Make your own free website on Tripod.com
Saling Mengasihi
Pengajaran

HOME

Pengajaran
Kreatif Warga
Pertobatan
Puisi Kita
sakrament
Short Messages
Kasih Natal
Album
Arti SM
Doa
Sapaan Kasih
Dari hati ke hati
Welcome to SM
Sharing Retret
Gebyar SM
Cerita Kita
Pengalaman Kasih
Sharing Jodoh
Meditasi
Sejarah SM
Quiz
Old and New

PANGGILAN UNTUK MELAYANI

 

Read Lukas 4:16-21

 

Prinsip sebagai Pelayan Kristus

 

1.             Roh Tuhan ada padaku

 

2.             Oleh sebab itu IA mengurapi aku

Hal ini menyadarkan kita bahwa kita melayani BUKAN dengan kekuatan sendiri. Melainkan Kuasa dari Allah. Setiap kita akan mendapatkan pengurapan itu, bila Roh Allah ada didalam kita dan kita mau belajar dan setia akan setiap panggilan kita. Jadi, bukan karena kecakapan, kepintaran maupun kegagahan kita, kita akan dipakai-Nya, melainkan hanya karena Kasih Anugerah Tuhan semata

Co : di dalam pelayanan Persekutuan doa, seringkali kita menolak ketika mendapatkan tugas pelayanan. Bahkan seringkali ada sebutan pelayan emergency yg dalam arti, bila sudah kepepet ngaak ada orang, kamu boleh panggil saya. Ini adalah suatu bentuk kesombongan rohani. Sedangkan didalam Tuhan, tidak ada kata tidak ada orang, karena seperti Yesus mengatakan dalam Luk 19 : 40, bahwa Batu2x itu akan bersorak. Begitu juga kalo tidak ada orang yg mau melayani ( mis boikot atau demo mogok pelayanan), Tuhan yg  berkuasa juga bisa membuat batu2x itu unt melayaniNya.

 

A. Apakah Misi Yesus dalam PelayananNya ???  4:16-21

1.             Melepaskan yang terikat.

Tuhan mau melepaskan mereka yg terikat baik oleh Kutuk, dosa, sakit penyakit, kuasa gelap, kepahitan, problema,dsb unt menjadi orang2x yg bebas. Karena semua dari kita sudah ditebus oleh darahNya yg kudus.

 

2.             Memberitakan kerajaan surga / menyampaikan kabar baik

DIA datang unt memberitakan kabar baik keselamatan bagi setiap orang yg mau percaya kepadaNYa. Yg menjadi pertanyaan, apakah kita MENANGGAPINYA ?

 

3.             Menyembuhkan Orang Sakit

Didalam tugas pelayananNya, Yesus seringkali menyembuhkan orang yg sakit. Karena IA Allah yg lemah lembut dan Kasih yg ingin selalu membantu manusia.

 

4.             Memberitakan tahun rahmat Tuhan,dst

 

B. Tugas kita ( Mat 4:18-22)

                Yesus memanggil murid-murid-Nya supaya mereka dapat belajar dari DIA dan kemudian melakukan apa yang Yesus lakukan dan  Yesus memberikan merekka kuasa dan mengutus mereka.

 

Sharing : ketika saya mengikuti SHB dikampus saya, disitulah saat Allah pertama memanggil saya. Kemudian setelah itu, saya mulai BELAJAR, melalui suatu program kelas pembinaan / pemuridan yg diadakan PD tersebut. Kami belajar dengan Melihat, mendengar dan memperhatikan dari Firman Allah dan juga kehidupan para senior kami dan melakukan tugas2x kecil yg mulai diberikan kepada kami. Didalam kelas pembinaan kami dilayani dan didoakan setiap pertemuan hingga kami cukup dewasa unt dilepas dlm pelayanan. Dan setiap dari kami memiliki talenta yg Tuhan sudah berikan unt mereka gunakan dalam pelayanan. Hingga saat ini, beberapa dari kami masih tetap melakukan pelayanan diberbagai tempat diberbagai kota (Jakarta, palembang, sby, pontianak, bangka, balikpapan,dsb) maupun berbagai negara (Singapura, Australia, Malta, Canada, India,Taiwan, Filipina. Dan juga berbagai komunitas ( KKKA, KTM, Shekinah, RG, Kristoforus,MBK, Paskalis dsb) Mereka pergi dengan tugas perutusan yg Tuhan taruh didalam mereka.

 

Hal lainnya yg terpenting adalah setiap Murid Yesus harus punya BEBAN bagi jiwa-jiwa, karena itu merupakan misi dari Tuhan Yesus sendiri, jika orang itu belum punya beban maka dia belum menjadi murid Yesus

 

Beban disini dapat diartikan banyak hal seperti : Beban unt berdoa, beban unt melayani, beban unt mengasihi domba yg terhilang, beban unt memberikan talenta, beban unt memberikan kepada orang yg berkekurangan,dsb.

 

C. Yesus yang telah memilih kita ( Mat 4:18-22 ; Yoh 15:16)

                Bahwa sesungguhnya Allah yg sudah memiliki kita, bukan kita yg telah memilih Allah. Oleh sebab itu jangan ada dari kita menjadi SOMBONG, tetapi harus melayani dengan rendah hati dan bergantung kepada kuasa Roh Kudus (bukan dengan kekuatan kita sendiri). Yang harus kita hayati :

 

1.             Jika Yesus telah memanggil kita untuk mengikuti DIA, kita harus yakin bahwa kita diberi kuasa supaya kita mampu melaksanakan panggilan kita.

2.             Hendaknya kita tidak boleh sombong, tapi haruslah rendah hati

3.             Bila kita sudah dipanggil, kita akan diutus supaya kita menghasilkan buah ( Yoh 15:16)

 

D.            Menjadi terang dunia ( Mat 5 : 13-16) kita harus menjadi garam dan terang dunia. Tujuannya : supaya semua orang dapat melihat perbuatan kita yang baik dan memuliakan Bapa di surga. Saya ikut Yesus, maka saya harus :

1.             Menghasilkan Buah

2.             menjadi garam dan terang yang bercahaya

3.             menjadi penjala Manusia

 

Pertanyaan refleksi :

1.             baca dan renungkan kemudian tuliskan renunganmu dari Luk 5:1-11

2.             apakah yang mendorong saya unt melayani Tuhan ?

3.             apakah saya mempunyai perasaan bahwa saya tidak mempunyai kemampuan dalam melayani Tuhan ? mengapa saya merasa tidak mampu ?

 

 

Pelayanan menurut Mother teresa ??

 

Buah keheningan adalah doa

Buah doa adalah iman

Buah iman adalah cinta

Buah cinta adalah pelayanan

Buah pelayanan adalah damai

 

Jadi hendaklah kita melakukan pelayanan didasari oleh CINTA / KASIH.

Dan dari pelayanan kita membawa DAMAI untuk orang yg kita layani. Karena Yesus adalah pemberi damai, dan iblis adalah pemberi ketakutan dan pertentangan.

 

Doa dalam perbuatan adalah cinta

Cinta dalam perbuatan adalah pelayanan

 

Seringkali orang salah kaprah didalam arti pelayanan. Seringkali mereka menghitung pelayanan dengan berapa byk yg diperbuat, tetapi mother teresa mengatakan sesuatu yg berbeda :

 

Bukan berapa banyak yg kita perbuat,

Tetapi berapa banyak cinta yg kita letakkan dalam perbuatan itu.

 

Sering dari kita melakukan pelayanan berpusat pada ke-AKU-an yg dalam arti segala sesuatunya terserah aku. Banyak sekali orang pelayanan karena ingin dihargai, dipuji, diliat ataupun mencari sesuatu. Dan pelayanan seperti ini tidak akan menghasilkan apa2x, malah membuat orang itu akan menjadi stress ketika tidak mendapatkan semuanya itu.

 

Co : bila kita tidak mendapatkan pujian, penghargaan,dsb nya dari pelayanan kita, seringkali akan membuat kita marah dan keluar dari pelayanan. Apalagi bila dalam pelayanan kita malah mendapat kecaman atau kritikan. Pasti itu akan membuat kita menjadi mundur tetapi bila semua itu berpusat kepada Tuhan, ketika tidak ada pujian, penghargaan bahkan kritikan dan kecaman datang, kita akan menanggapinya sambil bernyanyi

Ku mau cinta Yesus, selamanya

Ku mau cinta Yesus, selamanya

Meskipun badai silih berganti dalam hidupku

Kutetap cinta Yesus, selamanya.

 

 Lagu terakhir yg ingin saya bagikan buat rekan2x semua. Untuk menyadari bahwa bukan dengan kekuatan kita, Tuhan memilih kita sadarilah bahwa itu semua karena anugerahNya

 

SEMUA KARENA ANUGRAHNYA

Bukan karna kebaikanmu

Bukan karna fasih lidahmu

Bukan karna kekayaanmu

Kau dipilih kau dipanggilNya

 

Bukan karna kecakapanmu

Bukan karna baik rupamu

Bukan karna kelebihanmu

Kau dipanggil . kau dipakaiNya

 

Bila engkau dapat itu karenaNya

Bila engkau punya semua daripadaNya

 

Semua karena anugrahNya

Diberikan kepada kita

Semua anugrahNya bagi kita

Bila engkau dipakaiNya

 

Salam Kasih Kristus

Visi Misi

 Retret Penyembuhan Luka Batin

By Fera K

 

Bruder Elias, coz aku nggak bisa kirim email ke SM pake accountku yang udah terdaftar, so ini aku kirimkan per japri ke Bruder, dan tolong Bruder yang teruskan ke temen2 di SM yaaa......

Tengkyu ^_^

 

Hallo temen2.... aapa kabarnya?? Waaaahh.... lama nih nggak ketemu ama kamu-kamu !!! Kangen nggak ama fera?? Pasti kangen kan?? hahahahaa...... Kata Bruder Elias banyak yang tanyain aku ya??  heheheee..... (GRnyaaaa.....:)

Sorry ya, tiba2 aku menghilang tanpa berita (soalnya penyiar beritanya lagi cuti:)

Tapi yang penting kan sekarang akunya dah balik lagi, dan dalam keadaan sehat walafiat tanpa kurang suatu apa, malah ketambahan, heheheheee...... nggak ding!! Just joking... ^_^

Oya, gini, saya mau cerita boleh nggak?? (so pasti boleh dong ya?:)

FYI, dari tanggal 25-28 July kemarin ini aku abis mengikuti Retret Penyembuhan Luka Batin di Lembah Karmel, Cipanas.

Mmm..... ceritanya dari mana yaaa??

Oke deh, aku berangkat dari Wonosobo hari Rabu siang dan nginep di Bandung semalem...... Hari Kamis siangnya kami (berempat ama sodara dari Bandung) berangkat bersama ke Lembah Karmel (perjalanan kira-kira 3 jam)

Sesampainya disana sesudah daftar ulang, kemudian kita masing2 diberi kalung nama sebagai tanda peserta retret. Jam 1/2 6 sore diadakan misa. Setelah misa, kemudian makan malam, Pengarahan 1, dan Adorasi (penyembahan Sakramen Maha Kudus)

Disana dijelaskan bahwa dasar segala penyembuhan batin adalah Kasih Allah, tetapi dibutuhkan kerja sama dari pihak manusia juga, yaitu keterbukaan hati untuk mau mengampuni. Mintalah rahmat pertobatan dan rahmat untuk mengampuni dari Tuhan sendiri, karena dengan kekuatan kita sendiri kita enggak akan mampu untuk melakukannya.

Luka batin itu sendiri disebabkan oleh pengalaman2 traumatis/ menakutkan di masa lalu yang menimbulkan bekas luka di dalam hati.

Pikiran manusia itu sendiri terdiri dari 2 macam, yaitu Alam sadar (10%) dan alam bawah sadar (90%). Bila diibaratkan pikiran manusia itu seperti gunung es, dimana yang terlihat diatas permukaan cuma sedikit tapi bagian bawahnya yang lebih besar tidak terungkap. Nah seringkali ketika kita mengalami pengalaman2 negatif, peristiwa2 ini tersimpan di alam bawah sadar kita dan hal ini menimbulkan luka batin yang berpengaruh pada sikap dan tingkah laku kita.

Saat2 paling rentan adalah saat kita berada dalam kandungan, karena pada saat itu, segala sesuatu, baik yang positif maupun yang negatif terserap begitu saja.

Misalnya saat kita dikandung ternyata keberadaan kita itu enggak dikehendaki (baik oleh ibu, ayah, nenek.....) maka hal ini terekam dalam hati si bayi, sehingga timbul perasaan tertolak...... Dan pada masa2 selanjutnya bisa jadi seperti ada semacam kebencian pada ibunya sendiri tanpa si anak menyadarinya!! Namun hal ini bisa terlihat dari sikap anak, misalnya tidak pernah mau menurut, selalu menghindar, pendeknya hubungan antara anak dan ibu sering diwarnai ketegangan, dll.

Atau mungkin saat di kandungan pernah ada usaha untuk menggugurkannya...... ini lebih parah!!! Si anak akan merasa tak diinginkan, sering merasa sendiri, tidak dicintai, dll.

Itu cuma salah satu contoh.

 

Menurut suster yang memberikan session tentang luka batin ini, ada beberapa ciri2 orang yang menderita Luka Batin...... tapi tentu saja enggak terus kalo ada orang yang bertingkah laku demikian, pasti menderita luka batin lho......

Seperti aja misalnya ciri2 anjing antara lain berkaki empat, tapi kan yang berkaki empat belum tentu anjing!! Nah begitulah :)

Ciri2nya antara lain:

- mudah tersinggung, salah paham, curiga

- ketakutan yang luar biasa pd benda atau binatang yang tidak dapat diatasi dengan akal sehat. Misalnya aja ada orang yang begitu takutnya pada alat2 kedokteran.... mungkin dia pernah mengalami pengalaman menakutkan yang berhubungan dengan alat kedokteran

 

- kekhawatiran/pesimistis, tidak bahagia (tidak ada kedamaian), gelisah tanpa sebab yang jelas

- umumnya sulit bergaul, tidak suka bicara, tapi sekali bicara biasanya menyakitkan hati..... sebab orang yang menderita luka batin itu ada kecenderungan untuk menyakiti orang lain, walaupun dia sendiri tidak sadar akan hal tersebut

- sering merasa sendiri, kesepian

- mudah iri

- membenci seseorang tanpa sebab yang jelas, bahkan pada orang yang tidak dikenal sekalipun, hanya mungkin karena orang tersebut mirip dengan seseorang yang dibenci/ menyebabkan hatinya terluka.

- rendah diri, minder

- suka tidur atau malah tidak dapat tidur, malas, dan terus menerus berpikir

- tidak dapat menangis (apatis)

- menderita sakit fisik, seperti maag yang tidak sembuh2, migrain, dll, walaupun bila di cek secara medis tidak menunjukkan tanda2 sakit.

- bila mengingat peristiwa atau orang tertentu menjadi emosi dan marah

 

Sedangkan kapan saja kita bisa mengalami luka batin ini??

Bisa dibagi menjadi 5 masa:

1. masa dalam kandungan

2. sewaktu dilahirkan

3. masa kanak-kanak

4. masa remaja

5. masa dewasa/tua

 

Tentang masa2 itu nanti saya kirimkan juga artikel tentang Penyembuhan Batin yang dulu udah pernah saya kirim ke SM berikut doanya..... Tapi barangkali ada yang lum dapet, nti aku kirimi lagi (kalo udah ada ya di delete aja deh!!! :)

Saya mau cerita saat pertobatan dan penyembuhan luka batinnya aja......

Sebelum acara penyembuhan, diadakan acara pertobatan dulu.

kita dibimbing untuk bertobat atas segala dosa2.....

 

setelah acara pertobatan, dilanjutkan Penyembuhan Luka Batin.

Disini kita diajak untuk masuk kemasa lalu kita dengan bantuan imajinasi iman......

Pertama kita menyanyi dan doa penyembahan, mohon kehadiran Roh Kudus untuk membimbing kita...... agar kita mengetahui dimana luka2 kita, dan mohon supaya Yesus sendiri yang sembuhkan luka2 tersebut dengan KasihNya.

Lalu kita duduk bersila, atau duduk dengan dingklik kecil...... pokoknya kita ambil posisi yang nyaman..... lalu kita tutup mata!! Frater kemudian mulai membimbing kita untuk menelusuri masa demi masa yang kita lalui, dimulai dari masa dalam kandungan, saat dilahirkan, kanak2, remaja, dan dewasa......

Dengan imajinasi iman, kita hadirkan juga Yesus pada saat2 itu..... saat kita disakiti.... Bayangkan Yesus yang mengasihimu!! Kalau kehadiranmu ditolak oleh orang tuamu, sadarilah bahwa kehadiranmu didunia ini dikehendaki oleh Tuhan, dan Tuhan Yesus mencintaimu dan mempunyai rencana yang unik dalam hidupmu. Bayangkan Yesus yang menyalurkan Sinar Kasihnya padamu dengan memegang perut ibumu....

Kira2 seperti itulah lalu nanti dilanjutkan ke masa2 berikutnya.

Lalu setelah kita diijinkan untuk kembali merasakan sakit hati yang bahkan mungkin sempat terpendam sampai kita sendiri udah nggak menyadarinya, lalu dalam proses penyembuhan ini, kita hadirkan Yesus untuk menyembuhkan luka2 tsb. Kita serahkan sakit hati, luka2 batin kita pada Yesus,...... Ampunilah orang yang sudah menyakiti hati kita itu. Hadirkan kembali masa itu tapi jangan lupa untuk menghadirkan Yesus yang punya kuasa untuk menyembuhkan.

Kemudian mintalah pada Yesus untuk membantumu, memberimu rahmat pengampunan.

Dalam imajinasi ulurkan tanganmu padanya, bersama dengan Yesus yang juga hadir disana, ucapkan kata maaf tulus.... Hanya satu kuncinya, mau mengampuni!!! Jangan tambah2in dengan syarat2 seabrek..... saya mau mengampuni kalo dia sudah berubah, kalo dia mau minta maaf, kalo dia yang dia minta maaf duluan, dll....

 

Setelah itu dilanjutkan dengan acara pembasuhan kaki sebagai ungkapan maaf kita.......

Disana sudah disiapkan beberapa orang (dari team) sebagai wakil orang yang kita ampuni. Diandaikan orang tersebut adalah pribadi yang hendak kita ampuni dan kita mohon ampunnya.

Ada wanita setengah baya, ada gadis muda, pria muda, pria tua......

Dengan iman kita andaikan, misalnya pria muda itu adalah bekas pacar yang dulu pernah menyakiti kita....., misalnya ^_^

Nanti kita katakan secara singkat pada orang itu..... misalnya, saya pernah dikhianati oleh pacar saya, dan sekarang saya mau mengampuninya.

Sudah begitu saja......

Tapi itu teorinya ....., pada kenyataannya, kalau kita bersungguh2 saat melakukannya, kita akan terbawa dalam imajinasi iman itu, sehingga kita mungkin akan menangis, bahkan ingin memeluk..... Nanti orang yang menjadi wakil itu juga akan bertindak sebagai dia yang kita ampuni...... dia akan berkata, seperti..... saya sayang sama kamu. Maaf ya kalau saya dulu pernah menyakiti kamu. Saya minta maaf, dll.....

Kemudian kita saling membasuh kaki sebagai ungkapan maaf kita.

 

Memang tidak bisa semua luka batin yang ada langsung sembuh begitu saja...... apalagi kalau kita menderita luka batin cukup banyak. Mungkin kita butuh mengikuti retret luka batin ini lebih dari satu kali..... dan kecuali itu juga dibutuhkan follow up!! Yaitu dengan tidak lagi terus mengingat2 hal tersebut..... tapi kalau seandainya teringatpun, bila hati kita sudah disembuhkan, kita tidak akan merasa marah lagi...... Kita tetap ingat tapi tidak lagi marah.

Tapi kalau kita dengan sengaja terus mengingat2, maka itu bisa menjadi celah bagi iblis untuk kembali membujuk kita supaya kita kembali mengeraskan hati untuk tidak mau mengampuni.

 

meskipun keliatannya sepele...... tapi dengan kuasa dan rahmat Tuhan, ternyata saat proses penyembuhan dengan imajinasi iman itu, bila kita terkena..... saya sendiri merasakan seperti ada suatu aliran listrik dan rasa sedih yang mendalam, sehingga air mata menetes sendiri, terus dengan deras tanpa bisa aku kendalikan....Tapi bisa jadi kita nggak merasakan apa2...... mungkin bisa jadi memang kita enggak ada luka batin, atau mungkin juga karena sebab yang lain, aku kurang paham ^_^ Tapi yang jelas, Tuhan ingin kita disembuhkan dari luka yang selama ini terus mengganggu dalam hubungan kita dengan diri sendiri, sesama dan Tuhan. Dengan mengalami kesembuhan ini Tuhan menginginkan agar kita menjadi pribadi yang utuh seperti yang Yesus kehendaki sejak awal kehadiran kita di dunia ini.

 

Begitulah pengalamanku setelah mengikuti retret Penyembuhan Luka Batin ini.....

Oya, disana juga dijelaskan tentang bayi korban pengguguran....

Bila tidak disengaja, maka baik ortu memberinya nama dan kemudian memintakan intensi misa baginya. Bila penggugurannya disengaja, maka pertama2 ortu harus menerima sakramen tobat....

 

Mungkin temen2 juga udah banyak yang tau dan udah pernah ke Lembah Karmel.... Disana banyak kesembuhan pertobatan yang terjadi.....

bila kesembuhan jasmani mungkin tidak terjadi, mungkin karena berbagai sebab...... mungkin Tuhan ada rencana lain, tapi bisa jadi sikap hati kitalah yang diubahkan oleh Tuhan. Keadaan tetap sama, persepsi kita yang berbeda sehingga kita akan merasakan kedamaian. tapi Dan diatas semua itu, sebenarnya yang terpenting adalah kesembuhan rohani.... karena hal ini menyangkut keselamatan jiwa.

 

Oke, begitu deh ceritanya...... dan sorry kalo ceritanya kepanjangen ^_^

Salam dalam kasih Tuhan,

fera

 

Doa Penyembuhan Luka Batin

Doa ini merupakan sebuah rangkaian doa penyembuhan luka-luka batin. Mohonlah kepada Yesus untuk menyembuhkan semua kenangan masa lalu, dan jadikan doa ini sebagai doa pribadi.

Masa Dalam Kandungan

Tuhan Yesus Kristus, terima kasih atas kehadiranMu saat ini. Aku bersyukur Engkau yang adalah Tuhan tetap hadir dulu, saat ini, dan selamanya. Engkau yang mau membuatku sempurna baik roh, jiwa, dan tubuhku. Tuhan Yesus, aku mohon kepadaMu, telusurilah setiap langkah hidupku. Lawatilah awal kehidupanku. Engkau mengetahui semua tentang diriku sebelum aku dilahirkan. Seandainya ada ketakutan atau kekuatan negatif yang disalurkan kepadaku sejak berada dalam kandungan ibuku, aku mohon bebaskanlah aku dari ikatan ini dengan Kuasa Roh Kudus dan KasihMu. Terima kasih atas kasih dan kehadiranMu yang Engkau curahkan kepadaku selama pertumbuhanku di dalam rahim ibuku. Aku mengucap syukur atas orang tua yang telah Engkau berikan kepadaku, dan kau mohon tolonglah aku untuk mengampuni mereka pada saat-saat di mana mereka kurang mengasihi aku. Biarlah tahap kehidupanku ini mendapat pelukan kehangatan kasih dari padaMu sehingga aku bahagia menyongsong kelahiranku. Dan aku percaya Engaku akan melengkapi bagian yang perlu disembuhkan menurut caraMu dan waktuMu. Amin.

Bapa Kami Salam Maria Kemuliaan

Masa Bayi

Tuhan Yesus Kristus, berjalanlah bersamaku menjelajahi setiap detik dari tahun-tahun permulaan hidupku. Terima kasih Tuhan Yesus, karena ketika aku lahir, Engkau hadir dan mengasihiku. Engkau menghendaki aku lahir, namun orang tuaku tidak menginginkan aku atau menolak aku. Tuhan Yesus berilah mereka hasil kerahimanMu (Ada yang lahir tanpa kasih, tidak diinginkan, dipisahkan karena sakit, kematian, dsb). Tuhan Yesus isilah bagian di dalam diriku yang kurang mendapat perhatian dari orang tuaku, perasaan-perasaan yang menakutkan saat itu, bebaskanlah aku dari rasa ketakutan dengan kasihMu. Aku percaya Engkau hadir saat itu dan tidak meninggalkan aku sendirian. Tuhan Yesus, sekiranya ada kekerasan secara fisik atau mental pada masa bayiku, sembuhkanlah luka-luka batin ini sehingga melalui bilur-bilurMu, aku menjadi sembuh. Aku juga mengampuni mereka, yang memperlakukan diriku dengan tidak baik pada waktu itu. Tuhan, aku menyerahkan seluruh keberadaanku kedalam tanganMu, karena aku yakin akan belas kasihMu yang membuatku menjadi sempurna. Terima kasih Tuhan. Amin.

Bapa Kami Salam Maria Kemuliaan

Masa Kanak-Kanak

Tuhan Yesus Kristus, aku mohon Engkau sudi berjalan bersamaku kembali pada kehidupanku ketika aku masih seorang anak. Masuklah dalam perilaku yang tidak pantas aku alami, karena kurang merasakan cinta dan kasih sayang orang tua dan sesama. Sembuhkanlah setiap luka yang disebabkan perlakuan kasar oleh sesamaku (guru, teman, saudara kandung, dsb). Biarlah aku mampu mengampuni, mengasihi, dan memaafkan mereka, seperti Engkau mengasihi diriku. Sembuhkanlah aku dari luka-luka akibat ketakutan, keputusasaan, kekecawaan, dan perasaan-perasaan negatifku. Isilah kekosongan hatiku dengan kasih dan cintaMu, ya Yesus. Biarlah semua yang berhubungan dengan masa kanak-kanakku bersatu dengan Engkau. Dengan demikian semua yang baik boleh tetap tinggal dan semuayang menimbulkan halangan-halangan dalam hidupku boleh Engkau ambil. Aku percaya bahwa Engkau memberkati ruang lingkup hidupku dengan segala rahmat dan berkat yang berguna untuk kesembuhanku. Terima kasih Tuhan atas jamahan kasihMu. Amin.

Bapa Kami Salam Maria Kemuliaan

Masa Remaja

Tuhan Yesus Kristus, dengan kuasa Roh KudusMu, aku mohon kepadaMu untuk memasuki masa remajaku. Sembuhkanlah aku dari kenangan-kenangan yang menyakitkan pada waktu itu. Biarlah terang RohMu menyinari bayang-bayang kegelapan batin yang terluka yang pernah aku alami, luka karena dikecewakan, ditolak, dilecehkan, dan penghinaan. Biarlah dengan darahMu, Engkau menjadikan aku utuh kembali. Aku juga mohon kepadaMu untuk melepaskan diriku dari perasaan-perasaan takut, kecewa, tersisih, dikucilkan dari pergaulan, diejek, ditertawakan, dan dibeda-bedakan. Hadirlah Engkau, ya Tuhan Yesus, supaya aku dapat mengampuni situasi yang menyakitkan. Ambillah akar-akar pahit yang terjadi pada masa remajaku dan isilah hatiku dengan kasih dan cintaMu. Terima kasih Tuhan Yesus atas penyembuhanMu. Aku percaya Engkau akan menyertai dan memberkatiku. Amin.

Bapa Kami Salam Maria Kemuliaan

Masa Dewasa

Tuhan Yesus, melalui kuasa Roh Kudus, aku mohon kepadaMu untuk memberi berkat pada bagian-bagian kehidupan masa dewasaku, yang perlu diubah, disembuhkan, dan disempurnakan pada bagian-bagian yang terluka. Engkau mengetahui setiap segi kehidupanku yang menyakitkan (hubungan perkawinan, pekerjaan, atasan, dan sesama). Angkatlah setiap luka yang aku alami dengan kasihMu. Sembuhkanlah luka-luka batinku yang aku alami, terhadap pasanganku, anak-anakku, rekan-rekanku, dan sesamaku. Aku juga maumengampuni mereka atas segala tindakan mereka kepadaku. Aku percaya saat itu Engkau, ya Yesus, hadir memberi damai dan kasihMu yang sempurna. Bantulah aku selalu, supya aku mau menyerahkan segala dosa dan kekuranganku kepadaMu. Dan aku mohon rahmat kasihMu untuk mengisi kekosongan hati dan batinku ini. Terima kasih Tuhan Yesus atas kasih dan cintaMu yang Engkau curahkan saat ini kepada diriku. Aku bersyukur atas kesembuhan dari padaMu. Tuhan aku mohon berkatMu untuk hidupku selanjutnya. Amin.

 

Bapa Kami Salam Maria Kemuliaan

(Padang Gurun Carmelitae Sancti Eliae)

 

BAHAN RETRET BY SISCA

Manusia

 

Terdiri dari Tubuh, Jiwa dan Roh. (1 Tes 5 :23)

-         Tubuh ~ Fisik

Yaitu : - Kesadaran panca indra

-   Daging, Darah dan Air

-   Tulang, Organ dan Syaraf

-         Jiwa

Yaitu : - Perasaan

-   Pikiran

-   Kemauan/ Kehendak

-   Karakter/pribadi seseorang

-         Roh ~ Spiritual Body

Yaitu : - Hati nurani ~ Lapisan terluar

-   Intuisi/Firasat ~ Lapisan kedua ~ Berdasarkan melihat sesuatu

-   Komunio ~ Lapisan terdalam~Yang selalu kontak dengan Allah

_____________________________________________________________________________________________

 

Luka Batin

Adalah sejenis luka rohani yang disebabkan oleh peristiwa atau kenangan buruk yang menimpa seseorang dan menyakitkan dimasa lampaunya.

 

Kej 3:16

-         Ular melambangkan si jahat

-         Kelemahan manusia terletak pada tumitnya

 

Penyebab utama : Iblis

Luka ini menyebabkan goresan luka yang perih dan sakit didalam batin orang itu yang sering menyebabkan batin seseorang terluka adalah karena ia pernah mengalami penolakan dimasa lalu.

-         Penolakan dapat disebabkan karena kurang perhatian/kasih sayang dari orangtua ketika masih kanak2, sekalipun peristiwa itu sudah terpendam sangat lama, atau penolakan ortu terhadap orang itu sewaktu dia masih dalam kandungan sang Ibu.

-         Tertekan

-         Perkara2 kecil dari omongan orang lain

Iblis berusaha membuat kita lupa akan luka2 batin itu dan kita pun sering menyembunyikannya.

Bila terlalu lama terpendam dan tidak dipullihkan maka akan menimbulkan akar kepahitan dan membawa banyak kerugian bagi orang tersebut.

 

Dosa membuat kita luka

Luka batin dapat menimbulkan dampak vertikal dan horizontal pada diri seseorang.

-         Vertikal artinya membuat orang tersebut menjadi jauh dari Allah.

-         Horizontal artinya membuat orang tersebut menjadi jauh dari sesama

Luka batin yang sudah merasuk kedalam hati seseorang akan mendasari setiap tindak tanduk orang tersebut.

Luka batin harus disembuhkan dan dapat disembuhkan.

 

Tanda-tanda Luka Batin :

  1. Tidak perduli terhadap orang lain
  2. Perasaannya terlalu sensitif dan peka
  3. Kurang bisa bergaul
  4. Menjauhkan diri dari pertemuan dengan orang yang masih baru
  5. Tidak tau berterimakasih (2Tim3:2)
  6. Menyenangi perkara yang sia2 (1Tim 6:20 dan Ef 5:4)
  7. Sulit mengampuni orla
  8. Keras kepala dan tegar tengkuk
  9. Keadaan jiwa labil
  10. Sering bergaul dengan teman senasib
  11. Suka menghakimi orla
  12. Mudah frustasi dan stres
  13. Tidak pernah merasa puas
  14. Rendaah diri / minder
  15. Sombong dan angkuh
  16. Suka berbohong
  17. Tertutup dan munafik

 

Penyebab Luka Batin :

  1. Tertolak dari ortu

-   1Yes 49:15-16

-   Mazmur 51:7

-   Mazmur 139:13-16

  1. Kurang kasih sayang dari orangtua

-  Ams 29:17

  1. Dilukai orangtua

-   Kol 3:21

-   Ef 6:4

4.      Dimanjakan oleh orangtua

-   Ibr 12:5-6

-   Maz 89:15

-   1Raja-Raja 1:5-6

-   Maz 32:5

Jangan manjakan anak karena akan menimbulkan luka batin baik bagi anak maupun bagi kita.

 

Pemulihan dan penyembuhan luka batin

  1. Keterbukaan

Yak 5:16, Ams 28:13, Mar 32:5, Maz 119:26, Imamat 5:5, Maz 51:1-8, Luk 15:17-21, Ayub 33:27-28

Pengertian2 :

-   Keterbukaan = menelanjangi iblis dengan segala tipu muslihatnya

-   Terbuka = mematahkan kuasa iblis

-   Terbuka = memberi tempat bagi Firman Allah berkarya

-   Terbuka = membuat kita memperoleh jawaban didalam hidup kita

  1. Mengampuni

-   Berdoa bagi orang yang pernah melukai kita

-   Mintalah didoakan hamba Tuhan untuk mencabut akar pahit

 

Hal-hal pokok yang perlu diputuskan oleh orang2 yang mengalami kepahitan jiwa :

  1. Roh penolakan yang telah ada sejak dari dalam kandungan
  2. Tudung kematian bagi mereka yang pernah mau digugurkan didalam kandungan ~ semasa hidupnya si anak akan selalu berhadapan dengan kematian, mis. Kecelakaan atau keinginan untuk bunuh diri
  3. Roh zinah bagi mereka yang dilahirkan dari hasil kumpul kebo atau hasil sebelum menikah ~ Si anak bisa menjadi seorang gigolo bila ia lelaki, dan menjadi pelacur bila ia perempuan.
  4. Penolakan ortu karena anak lahir tidak seperti yang diharapkan oleh ortu
  5. Waktu mengandung si bapak serong, si ibu mengalami kepahitan, bayinya yang dikandung ikut mengalami kepedihan

Anaknya bisa menjadi seorang pemberontak/autis/agresif

  1. Tidak diakui sebagai anak oleh bapaknya karena bapak curiga ada orla ikut ambil andil dalam kehamilan sang ibu.

 

Restitusi/Pemurnian kembali

Bila kita pernah melukai orla, perlu sekali kita meminta ampun kepada Tuhan karena dengan restitusi kita akan membangun kembali hubungan kita yang pernah rusak.

Caranya :

  1. Jangan berkotbah.mengkotbah terhaadap orla lyang pernah kita sakiti/lukai
  2. Dengan kerendahan hati kita berterus terang mengakui kesalahan kita kepada dia
  3. Kita lakukan komunikasi dengan orla tsb baik via surat /telp dan kerendahan hati kita akui kesalahan kita
  4. Mendatangi orang yang kepadanya kita ingin  lakukan restitusi. Kita lakukan dengan benar, rendah hati dan pilih waktu yang tepat. Mzm 20:4

 

Hati nurani yang murni

(Amsal 4:23) Jagalah hatimu dengan segala kemampuan, karena dari situlah terpancar kehidupan

  1. Pelihara hati dengan Firman Allah supaya tetap bersih (Yoh 15:3)
  2. Senantiasa taat dalam pimpinana Roh Kudus.

Ini erat sekali dengan masalah kesucian karena roh kudus akan emmimpin kita kedalam kekudusan  (Roma 8:1-17)

  1. 1Pet 1:15-16, Imamat 11
  2. Ayub 28:28, Rm 8:28

_____________________________________________________________________________________________

Pengaruh Roh Jahat Dalam Kehidupan Manusia

 

Mengatasi pengaruh roh jahat (Deliverance Prayer)

  1. Sumber kesulitan pribadi
    1. Daging = Dunia alami yang lepas dari Tuahn

(Yun=sarx), (ing=Flesh)

Contoh : Hawa nafsu, Keserakahan, Iri hati, Dendam

    1. Dosa = Perusak relasi dengan Tuhan
    2. Dunia = Lingkungan yang bertentangan dengan sifat dan karakter Tuhan (rm 3:23)
    3. Setan = Makhluk spiritual yang jahat

Setan tidak bisa dimatikan karena dia roh, hanya bisa diusir dan dibut tak berdaya.

                Roh yang jahat itu setan,sedngkan roh yang baik itu roh kudus

 

  1. Dunia modern menyangkal setan

Setan adalah bekas malaikat memberontak.

Setan dianggap sebagai fantasi/takhyul irrationil, baginya karenasekularisasi, intelektualisme, rationalisme, ilmu teknik dari eksakta yang ultra modern.

Dan ini adalah anggapan yang keliru. Setan betul2 ada dan dia adalah bekas malaikat

Dosa pertama adalah berasal dari dosa Lucifer, karena Allah benci pada orang yang serakah dan sombong

 

  1. Kitab suci dan tradisi gereja, pengalaman pribadi telah memberi kesaksian tentang adanya setan, suatu kuasa personil yang melawan Allah.

Baca :  1Yoh 5:19 Luk 11:14               1Petr 5:8-9             Yak 4:7

               2Kor 11:14             Luk 13:11-16         1Yoh 4:4                Ef 6:10-17

               Zak 3:1   Yak 2:19 Yoh 12:31

               Yoh 8:44                1Yoh 3:8                Luk 10:17-20

 

  1. Bidang yang terbuka bagi pekerjaan setan
    1. Occultisme/dunia gaib/mistik (UL 18:10)
    2. Bizarre aneh : halusinasi, perubahan inderani
    3. Perasaan irrationil :

-   Rasa takut terus menerus

-   Dorongan irrationil seperti mau bunuh diri, loncaat dari ketinggian, masuk kedalam api, etc.

 

  1. Bidang yang tersembunyi dari kerja setan
    1. Godaan2

Takut/depresi/frustasi/ragu/cemas/gelisah/perasaan negatif terus/ gilty feeling

Wahyu 12:10, Yoh 8:44

    1. Ketagihan2

Alkohol, free sex, narkotik, rakus (Gal 4:8)

    1. Problema perasaan

Benci diri/kemarahan/tidak puas terus menerus/bingung/kacau/perlu discernment

    1. Penyakit

Setan dapat membuat orang sakit (Ayub 2:7)

    1. Masalah spiritual

Diperbudak setan dalam kehidupan rohani, mati raga terlalu keras, menghakimi orla, melayani tanpa prioritas

Pelayanan dapat menjadi bencana bila melayani tanpa prioritas

    1. Takut terhadap karya Tuhan

Setan mencoba menghalangi karya Tuhan dengan membuat orang takut dibaptis dalam roh, melangkah dalam iman, berbuat baik bagi Kerajaan Allah

 

  1. Cara mengatasi pekerjaan setan
    1. Discernment/penegasan rohani
    2. Senjata Tuhan (Ef 6:11-18)

Yaitu Firman Tuhan

    1. Kebenaran ~ dalam praktek

Akulah jalan, kebenaran dan hidup

Katakan ya bila ya, katakan tidak bila tidak

    1. Hidup lurus menurut injil (ortoodox)

Hikmat Allah tidak sama dengan hikmat manusia

    1. Iman

Pikir dalam2 dulu sebelum melangkah dalam iman. Harus kuat iman.

    1. Sabda Allah (Ibr 4:12)

Kalau Firman Allah keluar dari mulutmu, iblis akan takut.

Kuasa Firman Allah diluar akal budi kita

    1. Komunitas Kristiani

Setan paling senang kalo kita sendirian

    1. Sakramen

 

  1. Setan itu riil dan kuat, tapi kemenangan Tuhan lebih kuat (Luk 10:18)

_______________________________________________________________________________________________

Pembebasan Dari Ikatan Dosa

 

  • Lk 5:20-26
  • Mz 130:3-8
  • 1Yoh 1:8
  • 1Yoh 1:10
  • Yoh 8:7-9

 

 I.      Apa itu Dosa ?

Kej 3:1-8

-         Terperangkap dalam godaan iblis

-         Melanggar perintah Tuhan ~ manusia ingin naik tingkat sederajat dengan Tuhan

-         Ingin menjadi sama dengan Tuhan ~ manusia tidak pernah puas

-         Merusak tatanan indah ciptaan Tuhan

-         Menjerumuskan sesama melawan Tuhan

        Jadi Sin is driving one self away from God and His love (Luk 15:11-32)

Yang paling menentukan adalah

-         Manipulasi kehendak bebas

-         Manipulasi kehendak mau bebas manusia ~ akar yang terdalam dari dosa manusia

        Sin is a deadly force inn all our lives all the time (Rm 7:13-26)

Dosa dan kecendeerungan berdosa selalu melekat dalam diri tiap2 kita

        Sin is a distortion of a perfect love

 

II.      Akar dari Dosa!

-         Kej 3:1-8 ~ kehendak mau bebas, yi semua manusia mau bebas

-         Sirakh 10:12-13 ~ kecongkakan (pride is the beginning of all sins)

-         1Tim 6:10 ~ akar segala kejahatan ialah cinta uang

Jangan salahkan Tuhan, rambu2nya jelas, manusia yang berbuat dosa

Dosa melekat didalam diri setiap manusia

 

III.      Dahsyatnya kerja Dosa

Kej 3:1-24

-         Memisahkan manusia dari Tuhan

-         Membelit makin terpuruk karena dosa itu anak beranak

-         Dosa itu menular

-         Dosa mandatangkan senngsara

-         Dosa menyingkirkan manusia dari firdaus ~ kebahagiaan bersama Allah

-         Dosa itu akan ditanggungkan atas keturunan berikut :

Kel 20:5 ~ membalas kepada keturunan 3-4

Mz 51:7 ~ dalam dosa aku dikandung Ibu

Mz 79:8-9 ~ jangan hitungkan kepada kami kesalahan nenek moyang

Mz 27:25 ~ biarlah darahNya ditangguh atas kami dan atas anak2 kami

 

IV.      Jenis Dosa

-         Pikiran(susah ditebak) : Mrk  7:18-23 ~ Dari hati keluar yang jahat : Mat 5:28 memandang dan menginginkan

-         Perkataan : Yoh 3:1-12 ~ Dari lidah ada berkat dan kutuk

-         Perbuatan : Kej 4:7 ~ Bila tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip

 

7 Dosa pokok (merupakan dasar dari dosa2 yang lain) :

-         Angkuh -------------------!

-         Geram (marah/gertak)                       ! Merusak kasih sejati

-         Iri                     ------------------!

-         Malas ~~~ Kekurangan kasih

-         Rakus                     ------------------!

-         Tamak (lebih dari kikir)       !  Terlalu sayang dan mengutamakan hidup enak

-         Nafsu birahi          ------------------!

 

V.      Dilepaskan dari Dosa

a.      Hanya Yesus yang dapat melepaskan kita dari dosa

-   Lk 5:24 ~ supaya kamu taau bahwa anak manusia

-   Lk 5:32 ~ Aku memanggil ynang berdosa supaya bertobat

-   Mk 1:15 ~ waktu sudah genap. Bertobatla

-   Yoh 14:6 ~ Akulah jalan, kebenaran dan hidup

-   Yoh 8:1-11 ~ Ia mengampuni perempuan

-   Mat 9:2, Mrk 2:5 ~ Dosamu sudah diampuni

Yesus membenarkan apa yang dimulai dalam PL

Yes 1:2-20 ~ akibat hukuman pelepasan

b.      Tetapi Yesus membutuhkan usaha kita :

-         Iman bahwa Yesus dapat dan mendorong bertobat

Mt 9:22, Mk 5:34, Lk 8:48 ~ Imanmu menyelamatkan

-         Mengakku bahwa kita berdosa

Im 26:40 ~ bila mereka mengakui

Bil 5:7 ~ haruslah ia mengakui dosa

Yk 5:16 ~ hendaklah kamu saling mengaku

1Yoh 1:9 ~ Ia akan mengampuni dosa bila kita menyatakan

-   Mengaku pribadi kepada Tuhan

-   Mengaku melalui sakramen tobat

-         Beranilah mengampuni supaya kita diampuni

Mt 6:12, 14-15

Mt 18:21-22 ~ sampai 70x7x (ampuni tanpa batas) : Mt 5:23-24~persembahan, Yoh 13:1-19,14~membasuh kaki

-         Sempurnakan dengan amal kasih

Lk 7:47-48

1Ptr 4:8 ~ kasih menutupi banyak dosa

-         Berdoa + Puasa

Yoel 2:12-17

Yunus 3:7-10

Mk 9:29 

PELAYANAN DAN PENUAIAN

11-12 SEPTEMBER 2002

PEMBICARA : ROMO JOHN LEFTEW

 

SESSION 1 :

 

PENUAIAN

 

Orang banyak memiliki persepsi mengenai penuaian berarti adalah menyelamatkan atau mempertobatkan jiwa-jiwa yang terhilang. Sebenarnya penuaian itu sama dengan akhir zaman. Dan itu baru akan dimulai, ketika nafiri Allah yg terakhir berbunyi dan Tuhan akan menyuruh malaikat-malaikatnya untuk memisahkan gandum dari ilalang dan domba dari kambing ( Mat 13 : 30, 39-41 ). Jadi pekerjaan penuaian yg sesungguhnya adalah bukan dilakukan oleh manusia, melainkan oleh Allah dan malaikat2xNya. Tugas kita sebagai anak2x Tuhan adalah melayani, bukan menuai. Persepsi inilah yg seringkali disalahartikan oleh kita.

 

Yesus juga memberikan perumpamaan mengenai Kerajaan Allah seperti sebuah benih yg tumbuh dan bertunas yg akhirnya tumbuh dan disabit ketika musim menuai ( mark 4:26-29).

 

Banyak orang seringkali bertanya : Kapankah saatnya itu ??? kapankah akhir zaman itu? Jawabannya adalah didalam Markus 13 : 29-32. bahwa TIDAK ADA seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya BAPA SAJA . Tetapi Tuhan memberikan TANDA-TANDA akan hari itu.  Jika kita melihat semua tanda-tanda itu, berarti waktunya sudah diambang pintu. Kalo melihat kata diambang pintu, berarti sudah didepan pintu dan tinggal melangkah. Bener tidak ?? 

 

Coba kita lihat beberapa tanda yg terjadi didunia saat ini. Di eropa terjadi banjir ketika musim panas, dibeberapa negara terjadi gempa dan bencana kelaparan, diindonesia harkat manusia sudah tidak lagi dianggap. Apakah hal tsb sudah dapat dikatakan tanda2x tsb ???

 

Romo John pernah melakukan suatu riset untuk meneliti kekejaman yg terjadi pada jaman NAZI dan Jepang, yg dikatakan suatu kekejaman yg amat sangat kejam. Tetapi kesimpulan dari riset tersebut menyatakan, bahwa segala kekejaman yg ada pada jaman tersebut, masih kalah dengan kekejaman manusia jaman sekarang. Beberapa bukti yg didapat :

1.         Pada jaman Nazi maupun jepang, para tentara membunuh para korban tanpa memperkosa, sedangkan dijaman sekarang, berapa banyak wanita2x yg diperkosa didepan suami maupun anak2xnya ?? terjadi dibeberapa daerah dindonesia.

2.         Pada jaman NAZI maupun jepang mereka tidak membunuh wanita hamil, sedangkan jaman sekarang wanita hamil dirobek perutnya dan ditarik bayinya dan ditusuk dan dibakar dan digeletakkan dijalanan. ( unt yg satu ini, saya pribadi sudah menyaksikan filmnya yg didapat dari seorang pendeta yg berhasil meloloskan diri dari peristiwa ambon pertama, dimana rekan terlibat team unt meng-edit film itu unt dibawa ke PBB. )

3.         Pada jaman Nazi maupun jepang, mereka memenggal kepala tetapi meninggalkannya, sedangkan jaman sekarang, mereka membawa dan mengaraknya sebagai tanda kemenangan dan kebanggaan ?? apakah nyawa manusia sudah tidak dihargai ??

 

Romo ketika prapaskah di senayan tahun yg lalu, dengan jelas dan berterus terang pernah mengatakan bahwa bangsa Indonesia, TIDAK AKAN pernah keluar dari Krisis yg ada sekarang ini. KECUALI, dari Raja hingga jelata, dengan rendah hati mau mengakui dan bertobat atas dosa bangsa ini. Karena DARAH, dari orang2x yg tidak berdosa sudah begitu banyak. Sama seperti darah habel yg berteriak dan menuntut keadilan dari Tuhan, begitulah darah orang2x yg tidak berdosa, yg menjadi korban dari kekejaman bangsa ini. Negara2x Korea dan Filipina yg juga mengalami Krisis, sekarang sudah dapat keluar. Tetapi Indonesia, masih sulit untuk keluar. 

 

Peristiwa lain yg begitu menyedihkan adalah mengenai TKI yg berada di Malaysia yg dipulangkan ke tanah air dan ditampung di nunukan. Presiden kita hanya mengatakan sudah melakukan segala upaya dengan pemerintahan Malaysia, dan menganggap semua itu cukup. Tetapi kita liat dari president filipina, yg dengan rendah hati mau datang ke Malaysia dan menjemput para TKI mereka, bahkan menuntun anak2x unt masuk kedalam kapal. Dari dua hal yg sama ini, kita dapat perhatikan suatu nilai kerendah hatian dari seorang pemimpin bagi warganya.

 

Dari peristiwa yg terjadi di nunukan, romo merasa bangga dan salut akan tenggang rasa dan solidaritas dari beberapa umat paroki di Jakarta, yg langsung turut ambil bagian unt berangkat dan memberikan bantuan. Mereka datang dan membawa bantuan, bahkan ketika diwawancara, mereka menjerit unt mengetuk hati orang2x unt memberikan bantuan. Mereka tidak melihat agama, ras maupun latar belakang unt membantu, tetapi mereka melihat bahwa ada manusia2x yg membutuhkan bantuan disana dan harus diselamatkan, dengan atau tanpa bantuan dari pemerintah.

 

Perenungan : Kalo Yesus ada pada saat ini, apakah DIA akan menolong dengan memilih2x agama, ras ataupun golongan untuk membantu orang2x tsb ??? ataukah DIA akan langsung menolong tanpa memandang semuanya itu ??

 

Banyak orang juga yg menganggap bahwa dengan PELAYANAN, mereka akan layak untuk masuk kedalam kerajaan Surga. Banyak orang yg merasa melakukan pekerjaan2x Tuhan, seperti melakukan mukjizat, bernubuat, maupun mengusir setan. Tetapi seringkali BUKAN itu yg Tuhan harapkan dari kita sebagai anak2xNya. Bahkan Yesus mengatakan sangat tegas dan keras akan hal ini yg tertulis di dalam Mat 7:21-23

 

Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku : Tuhan, Tuhan! Akan masuk kedalam kerajaan sorga, melainkan dia yg melakukan kehendak Bapa-Ku yg disorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku : Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mukjizat demi nama-Mu juga ? pada waktu itulah AKU akan berterus terang kepada mereka dan berkata : AKU tidak pernah mengenal kamu ! Enyalah dari pada-Ku kamu sekalian pembuat kejahatan .

 

Dari ayat tersebut, Tuhan menegaskan bahwa BUKAN orang yg melakukan mukjizat yg hebat atau yg jago bernubuat ataupun yg karunia apapun yg hebat yg akan masuk kerajaan surga, tetapi yg melakukan pekerjaan Bapa.   Dalam arti ini dapat dikatakan, bahwa kita pun harus belajar mencari KEHENDAK BAPA, atas pelayanan yg Tuhan ingin kita lakukan.

 

Tetapi kenapa diayat itu dikatakan bahwa Tuhan tidak mengenal mereka ??? jawabannya, karena mereka adalah para pelayan yg berteriak2x menuntut upah atas pekerjaan mereka. Ingatlah satu hal, bahwa JANGAN PERNAH MENGANGGAP DAPAT  menyogok Tuhan dengan pekerjaan2x yg sepertinya untuk DIA. Tuhan tahu akan segala yg kita kerjakan, tidak perlu menuntut. Lebih baik kerjakan apa yg Tuhan minta dari kita. Seringkali orang melayani, tetapi masih memiliki MOTIVASI TERSELUBUNG dibalik pelayanannya

Sebagai contoh : karena ingin dilihat , karena ingin mendapatkan karunia yg hebat, karena ingin mendapat pujian,dsb.

 

Karunia2x itu TUHAN berikan karena untuk MENUNJANG pelayanan kita, tetapi bukan membuat kita menjadi SOMBONG. semua itu kembali hanyalah sebagai sebuah KASIH KARUNIA, dari Tuhan dan janganlah dari kita memegahkan diri kepada sesama kita.

 

PERENUNGAN :

 

1. UNTUK APA KITA MELAYANI  ????

2. MASIH ADAKAH MOTIVASI TERSELUBUNG DIDALAM PELAYANAN KITA?

 

DOA :

 

1.         PELAYANAN APA YG TUHAN INGIN KITA LAKUKAN ?

 

 

 PELAYANAN

 

Pelayanan adalah suatu TUGAS, yg saat ini sangat mendesak (Urgent) yg Tuhan inginkan dari para umatNya.

 

Ada 3 Kriteria yg harus dilakukan untuk melayani sesuai kehendak Allah :

 

1.         Memurnikan MOTIVASI kita dan mencampurkannya dengan MOTIVASI TUHAN seperti yg dialami Misa ketika dipilih Allah. Kenapa Tuhan memilih seseorang unt melepskan bangsa Israel saat itu ??? karena seruan dari bangsa itu sudah diperhatikan Allah. Dari  Kel 3 :7-8 kita dapat mengambil point2x yg Tuhan inginkan didalam pelayanan kita.

A.        Pelayanan harus bergantung kepada TUHAN dan karya-karyaNya.  (bukan unt kepentingan sendiri )

B.        Pelayanan Tuhan adalah pelayanan Universal. Yg artinya tidak hanya unt golongan tertentu saja. 

Contoh : seringkali hamba Tuhan, hanya mau melayani dirumah orang2x kaya saja. Tetapi ketika pelayanan di pedalaman, sulit sekali bagi mereka unt mau datang.

C.        Kalo pelayanan kita berasal dari ALLAH, maka pelayanan itu akan membawa orang yg dilayani menjadi lega dan merasakan damai, BUKAN STRESS.

Contoh : Ketika romo pergi ke tegal dan mengadakan persekutuan disalah satu rumah umat, kemudian umat itu cerita bahwa dia mengalami ketakutan dan minta romo memberkati rumahnya lagi. Karena beberapa minggu sebelum romo datang, ada seorang hamba Tuhan yg datang dan mengatakan bahwa dirumah tersebut ada hantunya dan berbagai macam. Sehingga hamba Tuhan itu meminyaki setiap sudut,dsb. Tetapi sejak saat itu pemilik rumah menjadi ketakutan dan merasa diri terus berdosa. Hal ini TIDAK MEMBAWA DAMAI, melainkan STRESS unt orang tsb. Sedangkan YESUS diseluruh pelayanannya, TIDAK PERNAH membuat stress orang.

D.        Orang yg menjadi pelayan membawa kelepasan dan membawa MISI dari TUHAN, BUKAN misi Pribadi / Golongan.

Contoh : wah, kalo soal ini banyak contoh yg bisa kita lihat dari pemimpin bangsa kita yg selalu membawa misi partai dsb. Didalam pelayanan, hendaknya kita tidak memiliki maksud tertentu unt orang yg ditolong. Seringkali pelayanan Tuhan salah kaprah dan hanya menolong mereka yg sesamanya dalam arti sama kepercayaan atau agamanya atau untuk orang tsb masuk kedalam agama tertentu. Dan pelayanan ini bisa dikatakan tidak murni lagi, karena Tuhan hanya meminta kita mengasihi dan membantu sesama kita, bukan mengkristenkan atau mengkatolikan sesama kita.

 

2.         Yesaya 6:8-13

Hendaklah kita belajar dari Yesaya yg mau menanggapi panggilan Allah dan berkata Inilah aku, utuslah aku. Banyak orang yg ketika dipanggil, selalu mengatakan bahwa aduh, aku masih muda , sebenarnya saya mau melayani, tapi nanti saja masih sibuk , dsb. Banyak alasan yg orang pergunakan unt Lari dari panggilan pelayanan.  Tetapi kalo sudah mengalami musibah atau kesusahan, orang paling keras berteriak2x memanggil Tuhan, dan seringkali menyalahkan Tuhan.

 

            Pada Yes 6:10-13, apa yg terjadi, hampir mirip dengan yg terjadi pada bangsa kita Indonesia. Dimana bangsa ini menjadi keras dan telinganya berat untuk mendengar dan matanya menjadi tertutup. Dan pada ayat 11-13, kita bisa lihat dimana Tuhan MENGIJINKAN semuanya itu terjadi. Tetapi pada akhirnya dan kesudahannya, mereka yg masih teguh berdiri, dari situlah akan keluar tunas yg kudus, yaitu bagi mereka yg bertahan dan setia sampai kesudahannya.

           

3.         Mat 9:35-38. untuk menjadi pelayan Tuhan, mutlak dan harus memiliki satu hal yaitu BELAS KASIHAN. Yesus sendiri pun walau dalam keadaan capek maupun lelah, tetapi dengan belas kasihannya kepada domba-dombaNya, DIA masih tetap melayani orang2x. karena Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit.

 

Jadi sudah menjadi tugas kita untuk menanggapi setiap panggilan yg Tuhan sudah berikan unt kita bagikan kepada sesama. Ingatlah Tuhan menginginkan agar kita melipat gandakan talenta yg sudah kita terima, dan caranya tidak lain dan bukan yaitu melalui pelayanan. Karena disanalah talenta itu dapat bertumbuh dan berkembang, sehingga ketika Tuhan memanggil kita waktu saatnya tiba, kita dapat membuka tangan dan berlari kepadaNYA, dan DIA akan menyambut dan memeluk kita, karena kita sudah menjalankan tugas yg diberikan hingga FINISH.

 

 SESSION 2 :

 

8 Ciri Kriteria Pelayanan yang benar :

 

1.         diambil dari 1 Kor 9:16 kita dapat lihat dari ayat ini, bahwa pelayanan adalah suatu KEHARUSAN, bagi orang2x yg sudah mengenal DIA. Bahkan Paulus sampai mengatakan Celakalah aku bila tidak memberitakan injil. Paulus juga mengatakan agar kita TIDAK memegahkan diri.

 

Kalau Tuhan sudah mengutus, itu adalah sebagai suatu KEHARUSAN. Beberapa contoh di alkitab ketika Tuhan mengutus hamba2xnya :

 

A.  Yunus yg ingin melarikan diri, tetapi akhirnya masuk kedalam perut ikan dan dimuntahkan kembali ke niniwe.

B.        Musa yg berusaha menghindari panggilan Tuhan dan mengatakan dirinya adalah orang yg tidak pandai bicara dan pendek lidah. Tetapi Tuhan memilihnya dan melalui musa, Tuhan menaruh banyak mukjizat2x ajaib untuk menyertai pelayanan musa. Tetapi setiap mukjizat yg dilakukan musa, selalu merupakan perinta Tuhan, bukan kehendak sendiri.

C.        Yeremia yg ketika dipanggil, mengatakan masih muda, tetapi Tuhan mau pakai dia. Bahkan menaruh perkataan2xNYA kedalam mulut yeremia.

D.        bahkan diperjanjian baru Tuhan memanggil seorang yg paling kejam juga menentang dan mengejar jemaatNya. Tetapi Tuhan mengubahnya dari seorang SAULUS yg sangat kejam menjadi PAULUS seorang pemberita injil yg diurapi Allah.

Satu hal, siapapun anda semua, ketika TUHAN sudah memanggil Anda, kita tidak bisa lagi lari dari panggilan tersebut. Karena TUHAN memanggil kita, untuk melepaskan / membawa umatNya, untuk mendekat kepadaNya. Jadi mulai sekarang, belajarlah untuk TAAT dan SETIA menanggapi panggilan Allah.

 

Ciri Kristiani yg benar adalah :

Percaya Persekutuan ( Koinonia) Pertobatan (Metanoia) Pelayanan (Diakonia).  (NB : unt 4 hal ini, saya kurang pasti akan ke akuratannya, jadi kalo ada terbalik harap dimaklum saja)

 

 

2.         Luk 9 : 22-27 bahwa setiap orang yg mengikuti Kristus, harus mau menyangkal diri, MEMIKUL SALIB, mengikut AKU.  Dan barangsiapa MALU mengakui AKU dan karena perkataan-KU, ANAK MANUSIA juga akan malu karena orang itu, ketika IA datang dalam kemuliaanNYA. 

Ingatlah, kedatangan Yesus yg akan datang BUKAN lagi sebagai Juru selamat, melainkan menjadi HAKIM yg Agung. Saat ini Tuhan masih sebagai juru selamat yg menanti setiap orang2x unt bertobat kepada-Nya. Tetapi bila Yesus datang menjadi seorang HAKIM, maka TIDAK ADA lagi yg namanya Pengampunan, karena DIA akan mengadili setiap orang secara Adil. Jadi bertobatlah saat ini, ketika Yesus masih sebagai Juru selamat, karena tidak ada lagi kesempatan bila IA sudah datang sebagai hakim jangan sampai waktu saatnya tiba, Tuhan mengatakan kepada kita Aku tidak mengenal engkau. Karena itu berarti sudah tidak ada kesempatan lagi unt bertobat. Tidak ada lagi yg namanya api penyucian ataupun doa2x dari orang2x kalo sudah the last day.

 

            Luk 9:57-61 pada ayat ini dikatakan bahwa biarlah orang mati menguburkan orang mati, tetapi engkau beritakanlah injil juga setiap orang yg yg siap untuk membajak tetapi menoleh kebelakang, tidak layak unt kerajaan Allah. Mengapa Yesus menggunakan kata2x yg begitu ekstrim ??? 

jawabannya karena Tuhan ingin mengatakan bahwa, Jangan gunakan ALASAN lagi unt menghindar dari TUHAN. Banyak orang yg ketika mau pelayanan banyak alasan yg digunakan. Contoh : mau pergi pelayanan alasan capek, gak ada teman, banyak kerjaan kantor, lagi sakit, bosan, dsb. Tapi kalo doa minta berkat dari Tuhan atau sesuatu unt dirinya, paling cepat dan maksa Tuhan unt sekarang juga mengabulkan. Sadar tidak sadar, penyakit ini sudah mulai masuk kedalam diri banyak dari pelayan Tuhan. 

 

Romo Tardif pernah mengatakan didalam sebuah khotbahnya yaitu setiap orang yg bertobat, berarti sudah siap untuk mengikut Yesus. Karena pertobatan berarti berbalik 180 derajat dari jalannya yg salah menuju ke jalan yg benar. Dan tidak lagi menggunakan alasan nanti dulu, masih muda belom sempet senang2x, takut dibilang fanatik,dsb.

 

3. Mat 25 : 1-12 (mengenai gadis2x yg bijaksana dan gadis2x yg bodoh). Hendaklah kita semua pun bisa menjadi seperti gadis yg bijaksana, yg tidak hanya memikirkan keadaaan saat ini saja, melainkan lebih kepada yg akan datang. Sebab orang2x bodoh hanya memusingkan perkara2x yg dilihat oleh manusia saja, tetapi orang2x bijaksana lebih melihat kepada hal2x yg tidak dilihat. Sebab segala pelayanan maupun pekerjaan yg kita lakukan untuk Tuhan, sama seperti orang yg sedang memupuk kekayaan disurga dimana pencuri tidak dapat mencuri dan karat maupun ngengat tidak dapat merusaknya.

Contoh : Banyak orang yg lebih mementingkan harta duniawinya dengan mencari uang dengan sebanyak2xnya, dan LUPA memberikan waktu untuk Tuhan, untuk berdoa maupun untuk kegereja. Seringkali mereka merasa cukup dan sudah memberikan segala-galanya dengan memberikan uang persembahan ataupun dana unt pembangunan gereja. Tetapi mereka lupa untuk menjaga minyak mereka sebagai cadangan, sehingga ketika mempelai itu datang, DIA akan berkata AKU tidak mengenal engkau. Bagaimanakah perasaan saudara ketika ditahta Allah dan penghakiman, Tuhan mengatakan tidak mengenal anda ??? dan keputusanNya adalah FINAL yg tidak bisa diubah. Jadi, bersiap dan berjagalah selalu, karena kita tidak tahu akan hari maupun saatnya.

 

Dilanjutkan dengan Mat 25 : 14-30 mengenai talenta yg Tuhan titipkan kepada kita. Dari perumpamaan talenta ini, ada makna tersirat dimana kita semua telah diberi tugas untuk melipatgandakan talenta yg Tuhan titipkan unt kita, sebelum DIA datang unt menagihnya kembali. Jadi dengan kata lain, ikut Yesus berarti harus berjuang melipatkan talenta dengan sepenuh hati dan sepenuh jiwa didalam pelayanan dengan kasih.

 

4. Mat 12 : 18-20 

dari ayat tersebut, manakah kata kunci yg sangat penting yg harus diperhatikan ? jawabannya adalah kata HAMBA. Didalam pelayanan apapun, setiap dari kita harus memiliki mental seorang HAMBA BUKAN sebagai TUAN. Hal ini sangatlah penting didalam kehidupan kita sebagai pelayan Tuhan. Bila didalam  suatu komunitas atau persekutuan doa, anggotanya memiliki mental TUAN, maka motivasi pelayanan sudah sulit unt murni lagi. Tetapi bila memiliki mental seorang HAMBA, maka tidak ada lagi yg namanya berbantah-bantahan atau saling tuding satu dengan yg lainnya, tetapi lebih kepada saling melayani dan merendahkan diri satu dengan yg lainnya. Dari situ akan timbul KASIH sesama anggota didalam pelayanan. Dan dari team tersebut akan disertai dengan BELAS KASIHAN ketika mereka menjalani pelayanannya kpd sesama.

   Sebagai bahan refleksi : cobalah memikirkan bagaimana sikap pembantu anda atau   budak2x pada jaman dahulu, ketika tuannya memerintah.???

   Tambahan : ketika pelayanan, apapun jabatan anda saat itu baik didalam pekerjaan maupun didalam persekutuan tsb, lepaskanlah semua itu, dan layanilah sesamamu dengan duduk sama rendah dengan mereka.

   Contoh : romo berada disuatu persekutuan doa didaerah Jakarta, dimana anggotanya terdiri dari berbagai macam golongan. Dan beberapa bahkan merupakan direktur dan perusahaan2x terkenal. Tetapi ketika pelayanan, mereka tanggalkan semuanya itu, dan mulai menjadi hamba. Mereka menyapu dan mengepel ruangan. Mengangkat kursi dan menggulung kabel. Itulah arti sebuah pelayanan. Sesuatu yg kelihatannya kecil dan sepele, tetapi dimata Tuhan bisa menjadi besar.

 

   Pada ayat yg ke 20, merupakan suatu janji Allah yg begitu sangat amat indah kepada kita semua Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskanNya, dan sumbu yg pudar nyalanya tidak akan dipadamkanNya, sampai IA menjadikan hokum itu menang. Dari ayat ini kita dapat belajar, untuk belajar mengasihi rekan2x kita didalam satu team pelayanan, dimana ketika kita melihat seorang rekan kita yg mulai jatuh ataupun keluar, ingatlah Tuhan tidak membiarkanNya. Apalagi kita yg hanyalah hambaNya, apakah kita malah akan mematahkannya atau memadamkannya ???  seringkali yg terjadi adalah demikian dibanyak team yg ada, ketika melihat salah seorang yg sudah hampir patah dan hampir padam, sesama team seringkali yg memadamkan dan mematahkannya. Dan Allah kita, tidak menghendaki hal ini. Renungkanlah hal ini, bila anda pernah melakukan kesalahan ini thd sesama anggota anda, bertobatlah dan minta ampun, dan ingatlah bahwa Tuhan tdk pernah membuang mereka juga. Dan bila saat ini anda mengalami perasaan terbuang atau down dan lemah, ingatlah ayat tsb sebagai suatu janji dan penghiburan Allah kepada anda, bahwa Tuhan mencintai anda dan tidak akan mematahkan dan memadamkan anda. DIA akan terus berusaha unt menyembuhkan dan menyalahkan anda kembali.

 

5. Markus 6:34

            dari ayat ini, satu hal yg dapat kita pelajari, yaitu JIWA sebagai PELAYAN. Dimana kita harus mau dan rela untuk ada dimana orang membutuhkan kita. Berikanlah waktu kita unt sesama kita. Banyak orang yg membutuhkan pelayanan kita, dan disitulah kita harus selalu siap dan berada unt melayani.

 

6. Galatia 5:13

            Dari ayat ini, hendaknya kita belajar untuk melayani dengan KASIH satu dengan yg lainnya. Dasar dari seluruh pelayanan kita adalah KASIH. Tanpa kasih, sia2xlah apa yg telah kita lakukan. Dan mengenai KASIH, bisa diliat didalam 1 Kor 13.

 

   7. Yohanes 10:1-20 Gembala yang baik

  dari ayat ini adalah 5 hal yg bisa kita petik :

A.        Pelayan harus diangkat secara resmi. Didalam hal ini kita kembali dengan yg disebut sebagai KOMITMEN.

B.        Pelayan harus menjadi teladan karena berdiri dibaris depan. Seorang gembala pada jaman dahulu, selalu berdiri dibagian depan unt membimbing domba2xnya. Dan ketika ada yg menyerang, maka gembala yg akan membelanya didepan. Begitu juga Yesus terhadap kita, dan kita terhadap domba2x yg sudah dipercayakan Tuhan kepada kita unt dibimbing.

C.        Gembala menjadi sebagai pintu perantara keselamatan. Apakah yg dimaksud pintu disini ?? maksudnya, sebagai seorang pelayan, kita sudah seharusnya mudah untuk diketemui oleh domba kita. Seringkali didalam sebuah paroki ada keluhan, lebih mudah menemui pastornya daripada ketua dewan. Karena kalo mau ketemu sama ketua dewan, harus melalui prosedur muter2x. ini hanyalah sebagai contoh saja. Tetapi maksud dari contoh tersebut, apapun jabatan kita maupun kedudukan kita, didalam pelayanan, hendaklah kita menjadi mudah unt ditemui dan dicapai oleh domba maupun umat.

D.        Seorang pelayan, membawa orang kepada Kasih Tuhan. Bukan dengan paksaan ataupun celaan, tetapi dengan membawa perdamaian dan kelembutan, kita membawa kasih Tuhan kepada mereka. Sehingga mereka dapat mengerti dan merasakan kasih itu melalui kita.

E.         Seorang pelayan harus bertahan dan berkorban. Bertahan didalam segala pencobaan dan rintangan dan berkorban akan waktu, tenaga, pikiran maupun materi bahkan menyerahkan hidup dan hati kita kepadaNya.

 

8. Mat 20 :25-28

            bahwa kita melayani bukan untuk dilayani. Kita melayani bukan untuk dilihat ataupun dihormati. Tetapi kita melayani, karena kita mau merendahkan diri sama seperti Tuhan kita.

 

 SESSION 3 :

 

BERKAT BERKAT YANG DITERIMA BAGI PELAYAN TUHAN

 

Sebelum kita mulai melihat berkat2x Tuhan, marilah kita membuka Kejadian 15:1, dimana Tuhan juga menjanjikan upah kepada Abraham atas pelayanannya.

 

Berkat maupun upah yg didapat adalah :

1.         Luk 10 : 17-20

Banyak orang seringkali bertanya, Romo, kenapa saya ikut pelayanan, tetapi saya tetap banyak masalah dan miskin saja. Jawabannya adalah ikut Tuhan bukan berarti bebas dari segala masalah, karena ikut Tuhan berarti kita juga masih harus memikul salib kita bukan ???  ini yg seringkali dilupakan oleh orang2x, sehingga menganggap dengan pelayanan mereka bisa menuntut janji Tuhan dalam bentuk materi ataupun lainnya.

 

Tuhan tidak membatasi upah pelayanan kita dengan sesuatu yg jasmani ataupun materi. Juga bukan karena bangga atas karunia yg Tuhan berikan. Tetapi kita harusnya berbahagia karena nama kita terdaftar di sorga. Inilah kegembiraan kita sebagai seorang pelayan Tuhan. Jangan pernah berpikir bahwa mengikuti Tuhan atau melayani BERARTI tidak pernah sakit atau  harus menjadi kaya, TIDAK. Itu hanyalah pikiran2x picik yg membatasi anugerah Tuhan. Bukan karena perkara2x duniawi yg membuat kita bahagia, tetapi karena perkara sorgawi dimana nama kita tercantum didalamnya

 

2.         Matius 28 : 19-20

Seringkali orang2x yg ingin bertobat merasakan suatu ketakutan. Takut ditinggalkan teman2xnya, takut sendirian, takut dimusuhi,dsb. Tetapi semua ketakutan itu sangatlah tidak berasalan bila orang itu mengerti akan janji Tuhan yg satu ini.

Kita tidak akan lagi pernah berjalan sendirian. Karena Tuhan akan selalu menyertai kita kemanapun kita pergi bahkan hingga akhir jaman. Itulah janji Tuhan sebelum terangkat ke surga yg tidak akan pernah dilanggar olehNya.

 

3.         Matius 19 : 27 30

Dari ayat ini, kita dapat melihat bahwa rupanya Petrus saat itu juga khawatir karena sudah meninggalkan semuanya untuk mengikuti Yesus, sehingga akhirnya petrus juga menanyakan soal upah yg akan didapat.

 

Tetapi jawaban Tuhan adalah, DIA akan memberikan seratus kali lipat plus bonus hidup yg kekal. Bukankah itu indah ?? tapi bukan berarti seratus kali lipat itu dalam bentuk materi saja. Jangan menyempitkan arti upah atau berkat sebagai materi saja. Tetapi bisa hal2x yg lainnya yg Tuhan kembalikan kepada kita.

 

4.         Matius 24 : 45 51

Bagi hamba yg setia, segalanya akan tersedia. Tetapi bagi hamba yg tidak setia, akan ada ratap dan kertak gigi. Jadi setialah selalu dengan panggilan dan pelayanan yg Tuhan sudah percayakan kepada kita. Jangan sampai waktunya terlambat dimana Tuhan akan datang sebagai hakim. Saat ini Yesus masih sebagai juru selamat, maka terimalah kasih pengampunanNya dan bertobatlah. Tetapi bila DIA datang yg berikutnya sebagai HAKIM yg agung, tidak akan ada lagi penyesalan dan pengampunan, karena semuanya akan diadili sesuai dengan perbuatanya masing2x

 

 Akhir kata, semua ini adalah rangkuman selama saya mengikuti seminar selama 2 hari. Untuk bahan seminar yg sisanya, masih dalam proses pembuatan, itu juga kalo saya lagi ada waktu akan dibuat. Tetapi rasanya pengajaran ini dulu yg saya bagikan buat rekan2x semua kiranya dapat membantu dan menumbuhkan iman kepercayaan rekan2x kepada Tuhan kita Yesus Kristus. Terlebih terhadap panggilan dan tugas pelayanan yg sudah Tuhan taruh kepada masing2x dari kita.

 

Segala kesalahan didalam kata2x ataupun penafsiran, mgk dikarenakan saya yg menulis dan mengetikkannya yg seringkali masih menggunakan nalar dan pemikiran saya didalam penggunaan bahasa. Jadi mohon dimaklumi dan dimaafkan.

 

Iesu Christe Homine Salvator

 

Visi Misi

 

 API PENYUCIAN

 

Sebenarnya pembicara tdk ingin unt membawakan tema ttg api penyucian ini. Tetapi beberapa hari sebelum acara hari ini, Tuhan menegurnya melalui doa dimana dikatakan bahwa bulan ini adalah bulan unt berdoa bagi jiwa2x di api penyucian, dan ada baiknya unt membawakan tema ini.

salah satu dasar dari ayat alkitab yg meneguhkan ttg api penyucian adalah dari kitab Mat 12 : 30-32 dimana dikatakan "....... dosa tdk diampuni, didunia ini tidak dan didunia yg akan datangpun tidak". dari kata dunia yg akan datang, ini dpt diartikan ada dunia lain yg tidak dapat diliat oleh mata.

tetapi konsep api penyucian itu sendiri, bukan berarti akan ada 3 pintu Surga, neraka dan api penyucian. pintu itu tetap 2 yaitu Surga dan Neraka, sedangkan Api penyucian adalah "tempat penantian" buat roh2x yg sudah meninggal dunia. karena manusia melakukan dosa, dan buah dari dosa yg harus dijalani adalah siksa dosa. yg harus dijalani oleh orang tsb. dan itulah api penyucian yg dimana kita harus dibersihkan dulu dari segala dosa2x kita sebelum masuk kedalam surga.

tetapi orang2x yg didalam "api penyucian" sudah tidak dapat lagi bertobat atau memohon ampun atas dosa2xnya. tetapi kita yg hidup, dapat "mendoakannya" agar orang tsb dibebaskan dari api penyucian. caranya adalah dengan membawanya didalam misa kudus dan mendoakannya. Sebenarnya orang2x mati itu sudah tdk dpt memunculkan diri didalam dunia nyata, tetapi malaikatlah yg membawa pesan kepada kita melalui memperlihatkan wajah2x itu unt kita mendoakannya.

ada 3 sharing / kesaksian yg diceritakan oleh pembicara :

1.         mengenai teman baik dari pembicara. sebut aja si A. nah si A ini memiliki kebiasaan ketika membaca koran, dia suka menumpangkan tangan dan berdoa diatas berita2x duka cita / kematian. sampe suatu hari dia selalu bermimpi melihat gambar2x orang2x yg tidak dikenalnya. kemudian dia datang ke pembicara dan mereka berdoa bersama. ketika berdoa, pembicara melihat gambar2x itu juga dan jumlahnya sangat banyak sekali. waktu itu mereka sama2x tidak tahu akan arti dari gambar2x itu. Sampe akhirnya si A ditanya dan kemudian dia ingat dengan kebiasaan mendoakan orang2x yg dikoran tersebut. ternyata memang itulah gambar2x yg dia lihat itu. Kemudian Tuhan memberikan pesan unt mendoakan mereka terus. Sejak itu si A mencoba mengkhususkan diri unt menjadi pendoa bagi jiwa2x didalam api penyucian.

2.         pengalaman dari pembicara, ketika ada salah satu teman baik dari orang tuanya dari Surabaya akan datang ke Jakarta. Orang tua dari teman itu sudah meninggal. Malam sebelum hari H nya, pembicara terbangun dari tidurnya dan melihat dipojok kamarnya orang tua laki2x dari temannya itu sedang mondar mandir disana. Walau dengan takut, pembicara menanyakan apa maksudnya itu. Tetapi roh itu hanya diam saja. Akhirnya pembicara tsb berdoa dan roh itu pergi. Keesokkan harinya, roh itu datang kembali dan kali ini duduk dipojokkan. Kali ini pembicara berdoa dan bila Tuhan mengijinkan, agar roh itu dapat berbicara. Setelah itu tiba2x pembicara mendengar suara dari roh tersebut, walau roh itu tidak membuka mulutnya. Maksud roh tsb menampakkan diri kepada pembicara karena dia minta didoakan. Alasan roh ini muncul kepada pembicara, karena semasa hidupnya orang tua dari pembicara pernah menginjili ttg Yesus. Tetapi ketika belum sempat menerima Yesus, orang ini meninggal. Tetapi istri dari suami ini sudah menerima Kristus dan menjadi pendoa bagi suaminya. Tetapi doa2x itu belum cukup unt membuatnya dijemput oleh Kristus. Akhirnya pembicara mempersembahkan dalam Misa Kudus pada saat konsekrasi. Sekali misa, pembicara merasakan masih ada ganjalan. Hingga 3x Misa setelah itu malam harinya pembicara melihat lagi roh ini tetapi sudah berbeda karena roh ini disertai dengan suatu sinar terang.

3.         Pengalaman ketiga yg dialami pembicara juga. Ketika teman baik dari pembicara yg juga merupakan sama2x hamba Tuhan didalam pelayanan. Ketika itu temannya terkena sakit yg parah sehingga harus masuk kedalam rumah sakit (saya lupa sakitnya apa). Kemudian si sakit meminta pembicara ini unt datang dan mendoakannya. Didalam doa pembicara ini merasakan bahwa sakit dari temannya ini dikarenakan dendam dan kemarahan terhadap seseorang yg tidak pernah bisa dia ampuni. Pembicara mengatakan hal ini, dan si sakit mulai bereaksi emosi dan mengatakan bahwa dia memang membenci seseorang yg sudah menghancurkannya. Dan dia mengatakan bahwa sampai matipun, aku tidak akan mengampuni orang tsb. Pembicara tidak dapat berkata apa2x, karena pembicara tahu sumber dari sakitnya adalah luka batin ini. Selang beberapa minggu, sakitnya semakin parah. Bahkan seluruh badannya sudah mati rasa dan tidak dapat digerakkan. Organ2x bagian dalam sudah mulai terkena. Si sakit meminta pembicara ini unt datang dan mendoakannya. Sekali lagi pembicara ini datang dan mengatakan unt mengampuni orang ini. Tetapi dia tetap tidak mau. Bahkan ketika Romo datang unt memberikan sakramen perminyakan, dia pun menolaknya. Karena dendam yg begitu besar terhadap musuhnya. Sampai ketiga kalinya pembicara diundang datang, tetapi orang itu sudah dalam keadaan kritis dan tdk bisa apa2x. si sakit mengatakan bahwa sudah terlambat. Tetapi pembicara sadar, bahwa tidak ada yg terlambat bagi Tuhan. Hanya dengan melepaskan pengampunan maka Tuhan akan menyembuhkan dia dari segala sakit penyakitnya. Itulah yg dikatakan Tuhan melalui pembicara ini. Tetapi sebelum si sakit mengatakan apa2x, maut sudah menjemputnya. Pembicara menangis karena melihat kawannya meninggal tanpa sempat melepaskan pengampunan.

Selang beberapa hari setelah kematian temannya itu, roh orang itu datang kepada pembicara. Dan dia mengatakan apakah pembicara ini bersedia unt mengambil silih selama 1 bulan unt mengalami kesakitan agar roh orang ini dapat ditebus. Pembicara ini menolaknya. Kemudian roh ini mengajukan waktu 1 minggu, 1 hari. Tetapi pembicara tetap menolak. Sampai akhirnya dia meminta 3 jam. Pembicara akhirnya menyetujuinya. Pada saat pembicara itu bersedia, tiba2x saat itu juga seluruh badan pembicara mengalami suatu kesakitan yg luar biasa. Badan seperti lepas dan tidak bertenaga. Setiap detik terasa sangat amat menyakitkan. Menunggu 3 jam selesai rasanya lama dan merupakan suatu penderitaan. Didalam kesakitan dan putus asa, suara hatinya berkata unt dia berdoa rosario. Unt memutar biji2x dari rosario saja sudah sangat sulit. Tetapi ketika mulai berdoa, dia mencium bau bunga rose, yg merupakan ciri kehadiran dari bunda maria. Setelah 1 jam, akhirnya pembicara tidak kuat dan pingsan. Ketika sadar, waktu 3 jam sudah terlewati. Dan sejak itu roh teman itu tidak pernah lagi datang kepadanya.

 

Penutup :

 

Rekan2x terkasih, melalui tulisan ini, kiranya dapat mengetuk kepada merka yg terpanggil unt mulai mendoakan arwah2x gentayangan maupun yg berada di api penyucian. Mereka yg belom mengenal Yesus sebagai Tuhan, seringkali tidak tau harus bagaimana. Seringkali Iblis mengambil roh mereka unt dijadikan budak. Inilah saatnya tugas bagi mereka yg mau berdoa agar kiranya Tuhan berkenan unt menjemput mereka.

Sejak peristiwa Mei 1998, banyak sekali roh2x yg tdk mendapatkan tempat. Salah satu rekan saya, pernah melihat semuanya ini. dan meminta banyak orang unt mulai berdoa unt kesejahteraan roh2x tsb. Inilah yg didalam evangelisasi sering disebut sebagai penginjilan unt orang mati, yg memang masih sedikit diketahui oleh orang2x awam.

mereka yg sudah meninggal, tidak dapat berbuat apa2x lagi. Mereka membutuhkan perhatian kita unt mendoakan mereka. Itulah sebabnya seringkali mereka melakukan hal2x aneh. Karena mereka hanya ingin ada manusia yg mendoakan mereka.

Tiada doa yg sia2x. doa2x kita diperlukan oleh mereka. Doa2x kita dapat membawa jiwa2x kpd Kristus. Jangan pernah berhenti berdoa. Karena Doa adalah alat komunikasi kita kepada Tuhan didalam roh dan dengan doa, kita menyelamatkan banyak jiwa..

 

 

Salam Pelayanan dalam Kristus

Visi Misi

Laudent Nomen Domini

Visi Misi

 

 

RODA KEHIDUPAN

 

Dear rekan2x milist.

Hari ini sebelum saya bobo, saya mendapatkan sedikit perenungan. Yah, mumpung masih teringat, mendingan saya share disini aja dehh:p mgk ini bukan hal yg baru, tapi gak papa khan sekalian kita saling mengingatkan dan membagi thanks sebelumnya buat iphenz yg refleksi ini ada

 

Bahwa pertumbuhan iman / kedewasaan rohani, bukan diukur dari berapa banyaknya mukjizat yg dapat kita lakukan, dan juga bukan berapa dalam pengetahuan yg kita miliki, ataupun berapa lama doa yg bisa kita lakukan, melainkan, Berapa intim relasi kita dengan Tuhan.

 

Didalam hidup rohani kita, ada 4 hal yg terpenting. Dan keempat ini merupakan roda kehidupan rohani kita, dimana Yesus sebagai sumber / poros dari roda tersebut.

 

1.         DOA = kehidupan doa adalah hal yg terpenting yg harus kita miliki. Jangan ada orang yg mengaku anak Tuhan kalo tidak pernah berdoa. Itu adalah sesuatu yg mustahil. Doa sekecil / sependek apapun, bila kita doakan dengan tulus, jujur dan rendah hati, maka bagi Tuhan bisa menjadi doa yg besar.

 

Efesus 6 : DOA adalah Perisai iman dan ketopong keselamatan kita yg dapat menahan setiap serangan si jahat. Tanpa doa, kita akan diserang tanpa dapat bertahan. Kehidupan DOA kita merupakan mati hidupnya kita dalam pertempuran. Mother teresa pun mengatakan bahwa buah DOA adalah IMAN.

 

2.         FIRMAN = penting, karena bagaimana kita dapat mengasihi DIA kalo kita TIDAK pernah mengenal DIA. Bagaimana cara unt mengenal DIA ??? yah melalui Firman. Tanpa Firman, kehidupan kita pun akan menjadi layu dan akhirnya mati.

 

Efesus 6 : Firman adalah pedang roh yg kita miliki unt dapat membalas serangan dari si jahat. Tanpa Firman, jangan berharap bisa mengalahkan musuh. Karena Firman itu adalah Allah ( Yoh 1 : 1). Jadi Firman adalah Allah sendiri. Dan ketika kita mengenal FirmanNya, kita tau keinginanNya dan kita tau cara mengalahkan musuh kita.

 

3.         PERSEKUTUAN / KOMUNITAS = adalah suatu hal yg penting karena dimana kita dapat bertumbuh bersama dengan orang2x yg memiliki roh yg sama dgn kita. Seperti halnya sapu lidi, yg bila hanya lidi 1 batang, akan mudah dipatahkan, begitu pula bila kita bersekutu dengan saudara2x seiman, akan membuat iblis sukar unt melakukan penyerangan kepada kita. Karena didalam persekutuan, kita menjadi 1 tubuh (Roma 12), yg dimana bila satu sakit yg lain turut merasakan. Dimana ada yg jatuh, yg lain akan membantu unt bangkit

 

Efesus 6 : komunitas seperti halnya baju zirah keadilan dan  ikat pinggang kebenaran, dimana kita akan dibentuk disana dan pada saatnya kita dapat mengerti dan melihat akan keadilan dan kebenaran Tuhan. Kita akan dibentuk unt semakin mengerti dan mengetahui akan DIA. Tetapi unt itu kita harus mengalami proses. Dan proses unt setiap orang berbeda2x, tetapi semua proses itu memiliki satu tujuan yaitu serupa menjadi seperti DIA.

 

4.         PELAYANAN = setelah kita mendapatkan semua kasih karunia dari DIA, ada saatnya unt membagi semuanya itu unt orang2x disekitar kita. Seperti halnya tong yg diisi air, bila HANYA diisi, diisi dan diisi, tetapi tidak memberi, pada akhirnya akan meluber ataupun tong itu menjadi pecah karena terlalu penuh. Begitu juga dengan kehidupan rohani kita, kita bagikan semua cinta yg Tuhan sudah berikan kpd kita, melalui PELAYANAN kita terhadap sesama. Dan bentuk dari pelayanan setiap org berbeda2x. semua tergantung Tuhan yg memberikannya. Mother teresa juga menuliskan Buah dari CINTA adalah pelayanan, dan Buah dari pelayanan adalah DAMAI. Jadi hendaklah pelayanan kita membawa damai kpd kita dan org yg kita layani.

 

Efesus 6 : Pelayanan sama halnya seperti Kasut kerelaan unt memberitakan injil damai sejahtera Kristus. Setelah kita menerima semua itu, kenakanlah kasut itu, dan bagikanlah kpd sesama dan kepada Tuhan bentuk dari cinta kita. Layanilah sesama kita dgn Kasih dan Cinta yg sudah DIA berikan kpd kita. Agar mereka juga boleh merasakan KASIH dan CINTA itu melalui kita..

 

Jadi, bila saat ini ada yg masih kurang dari keempat hal ini, mgk sudah saatnya kalian memikirkannya dan merenungkannya. Rendah hatilah unt mau diajar olehNya. BELAJARLAH dariNya bagaimana harus berdoa, TEMUKANLAH DIA , melalui Firman dan Kisah hidupnya juga perintahNya,  MINTALAH daripada-Nya komunitas yg terbaik buat kalian bisa bertumbuh dan berbuah, CARILAH pelayanan yg mana yg ingin Tuhan kalian lakukan, dimana kalian bisa berkarya dan membagikan Kasih tsb.

 

Tuhan Mengasihi

Visi Misi

 

  

LEADERSHIP DI PERSEKUTUAN DOA KARISMATIK KATOLIK

 

4 Point penting yg harus diperhatikan oleh setiap PDKK

 

1. Hal yang paling hakiki / essential untuk membangun suatu PD Karismatik Katolik. (  Read I Kor 3 ; Kel 31:1-11 )

 

1.1       PDKK memiliki ciri khas yaitu Terbuka, Bebas, penuh ekspresi, komitmen dan membangun satu sama lain dan saling mendoakan

 

1.2       Mengarah pada Pembaptisan / Pencurahan dalam Roh ( SHB / retret awal ). Tanpa itu BUKAN Karismatik.  Dan di dalam Pencurahan Roh, ada unsur pertobatan, iman dan komitmen kepada Yesus.

 

1.3       Perlu beberapa orang yg menjadi pemimpin ( team) yg memiliki komitmen thd kegiatan Persekutuan doa. Tanpa itu Persekutuan doa tidak akan jalan. ( Kis 20:28 ; 1 Tes 5:12-13 ; Ibr 13:17 ; 1 Tim 5 : 17 )

 

1.4       Pengajaran yg solid / berbobot yg sungguh di pahami

 

2.         Untuk membangun komunitas kristiani / PD Karismatik Katolik  ( 1 Kor 2:41-47 ; Kis 4 : 32-33 ; 1 Kor 12 ; 1 Yoh 3 dan 4 )

 

2.1       Roh Kudus mempersatukan ( 1 Kor 12 : 7-12 ; Roma 12:4 seterusnya )

2.2       Cinta persaudaraan ( 1 Pet 1:22 ; Ibr 12:1 ; Gal 6:10 ; 1 Yoh 4:21-25 ; 1 Yoh 4:21 22 )

Cinta eros    cinta mengarah ketertarikan karena fisik / seksualitas

Cinta Filia   Cinta karena ketertarikan akan kepribadian ( simpatik)

Cinta Agape Cinta yg committed ( cinta ilahi)

2.3       Mensupport  / Mendukung pada gereja local / Paroki

 

 3.         Apakah Spiritual leadership / kepemimpinan Rohani ( Mat 20 : 20 28 ; Yoh 13:117 ; 1 Kor 12 ; Efesus 4 : 11 13 )

 

4.         Pertumbuhan Rohani pada para pemimpin / team ( 1 Tim 3 : 1 7 ; Titus 1 : 7-9 ; 2 Tim 2 : 24 ; 2 Tim 3 : 10 )

 

 

BEBERAPA HAL YANG MENGGANGGU DI DALAM PD

 

1.         Orang terlalu cepat menjadi pemimpin. Dalam arti tidak memiliki Skill leadership dan pertumbuhan rohani. Kadang orang2x di PD selalu menganggap bahwa CUKUP dengan Roh Kudus, dan tidak memiliki skills leadership. Padahal hal itu juga sangat penting.

 

DOA DAN PUASA YANG MENGUBAH SEJARAH

 

Didalam Alkitab, jelas sekali doa dan puasa mempunyai arti yang sangat penting dihadapan Tuhan, sehingga dapat mengubah jalannya sejarah. Disini diberikan beberapa bukti yang menjelaskan hal itu :

 

 (1). Raja Yosafat - II Tawarikh 20:1-30

 

Yosafat raja Yehuda diserbu tentara gabungan : Moab, Amnon dan Seir. Yosafat sadar kekuatannya sangat terbatas, maka ia menyerukan hari doa dan puasa di seluruh Yehuda. Ayat 13 - pria, wanita, anak-anak juga ikut doa & puasa. Ditambah pula dengan puji-pujian (Praise & Worship) - akibatnya : musuh saling perang satu sama lain dan Yosafat mendapatkan kemenangan besar, tanpa pertumpahan darah! Tiga hari lamanya mereka mengambil harta jarahan yang ditinggalkan musuh-musuhnya itu! Wow.Luar Biasa!!! Yang dapat kita ambil : doa dan puasa juga disertai praise & worship

 

 (2). Ratu Ester

 

Pada waktu itu orang Yahudi berada dalam pembuangan dan yang berkuasa ialah Kerajaan Madai-Persia. Haman, seorang pembesar mengadakan rekayasa untuk membantai umat Yahudi (Est. 3:8-13). Mordekhai tampil sebagai tokoh utama dan mendesak ratu Ester untuk berbuat sesuatu. Ester mengadakan doa & puasa. Akibatnya sungguh luar biasa, sejarah diubahkan secara drastis. Mordekhai diberi penghormatan (Est. 6:1-11), air mata diubah menjadi sorak sorai (Est 9). Yang dapat kita ambil : doa dan puasa disertai merendahkan diri di hadapan Tuhan.

 

 (3). Zaman Yunus

 

Yunus diutus ke Niniwe, ibukota Assyur untuk memberitakan tentang hukuman Tuhan, tetapi ia malah lari ke Tarsus. Akibatnya ia masuk perut ikan dan ia memohon kemurahan Tuhan disana. Yunus memberitakan kepada orang-orang Niniwe bahwa hukuman Tuhan akan jatuh. Seluruh Niniwe lalu mengadakan doa dan puasa, raja, bangsawan, pria, wanita, anak-anak bahkan ternakpun ikut berpuana (Yunus 3:7-10). Akibatnya: mereka semua selamat!!! Yang dapat kita ambil : doa dan puasa harus disertai pertobatan sepenuh hati.

 

 (4). Zaman Nabi Yoel

 

Keadaan pada zaman itu teramat sangat parah secara ekonomis, lihat Yoel 1:4,10-12. Dalam keadaan parah seperti ini apa yang harus diperbuat? Jawabannya Yoel 1:14 - bacalah baik-baik!!! Yang dapat kita ambil : doa dan puasa harus menyertakan para pemimpin.

 

PETUNJUK PRAKTIS TENTANG PUASA

 

Ada 3 jenis Puasa

 

 (1). Puasa Biasa

 

pantang makanan padat ataupun cair, namun boleh minum air putih/juice. Ini puasa Yesus 40 hari 40 malam (Lukas 4:2) - hanya dilakukan apabila ada petunjuk supernatural istimewa.

 

(2). Puasa Penuh

 pantang makanan padat maupun cair secara total. Ini puasa Ester - tiga hari tiga malan

 ( Ester 4:15)

 

 (3). Puasa Sebagian

 hanya berpantang makanan tertentu. Mengurangi makanan padat dalam sehari, tetap minum. Tidak makan makanan padat, tetapi boleh minum. Ini adalah puasanya Daniel (pantang makanan yang enak - Dan.10:3).

 

 Petunjuk Praktis Dari Dr. Derek Prince

 

(1). Masukilah puasa dengan iman yang positif, sebab tanpa iman apa yang kita buat tak akan menyenangkan hati Tuhan (Ibrani 11:6).

 

 (2). Yang terbaik ialah jangan menunggu sampai ada keadaan darurat baru kita mau puasa. Jadikanlah puasa itu sebagai bagian dari kehidupan Kristen kita yang normal.

 

 (3). Janganlah memaksa diri puas terlalu lama. Lebih baik berhasil dalam target yang sedikit daripada gagal penuhi target besar. Laksanakan Puasa Sebagian terlebih dahulu - bru kemudian meningkat lebih tinggi. Biasa makan 3x sehari, dikurangi 2x atau 1x sebagai langkah awal, lalu bisa ditingkatkan.

 

 (4). Pada waktu berpuasa ambil waktu untuk doa, penyembahan dan pujian kepada Tuhan disertai Bible Study dengan sepenuh hati.

 

 (5). Periksalah motivasi hati kita dalam berpuasa, jangan sampai ada yang menyombongkan diri (periksa Yesaya 58:1-12).

 

(6). Bagi yang mempunyai penyakit tertentu dan sedang makan obat sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum ikut puasa.

 

 (7). Jangan sampai ada yang over, yaitu tidak minum apa-apa dalam jangka waktu 72 jam. Tubuh kita perlu cairan yang banyak tiap-tiap hari.

 

Iesu Christe Homine Salvator

 

Visi & Misi

MENDENGARKAN SUARA TUHAN

 

                        Oleh : Edith Witoha

 

 

Untuk dapat mendengarkan suara Tuhan, hal yg terawal yg harus dimiliki adalah HARUS memiliki roh yg dikuasai oleh ALLAH. Maka dari itu, pengajaran ini diberikan kepada mereka yg sudah melewati SHB / retret awal.

 

Mendengarkan suara Tuhan, BUKAN karunia, tetapi hanya diperlukan kemauan dan kedisplinan kita didalam berdoa. Saat ini, pembicara mengajar disuatu sekolah di jakarta, dimana sempat juga mengajarkan ttg mendengarkan suara Tuhan. Biasanya dari 1 kelas yg berisi 40 an orang, semua murid BISA mendengarkan suara Tuhan. Maksimal hanya 3 orang yg tidak bisa, itu dikarenakan kurang tekun dan berusaha.

 

Usahakan juga unt kita bisa menghabiskan isi alkitab kalau kita ingin belajar mendengarkan suara Tuhan. Karena Tuhan seringkali menggunakan Firman untuk berbicara kepada kita. Kalo kita gak membaca firman, bagaimana kita mengetahui itu berasal dari Tuhan atau setan ??

Tips unt menghabiskan membaca alkitab yg biasa pembicara lakukan unt para murid2xnya adalah

Satu minggu pertama harus membaca habis 4 penginjil  sambil mulai membaca sedikit PL

Satu minggu kedua membaca habis PB sambil membaca sedikit PL

Dua minggu selebihnya membaca seluruh kitab PL, tetapi kitab Imamat yg paling terakhir,krn paling sulit dimengerti.

Jadi total hanya 1 bulan unt membaca seluruh isi alkitab.

 

Hal hal yg harus diperhatikan unt mendengarkan suara Tuhan

 

1.         Tidak boleh ada rasa takut.

Untuk itu perlu pendisiplinan untuk berdoa di pagi hari. Ketika Yesus memulai pelayananNya, DIA selalu bangun Subuh hari unt berdoa kepada BapaNya di surga. Teladan inilah yg ingin kita ikuti unt mendengarkan suara Tuhan. Kita bangun pagi hari, dimana orang2x masih pada terlelap tidur, tetapi dimana aktivitas alam roh itu paling menonjol, yaitu pada pukul 2 4 pagi. Itu adalah saat2x dimana roh kita dapat menguasai jiwa dan tubuh. Karena jiwa dan tubuh sudah lelah dan akan terlelap.

Satu firman yg dapat kita pegang bahwa Allah itu adalah ROH, dan kita harus menemuniNya didalam roh dan kebenarannya.  Jadi bukan dengan kedagingan kita akan menghampiri Allah, tetapi dengan roh.

 

Bagaimana melatih kepekaan roh kita  ???

Hal yg terpenting pada saat doa ini adalah bagaimana kita melatih panca indra kita unt lbh peka terhadap suasana sekelilingnya. Sekedar tips, usahakan berdoanya JANGAN didalam kamar, tetapi di ruang tamu / tengah. Unt menghindari anda ketiduran...:p   dan usahakan cari posisi yg enak, baik itu menggunakan bangku ataupun alas. (jangan tiduran..:p). Juga sediakan kertas dan pena, bila nanti merasakan sesuatu, segera tulis unt kita doakan nantinya.

 

Apa saja yg harus kita latih ??

A.        Indera perasa (kulit). Kita hening dan mulai rasakan dengan kulit kita akan adanya perubahan2x udara yg kita rasakan. Mgk ada rasa gatal ataupun rasa dingin atau apa. Rasakan saja. Kalo mulai terjadi perubahan apa yg kita rasakan, seperti merinding atau apa, coba rasakan itu dengan kulit kita. Aktivitas apa yg terjadi berikutnya .

B.        Indera penciuman. Kita pun mulai merasakan dengan hidung kita akan bau yg ada disekeliling kita. Mgk akan ada perubahan, seperti bau busuk atau wangi bunga atau apapun, rasakan itu. Dan biarkan Roh Kudus yg tuntun kita unt mengetahui dengan siapa kita sedang berhadapan. Mgk ada bau seperti rose, yg biasanya menandakan kehadiran bunda maria atau orang kudus lainnya.  Atau juga ada bau busuk, dan kita sedang berhadapan dengan roh tertentu. Jangan takut, tetap fokus dan minta hikmat dari Tuhan. Biar Tuhan yg bukakan sedang berhadapan dengan siapakah kita.  Hal ini sangat amat berguna nanti bila kita sedang mendoakan tumpang tangan terhadap seseorang. Terkadang bau busuk itu menandakan adanya suatu roh didalam diri orang itu. Kalau kita sudah mulai peka, kita akan tau melalui bau itu, roh apa yg sedang mengikat orang yg didoakan. Jadi ketika roh itu sudah keluar, kita dapat mencium bau yg sudah pergi.

C.        Indera pendengaran.  Melalui pendengaran, kita coba dengarkan suara2x yg berada disekeliling kita. Dengarkan bunyi2xan saat itu. Mgk ada suara anjing menggongong, dan kita coba perhatikan bunyi itu. Hal ini sangat berguna unt melatih kepekaan telinga rohani kita didalam roh. Bila kita peka, kita akan mulai tau keadaan dialam roh. Mgk ada yg mengirimkan guna2x, kita dapat mendengarnya seperti letusan petasan atau bom.

D.        Indera penglihatan. Kalo sudah berani, cobalah unt membuka mata kita. Mgk kita akan melihat samar2x sekelebat sesuatu yg lewat. Awalnya mgk akan merasa takut, kalo kita benar2x bersandar kpd Tuhan, kita pasti akan bisa mengalahkan ketakutan. Rasa Takut itu adalah alamiah / wajar, tetapi kebenarannya adalah Roh yg didalam kita lebih besar daripada yg ada didunia.

Kesaksian pembicara : dulu beliau adalah seorang yg sangat penakut sekali. Setiap habis nonton film horror, pasti akan lari masuk kamar dan sembunyi dibawah selimut. Ketika proses didalam pelatihan ini, beliau banyak diajar oleh Tuhan. Pernah satu hari, ketika beliau mau mulai berdoa dan baru keluar kamar, tiba2x sudah melihat sekelebat dan sepertinya ruangan saat itu rame. Saat itu dia langsung masuk kamar lagi dan ketakutan. Kemudian berdoa dan minta Tuhan kuatkan dia. Tuhan katakan taukah kamu bahwa AKU akan menyertai kamu, dan Rohku yg didalam kamu lebih besar dari roh2x yg ada didunia. Setelah diteguhkan dan mulai pasrah kpd Tuhan, beliau keluar lagi dan melihat sekelebat bayangan yg lari, dan langsung dikejar sampai ke kamar mandi. Disana bayangan itu menghilang, tetapi meninggalkan bau busuk. Dari situlah dia tau, bahwa itu adalah roh jahat.

 

Read Habakuk 2:1-2

 

 2.         Kekudusan

Ini sangat penting buat kita yg ingin melatih kepekaan. Kita harus berusaha menjaga kekudusan kita. Karena seperti kita ketahui bahwa Allah itu kudus sehingga kita tidak dapat menghampirinya bila dengan kekotoran kita. Walau kita tau bahwa kita selalu tidak terlepas dari dosa, tetapi sebelum masuk unt menghampiri tahta Allah, hendaknya kita minta untuk menguduskan kita dahulu.

 

Bagaimanakah berdoa yg Tuhan inginkan unt kita ??

Read 1 Petrus 4:7

Bahwa hendaklah kita menjadi diam dan tenang. Menguasai segala pikiran dan emosi.

 

3.         Kuasai Pikiran

Pada saat persiapan unt berdoa, ada baiknya kita menguasai pikiran kita. Salah satu tips yg diberikan oleh pembicara bila pikiran kita masih berkecamuk adalah dengan menuliskannya dan tanya Tuhan apa yg harus dilakukan. Mgk saat itu ada kekhawatiran atau apapun, tuliskan itu semua. Belajarlah unt jujur terhadap diri sendiri dan terbuka kepada Tuhan.

 

Kenapa kita harus kuasai pikiran kita ??

Karena Tuhan seringkali berbicara melalui pikiran kita. Kalau pikiran kita masih gelisah ataupun penuh, apakah masih ada tempat untuk Tuhan berbicara melaluinya ??? oleh sebab itu, keluarkan hal2x yg tidak perlu dan berikan tempat unt Allah gunakan pikiran kita. Biarkan Allah menaruh pikirannya didalam otak kita untuk kita jalankan.

 

4.         Kuasai Perasaan / emosi-emosi

Hal lainnya adalah perasaan. Ada kalanya perasaan2x negatif akan timbul ketika kita akan berdoa. Mgk perasaan benci, marah, iri,  dsb. Itu yg harus kita kendalikan dan serahkan kepada Tuhan. Sekali lagi, jujur dan terbuka unt mau mengakui apa yg ada dipikiran kita dan perasaan kita. Agar Tuhan dapat bekerja melalui kedua hal ini. Karena Tuhan juga gunakan hati kita ataupun perasaan kita unt berbicara. 

Ingat seringkali pikiran yg dipendam, akan mempengaruhi perasaan. 

Kalo kita ingin mendengarkan suara Tuhan, BERSIHKAN saluran2x yg Tuhan akan gunakan, agar yg keluar itu adalah bersih ( diambil oleh penulis  dari kata2x suster agatha dari putri karmel CSE, Malang).

 

5.         Perasaan menuduh

Ketika mulai ada perasaan2x menuduh, coba kendalikan itu. Kalo perlu katakan firman2x yg dapat menguatkan kita. Inilah salah satu gunanya kita membaca firman. Co : bila ada perasaan menuduh bahwa kita tidak pantas atau layak, kita dapat katakan bahwa Yesus sudah mati unt melayakkan kita dari dosa2x kita. Atau ada perasaan tidak dihargai atau diperhatikan, kita dapat katakan firman bahwa burung pipit di udara DIA pelihara, apalagi kita yg merupakan anak2xNya, pasti Tuhan akan sangat peduli.

6.         Menaati 10 perintah Allah

Karena perintah ini adalah basic yg Tuhan berikan kita umatNya, berarti sudah selayaknya kita bisa menjalankan hukum-hukumNya.

 

Didalam otak kita terbagi menjadi otak kanan, otak kiri dan bagian belakang adalah memori atau ingatan. Pada bagian memori ini, ada satu bagian terkecil yg Tuhan gunakan untukNya, yg tdk bisa dikuasai oleh apapun. Bagian terkecil inilah yg kita isi dengan firman, doa dan hal2x lainnya sehingga semakin meluas dan dapat menguasai pikiran kita. Mgk seringkali ketika kita ada masalah, tiba2x kita teringat suatu firman alkitab yg menguatkan kita. Sebenarnya bagian terkecil inilah yg bekerja dimana Tuhan menggunakannya unt memberikan pesan atau memunculkan hal2x itu.

 

Firman adalah kaca diri kita. Ketika kita melakukan kesalahan ataupun pelanggaran, liatlah melalui firman, apakah itu baik atau tidak.

 

 

Sarana-sarana yg Tuhan biasa pakai unt berbicara :

1.         Pikiran

Sudah dijelaskan diatas

2.         Hati

Juga sudah dijelaskan

3.         Gambaran ketika kita berdoa.

Mgk pada saat berdoa, tiba2x Tuhan berikan kepada kita gambaran ttg orang2x disekitar kita. Bila itu gambaran orang yg masih hidup, ada kemungkinan bahwa orang itu membutuhkan doa dan sedang dalam kesulitan, berarti saatnya unt kita berdoa bagi orang itu. Sedangkan kalo gambaran itu berupa orang2x yg sudah meninggal baik kita kenal maupun tidak , berarti kita juga unt mendoakan orang tersebut yg mgk mereka sangat membutuhkan doa2x kita. Dan ada baiknya juga, ketika Misa kudus, persembahkan orang tsb kepada Tuhan.

 

4.         Mimpi-mimpi

Hal ini mgk sudah kita ketahui melalui nabi2x pada jaman lalu, yg dimana Tuhan sering berbicara kepada mereka melalui mimpi-mimpi. Cara ini pula masih DIA gunakan hingga saat ini unt berbicara kepada anak2xNya. Tetapi mimpi ini pun terbagi menjadi 3 :

A.        Mimpi yg berasal dari diri sendiri

Biasanya ini yg disebut bunga2x tidur. Karena kelelahan dan kecapean setelah beraktivitas yg dapat merangsang pikiran kita dan memunculkannya dalam bunga tidur. Biasanya setelah bangun, kita akan lupa dan tidak tau akan isi mimpi itu. Tetapi mgk cuma masih ada perasaannya, mgk itu takut atau senang.

 

B.        Mimpi yg berasal dari setan

Mimpi ini biasanya kita ingat, bahkan terkadang sampai membuat kita terbangun, tetapi membawa ketakutan buat kita. Pembicara memberikan contoh :  pernah ada seorang gadis yg bercerita bahwa dia mimpi kakinya digigit oleh ular. Bagi kepercayaan cina kuno, itu adalah perlambang bahwa gadis itu akan dilamar dan menikah. Tetapi ketika bercerita itu, perasaan dari pembicara tidak tenang, dan merasa bukan itu, tetapi saat itu tidak berani mengatakan dan hanya dipendam. Kemudian 3 hari kemudian, ternyata gadis itu mendapatkan musibah, dia diperkosa. Ketika mendengar hal itu pembicara sangat menyesal dan sedih, karena tidak memperingatinya terlebih dahulu. Karena seperti kita ketahui bahwa, ULAR didalam alkitab, adalah perlambang iblis atau kuasa jahat, apakah iblis akan membawa kebahagiaan ???   

 

C.        Mimpi yg berasal dari Tuhan

Mimpi ini biasanya hanya sekejap dan tidak berlangsung lama, tetapi sangat membekas dihati dan ketika bangun kita masih ingat dengan jelas. Ada baiknya unt segera dicatat dan minta peneguhan dari Tuhan.

 

5.         Pendengaran dan penglihatan

Inipun sama seperti mimpi, ada yg berasal dari diri sendiri, Tuhan dan iblis. Ada baiknya juga unt kita berhati2x. Tetapi bila kita mendapatkan semuanya itu, jangan menolaknya dulu, tetapi TANYA Tuhan akan maksud dari semuanya itu. Karena ketika kita membuka diri, Tuhan akan memberikan rahasia-rahasianya kepada kita. Karena Tuhan sangat rindu unt berbicara kepada kita

 

Ciri Khas suara Allah :

1.         membawa damai sejahtera

2.         Tidak mgk akan bertentangan dengan FirmanNya

Oleh sebab itu harus memiliki relasi yg kuat dengan Tuhan.

 

Sharing dari pembicara :

Hari itu beliau akan mengajar 3 kelas dimana 2 kelas di pagi dan siang hari dan 1 kelas di malam hari. Dan ketika dikelas pertama, seorang ibu bertanya bahwa ketika doa dia mendapatkan penglihatan ttg suatu kebakaran besar, dan menanyakan apakah itu halusinasi ataukah dari Tuhan. Ketika itu ibu edith pun mendapatkan hal yg sama dan mengatakan kepada muridnya itu. Merekapun berdoa, tetapi setelah satu jam, Tuhan tidak berbicara apa2x. Kemudian ketika mengajar kelas yg kedua, ada 2 murid yg mendapatkan penglihatan mendengar suara ledakan dan kebakarn besar, dan mereka mendapatkan penglihatan yg persis dengan orang yg dikelas pertama itu dan juga tante edith. Kemudian ketika malamnya mengajar kelas ketiga, ada seorang murid yg datang dan mengatakan bahwa ada dorongan didalam hatinya unt pergi ke bali. Tetapi dia bingung, karena baru seminggu balik dari bali. Dia menanyakan apa maksudnya unt berangkat ke bali lagi. Dan ibu edith hanya minta murid itu berdoa dan bertanya kepada Tuhan. Dan ketika pembicara menceritakan kepada salah satu anaknya, bahwa ada perasaan yg tidak enak saat itu dimana dia melihat suatu kebakaran besar dan dimana banyak orang2x bule yg menjadi korbannya. Tetapi anaknya hanya mengatakan itu tidak mgk diindonesia. Tetapi pembicara yakin akan terjadi sesuatu diindonesia, karena perasaan itu sangat kuat dan juga murid2xnya mendapatkan hal yg sama. Sampai 3 minggu kemudian, pembicara harus pergi unt membawakan SHB pada saat weekend, dan kembali baru hari senin. Waktu itu pembicara masih tidak mengetahui akan berita kejadian bali. Dan ketika menonton berita, pembicara sangat kaget, karena yg terlihat itu adalah persis dengan apa yg dia liat. Dan baru dia tahu bahwa kejadian itu dibali.  Kemudian ketika bertemu dengan muridnya yg malam itu, ternyata murid itu (seorang ibu), sangat menyesal karena tidak berangkat ke bali, karena salah satu (adik atau sepupu, saya lupa), telah menjadi salah satu korban dari kebakaran itu. Karena pacarnya adalah seoarng bule. Kalau saja ketika itu dia mengikuti suara Tuhan unt pergi ke bali, hal itu dapat dihindari, karena tidak mgk orang itu akan berangkat ke sari club karena akan menemani ibu ini.  

 

Dari sharing ini kita dapat melihat, bahwa Tuhan selalu memberikan warning bila akan terjadi sesuatu. Dan Tuhan amat sangat memperingati anak2xnya akan segala yg akan terjadi. Itulah gunanya utn kita peka terhadap suaraNya, agar kita tahu apa yg menjadi kehendak dan kemauannya atas kita maupun sekitar kita.

 

Yg terakhir, bila kita sudah dapat peka mendengarkan suara Tuhan, hendaklah kita menjadi RENDAH HATI. Jangan menjadi SOMBONG, atas segala hal itu. Bila mulai ada kesombongan, lebih baik segera STOP dan tidak berdoa lagi unt sementara waktu. Karena bahayanya bila kita sudah jatuh kedalam kesombongan, Iblis akan gunakan kepekaan ini unt memperlancar pekerjaannya. Sehingga apa yg kita liat atau dengar, bukan lagi berasal dari Allah. Itulah sebabnya banyak juga hamba2x Tuhan yg ketika mulai menyombongkan diri, pada akhirnya menjadi tidak berbuah dan bertumbuh lagi. Jadi berusahalah unt terus menurut kepada Allah dan selalu meminta pada bimbinganNya. 

 

Ad Maiorem Dei Gloriam [AMDG]

Visi Misi