sungguh tebal2, seperti bangunan jaman belanda (atau memang begitu?)

 Misa selesai jam 11.30..... setelah itu suster yang bernama Suster Aloysia berkenan menemui dan berbincang2 dengan kami semua.

 Suster Aloysia menceritakan susteran Trappist Gedono ini berasal dari ordo Benedictin di Latrap (Itali?) Itulah asalnya mengapa disebut Sistersiensis Trappist. Cara hidup para suster Trappist ini bersifat kontemplatif, dalam arti mereka membaktikan diri seutuhnya kepada Allah dalam kesunyian, keheningan, dan doa secara continue.

 Kegiatan mereka sehari2 yaitu berdoa dan bekerja. Suster2 bekerja di kebun, menanam cengkih, buah2an, dan sayur mayur. Sebagian hasil buah diolah menjadi sirup dan selai. Mereka juga membuat rosario, ikon, hosti, mencetak gambar dengan teks rohani dan doa2.

 Mengenai kharisma doa yang kontinue itu diwujudkan dalam: Perayaan Ekaristi

Korban pujian dengan menyanyikan mazmur dalam ibadat harian dan ekaristi

Suasana hening, yang sangat diperlukan untuk membantu sikap ugahari.

Bacaan ilahi (Lectio Devina)

Kerja tangan, untuk mencari nafkah dan merupakan ungkapan solidaritas dengan kaum pekerja kecil.

Acara harian, seluruh hari monastik diatur sedemikian untuk melibatkan pribadi seutuhnya dalam pengabdian kpd kehendak Allah

Sedangkan acara harian di Pertapaan Bunda Pemersatu ini:

 

HARI MINGGU

Jam-jam Ibadat sama seperti hari kerja kecuali:

 

06.30        Ibadat Pagi

 

10.00        Perayaan Ekaristi

 

Begitulah kira2 gambaran kehidupan di biara trappist Gedono ini. Katanya mereka ke pasar 2 minggu sekali. Jadi cara hidup mereka memang hampir 100% kontemplatif. Bincang2 dengan Suster Aloysia pun berakhir. Oya, bagi yang berminat dan terpanggil jadi suster disana ^_^ bisa langsung menghubungi suster Pembimbing Novis, dengan syarat sehat jasmani dan rohani, pendidikan minimal SMA dan sudah berpengalaman kerja. (Promosi niiihh...... :)

dengan alamat surat: Pertapaan Bunda Pemersatu Gedono, Tromol Pos 806 SALATIGA 50702

Yaaaa...... itulah oleh2 cerita saya dari biara Trappist Gedono, Salatiga......

 

Salam,

fera kusumadewi

 

 
CERITA LUCU NICHH..
 
Psstt sodara2... masih pada mau baca sharing Nobel seputar liburan di Jkt gak? Kali ini Nobel mau ngomentarin tentang para warga kampung kita & Nobel juga mau ceritain mengenai bbrp hal yg lucu dan unik, yg "tersisa" dari pengalaman berlibur kemaren. Kayaknya sayang tuh kalo gak Nobel share-kan kepada kalian. Buat iseng2 aja gakpapa kan? Hihihi..... Baca aja deh.
 
- Jam dinding di kos si Twin bermerek "Nobel" loh. Pas betul ya? Twin aja juga baru menyadarinya (iya kan Twin?!) Dan warna jam-nya ungu. Ungu adalah warna favorit Nobel. Hihihi, suatu kebetulan yg unik...
 
- Di Cikanyere Nobel sempet ketemu F4. Hah... F4??? Iyah... F4 tuh! Mereka adalah Frater Anthony, Frater Joseph, Frater Bernard, dan Frater Dwijo. Hahaha... canda dink. :D
 
- Masih ttg Cikanyere, ternyata Pertapaan Karmel yg masih "sodaraan" ama Pertapaan Karmel yg di Ngadireso (Tumpang) ini menjual cemilan unik. Yaitu kripik hosti. Apaaa??? Hosti??? Hosti dijadiin cemilan??? Dibikin keripik??? Iya betul. Eittsss jangan kaget dulu. Hosti tuh kan dicetak bundar. Nah, yg dijual itu adalah sisa2 cetakan (pinggiran2) yg udah tidak terpakai. Kemudian diberi bumbu & diolah menjadi cemilan. Hm kreatif juga ya?! Nobel jadi inget, di sekolah TK-nya keponakan Nobel juga gitu kok. Suster Kepala Sekolahnya kreatif. Sisa hosti selalu dia bawa & diolah jadi jenang (jenis makanan) kemudian disuguhkan sebagai salah satu menu makanan para murid.
 
Sekarang... Nobel ceritain tentang sodara2 kita ya..... Discover more about our warga :P Check it out ;)
 
- Bagi Ken, ini adalah pengalaman kedua-nya di Jkt. Pertama kali adalah waktu dia ikutan kegiatan drum band. Waa hebat ya... team Ken adalah kontingen perwakilan dari Medan ya?? Ken... waktu itu Ken jadi apa? Mayoret? Hm waktu itu Ken langsing donk. Atau... Ken jadi drum-nya? Ummm... bisa dipercaya deh. Qiqiqiqiq just joking Ken. Eee Sodara2 terkasih, suara Ken bagus lho. Kalo dia nyanyi enak didenger deh. Selain itu dia juga hobi & jago memasak. Weleh... kok Nobel jadi promosiin dia seh? Maap mohon dimaapken sodara2... Ken udah laku tuh.
 
- Inget Ken jadi inget twin-nya... si Iphen. KK satu ini kesan pertamanya pendiem seh. Eee tapi kalo udah kenal enggak juga tuh. Keluar kok celotehannya. Psst KK Iphen berhati baek loh.
 
- Dari size tebel kita beralih ke size tipis :P Kali ini kita ngobrolin soal Thomas Tjahja. Walau kurus tapi daya tangkapnya gede alias kuat makan. Thomas punya cara hemat untuk ngedugem. Apakah itu? Dugem (duduk gemetar) di bajaj. Hahaha gitu kan Thomas?!
 
- Sekarang obrolan beralih ke Twin M. Kita bahas soal si Mikey yuk. Sodara kita ini ternyata punya banyak kesamaan dgn Nobel; suka ngemil, berambut ikal (asli loh), hobi nonton & baca buku serta dengerin musik. Mikey punya banyak "stock" cerita lucu. Yg Nobel suka, kalo dengerin dia ngomong. Abis... logatnya lucu. Khas anak daerah. Hahaha. Oya Mikey punya "kelemahan" neh. Apakah itu??? Kelemahan dia ada pada rambutnya (ih jadi inget Samson yg di cerita Alkitab). Kalo rambutnya udah kena basah / hujan, dia bisa sakit kepala kalo gak cepetan keramas.
 
- Tentang Twin M yg satunya lagi, si Masky... waaa Nobel gak bisa cerita banyak deh. Biarlah si "Visi Misi" ini tetap menjadi misteri... hehehe. Tapi biar Sodara2 gak penasaran2 amat, baiklah Nobel memberi sedikit "gambaran". Pada mau tau nggak??? Ini "bocoran"nya : Si Masky punya bentuk jari2 tangan yg bagus loh (Waaa saking bagusnya sampe2 menarik perhatian Nobel tuh). Seperti Twin-nya, Masky juga punya "kelemahan"... yaitu : tidak bisa menyanyikan lagu "kebangsaan" kampung kita. Gimana seh kamu, Masky? Bukankah usulan lagu Welcome To The Family itu berasal dari kamu?! Oya Sodara2, berdasarkan penuturan si Masky, ummm tampaknya dia "trauma" kalo ada orang yg menyeterika baju. Hihihihi bener gak neh, Mask Man???
 
- Ada 1 cowo yg belon kita ulik neh... si King Gie. Waa terus terang kalo ama KG Nobel masih belon begitu kenal waktu itu yg terkesan dia orangnya baek. Dan kayaknya rada pendiem ya (atau jaim??? Hayo KG ngaku! Qiqiqiqiqi). Yg pasti KG tipe yg tenang neh kayaknya.
 
- Yuk... kita obrolin kaum "hawa"nya. Siapa dulu ya??? Umm Mams aja deh. First lady-nya kita anak2nya. Semenjak gathering, Nobel jadi kenal Mams lebih deket. Ternyata "Bunda"nya anak2 kampung ini emang bener2 memiliki figur seorang Bunda. Hehehe. Mams orangnya adil deh, gak pilih kasih. Mau tau apa yg khas dari Mams? Selain kelembutannya masih ada lagi : suara tawanya. Hihihi Nobel selalu terkenang ama gaya tertawa Mams yg halus dan lucu itu.
 
- Mari kita bahas soal Twin-nya Nobel. Kalian tau nggak lagu "Hitam manis oh hitam manis, pandang tak jemuuu pandang tak jemu" (pssst Mikey dialrang joget sambil membaca)??? Itu lagu yg tepat untuk menggambarkan sosok twin Lucia ini. Meski hitam tapi wajahnya manis. Pandang tak jemu euyyy :) Apalagi kalo dia pake kacamata. Twin, u look good with your glasses either. Di kolong ranjang Twin banyak banget partitur & teks lagu koor. Si suara sopran ini emang udah "pakar"nya tuh urusan begituan.
 
- Biduanita lainnya adalah si Yuli. Hm, Nobel selalu mengenang si empunya rambut panjang ini dengan semangatnya. She's energetic yet cheerful. Dan keliatannya dia juga bijak tuh. Dewasa & tegas. Hehehe kok sepertinya Nobel berpromosi gini seh? Gakpapa deh... pssttt Yuli emang masih single kok.
 
- Sosok berikutnya... Juju. Kalo kumpul ama Juju gak ada bete-nya deh. Sebab dia selalu riang serta gembira (Eeee, kok kedengeran seperti teks lagu Aku Adalah Anak Gembala ya???). Ekspresi wajahnya, senyumnya, tekanan nadanya kalo bicara juga lucu. Ngegemesin abis deh pokoknya "putri bungsu" Mams ini. Juju juga orangnya gak ada capeknya. Ibarat batere, mereknya Energizer kali ya Ju??? Hahaha.
 
- Kalo Fenny laen lagi. Walau Fenny & Nobel satu size, tapi pembawaannya beda. Fenny orangnya kalem (Aduh jadi minder neh Nobel) dan dia juga care ama kita2. Fenny enak diajak ngobrol. Ramah & terbuka. Yakin deh, bener2 gak rugi punya sodara seperti dia :) Satu lagi persamaan kita Fen... mudah terharu. Hahaha.
 
- Eeee kalo Cisca orangnya gimana? Hm Cisca memiliki mata yg besar & bagus. Nobel seneng ama nada bicara dia. Logatnya enak didengar loh, beda. Cisca juga temen ngerumpi yg asyik. Walau terkesan lembut tapi dia orangnya rame & doyan bercanda juga kok.
 
-  Selanjutnya... siapa hayo? Coba Nobel kasih petunjuk... her skin is as white as snow, wajahnya mulus & halus, rambutnya hitam, dan kalo lagi bermazmur memuji TUHAN suaranya tinggi, melengking indah (Tuh, seperti adegan Snow White nyanyi2 di deket sumur). Empat huruf aja kok. Yup... her name is Vera! Cici' yg satu ini orangnya juga lucu & demen bercanda.
 
- Rata2 anaknya Mams doyan bercanda deh. Demikian juga dgn sodara kita yg bernama Lisa.  Lisa ini orangnya jahil loh... suka ngeledekin Nobel tuh. Lisa suka tiruin logat bicara Nobel yg (kata mereka seh) medok. Hahaha tapi lucu loh jadinya kalo denger logat tiruan si Lisa. Lisa orangnya rame. Ngobrol apa aja ama dia juga nyambung.
 
Heiii ada yg kelupaan Nobel ceritain. Selain Cikanyere, satu lagi tempat "bersejarah" kita yaitu Villa Kalimalang... itu loh, rumah Mams. Hehehe. Rumah Mams khas dengan pernak-perniknya. Mams & Paps hobi deh kayaknya ngumpulin patung & benda2 kecil. Trus, ruang tengah menjadi tempat ngumpul favorit kita. Di ruang itu kita bermain, ngerumpi, maem, berdoa, diskusi, bercanda, dan... bulutangkis. Hihihi, sebab Mams punya sepasang "raket" yg warnanya merah & ijo (waaa warna natal neh) yg dipake buat ngusir nyamuk. Eeee ternyata selain warga SM, bbrp nyamuk juga suka memakai rumah Mams buat tempat gathering mereka rupanya. Hehehe.
 
Brothers... sisters... that's all I wanna share with you. Laen kali kalo ada kesempatan bolehlah kita jumpa lagi. Oke?! Bye for now. GOD bless you all :)
 
Salam saling mengasihi,
- Lucy N.S.

 

 

Selamat pagi Bruder Elias dan ibu/Sdri. Sienny,

 

Terima kasih untuk salam dan sambutannya,

Wahhh, saya disuruh sharing apa nih? ;) paling utk pertama kali saya coba sharing cerita liburan akhir tahun kemarin aja ya? Pertama2 saya harus mengucap syukur bahwa tahun 2002 boleh saya lalui dengan selamat, meski banyak suka maupun duka. Terkait dgn liburan kemarin, sebetulnya saya udah "hopeless" juga, sampai2 saya liburan ke Bali sendirian walaupun ikut dgn tur ;). Awalnya saya tidak berencana utk berlibur akhir tahun, tapi teman saya di kantor menganjurkan supaya saya ambil waktu/cuti di akhir tahun dan menikmati liburan, terutama ke Bali karena sedang murah (dosa ya? karena bergembira di atas penderitaan pemboman di Bali?) ;)  Sebelum tahun ini, saya belum pernah mengambil cuti di akhir tahun karena saya juga tidak terpikir utk jalan2 spt teman saya bilang itu. Karena saya juga sedang suntuk di kantor, makanya saya coba

ikuti saran teman saya itu. Akhirnya saya coba cari teman yg mau berangkat... dan ketemu! Cuma sayang batal pergi dgn dia karena paket tur yg dia pilih terlalu "standar". Saya sempat sedih karena niat utk berlibur terancam batal. Tapi syukur, teman yg kasih saran berlibur itu menyodorkan paket tur, yg jadwalnya sesuai dgn jadwal cuti saya. Waktu saya ajak teman yg itu lagi, dia bilang dia sudah akan pergi ke Bromo. Ya sudah, dgn nekad, akhirnya saya berangkat sendirian saja dgn tur tsb. Kita menginap di hotel bintang 3 di daerah Legian, Kuta, selama 5 hari 4 malam. Lumayan juga sih, enak liat2 pemandangan laut di Kuta dan Nusa Dua yg begitu luas dan bersih ;) ...Dan yg paling berkesan adalah makan malam di atas kapal pesiar! (Bali Hai Sunset Cruise Dinner) wahhh... seperti orang kaya saja! Ada hiburan live music dan kabaret sementara kita menikmati makan malam. Dan kita kembali ke Jakarta pada tanggal 1 Januari siang. Mungkin segitu dulu sharing saya sebagai pembukaan/perkenalan di milis ini. Kalo rekan2 tidak bosan, lain kali baru disambung dgn cerita yg lain lagi;))

 

Salam,

KG

 

Selamat Siang Mams and Friends,

 

Puji Tuhan hari ini Demo masa dari Putra daerah sudah reda. Polisi langsung turun tangan dan mengamankan orang^2 yang terlibat aksi 'pengrusakan' gedung kantor tempat aku bekerja, sudah pasti semua itu karena dukungan doa dari temen^2 tadi Malam.

Namun aku nggak bisa mengatakan "Aman" 100% karena kemaren sore, bus yang biasa menjemput kami pulang di Blokir di Kampung dan nggak bisa operasi. Akhirnya perusahaan menurunkan Manhaul yang sebenernya masih dalam status "Break Down" untuk mengantar karyawan dan menjemput untuk Mechanic crew night shift. Karena masih dalam status 'Diperbaiki' so Manhaul tsb nggak bisa jalan dengan bagus, tiap lima menit sekali harus berhenti dan didalam Manhaul tercium seperti Kabel terbakar. I just said "God Please Help us" nggak mungkin khan kita akan jalan kaki karena tempat itu bukan jalan umum (sedikit Hutan) dan nggak ada kendaraan umum palagi Ojek yang lewat di jalan yang kami lalui itu. Dan walaupun dalam perjalanan yang kurang lancar tsb. akhirnya sampai juga aku di Halte depan rumah "Thank's God" Walau aku masih was^2 karena kebetulan cuman sedikit orang aja yang turun di area Perumahan karyawan dan temen^2ku yang lainnya sebagian besar tinggal di Kampung dan jalan itu kurang aman karena disekitar jalan itu Bus kita di Blokir oleh putra Daerah. Sampai dirumah dengan selamat, walaupun sangat lambat sampai tetanggaku bercelutuk "Waduuuhhh Mbak Devi ini nanti kalo' gajian saya bantu mbawakan karung gaji   yach...pergi subuh pulangnya hampir selesai Isya..." aku cuman cengar-cengir aja ngedenger celotehan tetangga walau dalam hatiku meringis dikira lembur kerjaan padahal lambat pulang karena emang nggak ada Bus yang nganter pulang :(

Tapi kami disini menganggap hal tersebut bukan halangan besar buat bisa enjoy kerja. saat ini petugas keamanan banyak diikerahkan dan keamanan semakin ditingkatkan. semoga masalah ini segera selesai.

 

Oh..iya...Juju nggak tau yach posisiku sekarang ada dimana?? atau kamu yang dimaksud ama Masky bahwa ada member yang nggak tau aku dimana?? Aku saat ini ada di Sangatta - Kabupaten Kutai Timur di Kalimantan Timur. Satu Jam kalo' dari Bontang dan 5 Jam kalo' dari Samarinda dan 7 Jam dari Balikpapan. Dulu aku mengira tempatku ini bener^2 Hutan tapi sekarang aku udah mulai suka dengan hutan disini dan sudah jatuh cinta dengan 'Orang hutan' di sini he...he...he..just JK loh...bukan orang hutan maksudnya sama Orang yang udah lebih lama tinggal di Hutan ini.

 

Buat Mams, Planing aku untuk cuti nanti udah beres semua, tinggal nunggu 'Gong' nya aja. God help us to prepare this Plan. si-Masky minta aku untuk ngomong langsung ke kampung SM tanpa harus lewat 'koneksi' hi..hi..hi... ada^2 aja Masky ini. Soon as Posible aku pasti akan wartakan ke temen^2 semua, tapi nanti dulu yach...tunggu tanggal muda eit....apa hubungannya ya....?? maksudnya nanti tunggu timing yang tepat aku pasti akan cerita.

 

Buat Nobel, walo' kamu salah nge-klik 'reply' tapi Thank's berat yach..kamu udah ngingetin Masky buat masukin aku ke list doa...hey....potong rambut yach...tambah ceria aja...kapan yach aku ngeliat foto kamu dalam Pose cemberut. Pasti semuanya ceria "Full smile" dan pastinya bukan hanya di foto aja khan...(mams thank's fotonya yach...seru banget loh gatheringnya)

 

Buat Cici, selamat melewati 3 tahun masa pernikahan, lebih Bijak dan Dewasa dalam membina Rumah Tangga, (bagi^2 resepnya donk....) Selamat Ultah juga buat suami Cici yang ke 30 semoga panjang umur dan sukacita selalu.

Kalo' aku pinjem kasetnya ada ongkos kirimnya enggak??

 

Buat Yenny...aduuuhhh senengnya yang udah mo dilamar, selamat ya yen...semoga persiapan menuju hari 'H' bisa aman^2 aja. ssttt...stttt...kata orang 40 hari menjelang hari 'H' akan ada banyak tantangan yang siap menguji mental dan kesetiaan kita...kayaknya bener juga loh...he..he..he... tapi Devi yakin Yeny and koko'nya pasti bisa ngelewatin semua itu, kita khan punya 'Jure Selamat' tul nggaaaakkkk

 

Buat bruders semoga dapat dengan sukses mendapatkan Visa,dan bisa move ke Englan so...kita bisa denger cerita^2 tentang perjalanan bruders di Negara lain lagi,..horeeee....

 

Buat temen^2 yang lainya..salam kompak, salam sayang, salam manis dlsb....maap aku nggak bisa absen satu^2, jam istirahatnya udah selesai nich...nanti aku sambung lagi ya...

daaaahhhhhhh

 

(tambahan buat bru Elias, koq aku juga nggak bisa liat email yang aku kirim ke SM ya...?? seperti Mams juga. so..aku nggak tau apa emailku ini bisa masuk nggak ke SM)

 

 

see you

Devi

Borneo In love

 

PERJALANAN YANG PANJANG

 

alo rekan2x SM semuaa....

 

akhirnya setelah perjalanan yg panjang lbh dari 8 jam, vm sekarang sudah kembali ke kota tempat vm "ditugaskan" unt pelayanan dan jadi anak sekolah...:p  gak terasa liburannya udah berakhir neh.... 

 

barusan baru aja bangun dari bobo... dan bobonya koq masih tetep ngeliat muka2x kalian yach ??? aku barusan mimpi kita lagi bareng2x pelayanan disatu tempat lohh.... waduh, sekarang koq mimpiku jadinya ketemuan pelayanan dengan kalian melulu yach ??

 

o,ya thanks yach buat doa kalian.... akhirnya baggageku bisa lewat walaupun sebenarnya over weight... tapi entah kenapa yg ngurusnya baek sekali... tiba2x dia tulisnya cuma 32 kg... padahal punyaku itu 35. sedangkan batasnya sebenarnya 30 lohh.. yah puji Tuhan dech, padahal udah deg2xan banget kalo disuruh bongkar lagee...

 

dan sampe disinipun aku nekad lewat jalur ijo yg berarti tidak perlu declare.... tapi untungnya lewat jugaa... yah begitulah, akhirnya aku jadi pulang tanpa ada masalah di pesawat... cerita lengkapnya nanti aja deh... masih mesti beresin mail dulu neh... sekalian baca2x perkembangan kampung SM.... koq rasanya banyak member baru yach ??? ck ck ck, udah di godain blom tuch ?? huehuheue

 

ok dech, sekarang saya kembali jadi VM alias Visi Misi yach... setelah selama 1 bulan lebih menggunakan nama asli....:p  

 

salam Persaudaraan dalam Kasih Kristus

 

Visi Misi

yg masih  jet lag dengan waktu...;p

 Iesu Christe Homine Salvator

 

cerita hari ini di train station....(bag 1)

 hi rekan2x milist semuaa......

hari ini vm lagi kepingin cerita... boleh khan ?? boleh gak boleh pokoknya harus bolehh donk... *Maksa Neh* 

 

tadi vm baru pergi naek kereta kesalah satu suburb disini.... dan rencananya setelah itu mau pergi ke sekolah.... nah di train station ada kejadian yg akhirnya membuat vm jadi kepikiran dan trus bertanya2x...

waktu vm lagi nunggu kereta, kemudian ada seorang ce bule kira2x umurnya 30-40an kali... kemudian dia duduk di sebelah vm dan nanya jam unt kereta yg akan datang.....setelah itu ibu itu nanya vm pake drugs ngak ... setelah dijawab ngak, dia cerita kalo dia dulu juga gak pake drugs dan dari cara ngomongnya seh kayanya ibu ini lagi dalam pengaruh drugs... soalnya ngomong ngaco dan waktu jalan juga udah sempoyongan....

kemudian dia mengeluarkan sebuah walkman dan dia mau jual ke vm, karena dia bilang dia lagi butuh uang... vm bilang ngak mau beli... karena emang vm gak gitu suka walkman... trus dia cerita kalo dia mau ke city, unt jemput anaknya.... dia bilang kalo dia unt homeless dan suaminya baru ngusir dia... dan sekarang mau jemput anaknya di city...

belom selesai dia cerita, ada 2 ce bule yg sexy lewat, dan dia nawarin juga walkman itu.. tapi yah dibilang gak mau.... eh, ngak taunya dia malah marah ke kedua ce ini dan mulai maki2x bahkan sampe nyamperin kedua ce ini unt ngajak berantem.... untungnya gak lama kereta datang dan vm masuk ke kereta dan orang ini dan kedua ce itu masuk kereta dengan gerbong yg sama.....

vm liat dia naik ke kereta atas, jadi vm pilih yg dibawah aja biar gak diikutin juga.... jujur, sempet serem juga... tapi vm denger kalo orang ini teriak2x diatas dan ngak taunya dia itu keliling diatas unt minta uang kepada penumpang.... dan trus dia juga turun ke bagian bawah unt minta uang... waktu itu penumpang memang sedikit sekali... tapi dibawah gak ada yg kasih uang dan dia kembali ke atas dan sepertinya ada yg memberi juga.... kemudian pas dia balik kebawah lagi, ada juga ce dua baris didepan vm yg kasih uang...

orang ini teriak2x kalo dia mau ke city unt jemput anaknya.... dan satu hal yg membuat vm diam dan tersentak, ketika orang ini bilang "kalian tdk memiliki Tuhan, dan aku tau kalian tdk memiliki perasaan"..... saat itu vm diam dan bingung gak tau harus ngomong apa..... vm merasa malu sama diri vm sendiri, yg mengaku memiliki Tuhan.....

vm bingung apakah lebih baik ngasih uang kepada orang ini... dilain pihak vm berpikir apakah benar uang ini digunakan unt menjemput anaknya, ataukah cuma unt membeli drugs.... waktu itu benar2x vm alami suatu dilema unt memberi dan tidak.... selama ini kalo vm sedang jalan dan ada orang yg minta uang dan memang kayanya membutuhkan, vm suka kasih... tapi kali ini entah, kemana hati nurani vm sampe orang itu bisa menegor segitu "keras" buat vm... sungguh, waktu itu vm pengen nangis, sedihh rasanya kalo ternyata memang dia bener2x membutuhkan....

di kereta vm terus berpikir, apakah Yesus akan ada didalam diri orang2x yg menggunakan drugs spt itu ?? kenapa vm merasa diri vm begitu sombong dan tidak mau memberikan uang pada waktu itu...   ada perasaan sedih, menyesal, kecewa dan berbagai macam.....

vm kecewa dengan diri vm yg mengaku memiliki Tuhan, suka kegereja dan persekutuan dan ikut didalam pelayanan.... tetapi ketika ada sesama yg membutuhkan, sepertinya vm hanya tutup mata saja dan tdk mau memikirkan keadaan orang itu....

vm berpikir, kalo saat itu ada suster ataupun romo ataupun hamba Tuhan yg suka berkhotbah sana sini ada didalam kereta itu, apakah yg akan dilakukannya ???  jujur, saat ini vm lagi bingung.... vm merasa semua yg vm lakukan unt Tuhan, sepertinya sudah hilang semua.... vm seperti "dipukul" oleh suatu palu besar yg berisikan "kasih".... vm sadari kalo diri vm jauh untuk bisa mengasihi sesama....

 

bersambung.....

Visi Misi

 

 

sambungan dari 1

 

saat ini vm mulai berpikir, apakah semua lingkungan dan kemewahan sudah mulai "membutakan" mata vm unt bisa mengasihi sesama yg berkekurangan..... mgk unt mengasihi sesama yg "sepadan" vm bisa lakukan, tetapi saat ini rasanya spt ditegor apakah vm bisa mengasihi yg berkekurangan....

vm bingung apa yg harus vm lakukan unt bisa mengasihi.... dari dulu vm berusaha unt tdk hidup didalam kemewahan... ketika sepupu vm dan teman2x mulai diberikan mobil oleh orang tuanya, vm gak pernah minta... bahkan unt sekedar sepeda maupun motor, vm gak pernah minta dari sejak vm kecil... juga ketika orang menggunakan handphone, vm tdk ada keinginan memiliki, walau akhirnya vm dibelikan juga, tetapi itu setelah vm duduk kuliah di sms 8, dimana handphone sepertinya sudah menjadi kebutuhan banyak orang.... vm belajar unt hidup sederhana unt menekan kesombongan yg ada didalam diri vm... tapi semua usaha itu sepertinya sia2x, karena vm masih belum bisa memiliki kasih....

vm cerita kejadian waktu vm masih pelayanan diindonesia... ketika suatu hari pd vm mengadakan pelayanan di sebuah panti asuhan unt cacat mental..... saat itu semua rekan2x vm ketika sampai ditempat, langsung "memegang" satu anak unt di jagain dan diajak ngobrol.... cuma vm yg rasanya waktu itu ngak megang anak sama sekali.... waktu itu vm bilang kalo ngak kebagian (karena memang anak2x panti asuhannya lagi libur dan beberapa dibawa pulang oleh suster).... tetapi vm sadar, didalam hati vm ada perasaan takut, bingung dan ngak tau mesti ngapain..... vm merasakan suatu keasingan dan ketidakmampuan unt melayani anak2x tsb.... ketika acara makan, semua temen vm mensuapin setiap anak, cuma vm yg diam bengong dan kayak orang bingung.....saat itu, vm merasakan kalo vm ini adalah orang tersombong yg tdk bisa mengasihi.... sampai saat ini, rekan2x vm yg di PD, tidak ada yg tahu perasaan vm ini.... 

padahal dulu vm ketika masih kecil, vm seringkali berpikir unt membangun panti asuhan... dan waktu sma sempet terpikir unt menjadi volunteer di sebuah panti asuhan deket kost vm dan pernah juga keinginan unt menjadi volunteer di rumah penampungan yg didirikan oleh mother teresa.... tapi semuanya hanya sekedar "niatan" saja yg tdk pernah terwujud.... didalam bayangan, sepertinya semua hal itu mudah... tetapi ketika mengalami sendiri, semuanya menjadi sulit... itu yg vm bisa rasakan....

ketika vm baca sharing dari romo gani, cm ttg banyak hal mengenai kehidupan2x orang miskin, vm berpikir, apakah harus menjadi seorang romo atau frater unt bisa mengasihi orang2x spt itu .... sempat vm berkeinginan unt menjadi romo atau frater, yg didalam pikiran vm tentunya bisa mengasihi sesama.... tetapi rasanya itu hanyalah pikiran konyol...

kemudian beberapa minggu lalu saya membaca sharing dari mbak siwi dan devy ttg perjalanannya... didalam hati saya salut dengan mbak siwi dan devy yg menyempatkan diri unt datang ke panti asuhan.... juga saya pernah membaca pelayanan beberapa orang yg mulai terjun langsung kepada anak2x jalanan.... mereka orang2x yg sederhana, tetapi memiliki suatu hati yg muliaa..... apakah aku juga bisa memiliki hati semulia mereka ??? inilah yg saat ini menjadi suatu pertanyaan buat saya ??? ditengah segala kegemerlapan kota sydney, apakah ini akan membuat hati nurani saya hilang dan tidak akan pernah bisa mengasihi sesamaku ???      ditengah kebercukupan secara materi, apakah saya masih bisa memiliki sebuah "hati yg sederhana", hati yg bisa mengasihi, yg bisa berkumpul dan tertawa BUKAN bersama orang2x yg sederajat atau diatas saya ??? ... saya ingin, dan ingin sekali unt bisa membuang perasaan2x negatif saya... tetapi kenapa harus begitu sulit.... semakin saya memiliki pendidikan yg tinggi ataupun kecukupan materi, kenapa saya SULIT unt melihat ke bawah, dan hanya memandang ke atas....

hati nurani saya sepertinya menegur saya saat ini.... tetapi saaat ini saya tdk punya keyakinan apa2x.... saya tdk tahu apakah saya harus terus melangkah maju dan "membutakan" mata saya thd hal2x disekeliling saya yg tidak mengenakkan... ataukah saya berjalan mundur, unt mendapatkan "hati yg bisa mengasihi" unt sesama saya..... saya takut dan bimbang..... takut akan karir, masa depan dan kesuksesan akan semakin menenggelamkan hati nurani saya..... walau banyak orang bisa mengatakan bahwa kekayaan bisa digunakan unt menolong orang, tetapi saat ini didalam diri saya sepertinya dikatakan, uang ataupun bantuan memang penting dan harus diberikan, tetapi "keberadaan ditengah2x" mereka adalah yg terpenting.... banyak donatur mengirimkan uang, tetapi pernahkah mereka datang dan makan bersama dengan orang2x tsb ???  Yesus bisa melakukan mukjizat hanya dengan perkataannya, tetapi Yesus juga seringkali "mengunjungi" orang itu dan duduk makan bersama2x mereka.....

 

bersambung

Visi Misi

bagian ke 3

semua itu adalah kejadian pertama yg vm alami hari ini di keretaa..... dan kejadian kedua yg rasanya membuat vm kesal.....

saat itu didalam kereta posisinya di bangku depan ada seorang ce ( asia ) kira2x masih remaja dan didepannya lagi juga ada wanita (kurang jelas).. dan serong ke sebelah kiri dibangku lainnya ada seorang tua laki2x (bule) kurang lebih berumur antara 50-60 an.... pokoknya sudah berambut putih dan agak2x botak dikit lahh..... berarti sejajar dengan ce yg remaja itu...

nah waktu itu vm lagi buka2x buku pelajaran walau sebenarnya masih kepikiran dengan kata2x ibu tadi... trus gak sengaja vm liat ke arah bapak yg dikiri yg sejajar dengan ce remaja itu.... dan satu hal yg bikin vm kaget dan shock, (apalagi ibu yg minta uang itu baru bilang, kalo kalian semua tidak memiliki Tuhan), ternyata bapak itu sedang mastrubasi dan mengeluarkan kelaminnya (maaf) tanpa rasa malu sama sekali..... dan ce remaja itu yg dijadikan objek olehnya, karena posisi duduk bapak tua ini adalah ngeliatin anak remaja ini sambil mastrubasi..... dan anak ini menjadi salah tingkah dan walau sempet ngeliat ke arah bapak tua ini juga.... waktu vm turun ternyata ce ini juga turun ditempat yg sama, dan vm sempet liat anak ini sepertinya agak shock dan seperti orang ingin muntah... untungnya bapak tua ini tidak mengikuti anak ini.... oh my God, kenapa vm mesti  naek train yg kayak gini sehh..... vm gak ngerti apa rencana Tuhan memberikan 2 kejadian yg begitu berdekatan waktunya... 

vm berpikir, mgk benar yg dikatakan ibu itu..... dan yg vm rasakan adalah seperti suatu kehancuran martabat manusia... kenapa manusia sudah tidak memiliki rasa malu bahkan melebihi binatang..... walau binatang berani melakukan persetubuhan didepan umum, tetapi apakah manusia juga ingin melakukan hal itu juga ???

walau vm pernah melihat dan dengar cerita2x juga dari temen2x vm, kalo banyak orang yg melakukan ML (making love) ditempat2x umum, tetapi apakah sampe harus sebegitu hancurnya kah kehidupan manusiaa... apalagi dengan menggunakan anak2x remaja sebagai objeknya......  padahal bapak itu sudah tua sekali umurnya.. entah kalo rambut putih dan kepala botaknya itu bukan menandakan ketuaannya, tetapi cuma karena kegilaaannya sebagai maniak....

setelah turun dari kereta, vm putuskan unt tidak jadi kesekolah... untungnya memang tidak ada pelajaran hari ini... bingung ngeliat semua keanehan ini.... ternyata negara yg begitu mengagungkan hak dan martabat manusiapun, masih melakukan pelecehan sexual thd remaja seperti itu....

 

saat ini pikiran dan perasaan vm entah sedang campur aduk gak menentu..... dan sebenarnya vm gak pendam sendiri semua ini, cuma rasanya gak bisa... jadi maaf yach kalo akhirnya vm jadi bikin cerita lagi dimilist..... tapi rasanya setelah mengetik semua ini, ada perasaan lega dan agak plong, walau masih juga terpikir banyak hal... eniwei, sudah berkurang koq....:p

sorry juga kalo ceritanya melantur kesana kemari, karena memang pikiran sedang tidak bisa konsent apa2x.... cuma pengen ngetik ngetik dan ngetik saja...

terakhir, thanks yach buat semuanya,... terutama dengan adanya milist yg bisa buat aku mengeluarkan uneg2x saat ini......

yg terakhir banget.. salam buat semuanyaa......

 

VIsi Misi

yg sedang mencari "kasih" dan "hati sederhana"

 Iesu Christe Homine Salvator

 

 

Hallo mams and temans semua,

 

Rasanya saya udah lama engga ada berita yach.

Sek saya coba untuk cerita, krn selama ini saya lagi engga bisa share.

 

Sepanjang bulan Desember 2002 banyak masalah yg hrs diselesaikan, juga usaha untuk penyembuhan mama saya.

Sekitar bulan Nopember mama saya diperiksa dokter dgn keluhan sakit perut, lalu mama saya melalui banyak pemeriksaan: darah, urine, faeces sp ke USG perut, lalu periksa endoscopy (usus besar diteropong), terakhir diperiksa dgn MRI (pake sinar). Semua dijalani krn pemeriksaan sampai endoscopy belum tau sebab2nya, semua bersih. Hanya CEA darah cukup tinggi (6,0), normalnya sekitar 2,0.

Lalu MRI terakhir menunjukkan ada kanker di sekitar rahim dan menjalar ke rectum (usus bgn akhir). Besarnya hampir 9X7x5 cm. Nempel di luar rahim.

Kami sekeluarga engga setuju dgn operasi atau chemo, jadi diusahakan dgn pengobatan traditional saja serta pengobatan Cina (tusuk jarum dan ramuan).

Bulan Januari naik lagi CEA nya 8,2. Tapi kami selalu punya harapan, krn Tuhan pasti punya rencana besar dengan masalah ini.

 

Itu sedikit cerita saya, selama akhir tahun itu banyak hal hrs diselesaikan, jadi selama liburanpun saya tidak ke mana2, saya banyak baca buku kesehatan dan pengobatan2 traditional. Kondisi mama saya sih tidak keliatan sakit, tapi tadinya kehilangan berat 7 kg. Kurus sekali juga engga, ya cuman engga gemuk spt dulu, krn makannya bbrp bulan seb pemeriksaan itu agak kurang mau. Sek kondisinya baik.

Tapi syukurlah mama saya itu orgnya kuat imannya, dia engga putus asa samasekali, itulah yg kami syukuri, setidaknya semangat hidupnya selalu ada.

Kami selalu berusaha dan berdoa untuk kesembuhannya.

Kalau engga lupa, juga tolong doakan yach buat mama saya, spy bisa sembuh lagi.

Bbrp kali juga ada pendeta yg dateng ke rumah buat mendoakan, saya percaya doa org yg percaya sungguh2 engga sia2, ya khan?

 

Ok, sekian dulu yach, thanks buat semuanya yg udah selalu setia menyapa (yg disapa engga suka jawab yach................sorry banget......).

Meskipun kita belum pernah jumpa, banyak hal yang menghiburkan di sini.

 

Salam manis,

Tina yang di Bandung.......... (spy engga salah ama Tinna.....).

 

 

Ingin Bergaung dengan Group SM klik disini

Copyright 2003 by Br.Elias, FC