Make your own free website on Tripod.com
salingmengasihi
Album | Arti SM | Doa | Sapaan Kasih | Cerita Kita | Pengalaman Kasih | Sharing Jodoh | Meditasi | Sejarah SM | Quiz | Natal SM | Old and New | My Testimony | Sharing My Faith | Inspirational Words | My Church or Organization | Favorite Prayers and Hymns | Favorite Links

Home









Cerita Kita

NATAL DAN KEGIATANNYA

 

Persiapan Natal sangat terasa bagi bagi setiap umat Kristiani. Berbagai macam persiapan yang dilaksanakan dan tidak sedikit kesibukan yang harus dilalui. Semua itu itu tentu selalu membawa makna tersendiri bagi setiap insan yang melakukannya. Bagi saya sendiri tahun ini merupakan tahun yang kedua dirantauan orang. Jika dibanding tahun lalu, saya boleh mengatakan tahun ini terasa ada perbedaannya. Tentu saja dari hal yang lahirial saya melihatnya. Saya dan bersama rekan yang lain sedikit ada kesibukan untuk mengikuti latihan koor.

Maka pada tgl 21 Des, 2002 kami merayakan Natal bersama di Brussels bersama umat Kristiani lainnya. Duta Besar RI untuk Belgia hadir pada kesempatan ini. Selain kami bergabung dengan koor inti, kami juga mengisi acara dalam perayaannya berupa kreasi dalam lagu. Ternyata lagu ini cukup mengesan bagi WS Rendra yang adalah kebetulan berada di Belgia saat itu. Sekitar tiga ratus lebih umat yang hadir dalam perayaan ini. Kami rombongan seluruh anggota komunitas hadir dalam acara tersebut. Berbagai acara yang dipentaskan pada saat ini. Juga ada acara makan bersama yag sungguh saya rasa seperti di Indonesia saja. Apalagi denga sambal yang pedis wuah..semakin semangat juga makannya. DI penghujung acara ini kami poco-poco ria bersama dan ternyata ada juga gaya poco-poco Belgia yang sebelumnya kami beajar dan tahu gerakannya dalam acara pelajaran nari yag kami laksanankan setiap minggu di Komunitas kami. Tetapi dari guru narinya tidak menyebutnya bahwa itu adalah poco-poco Belgia. Hee..eee..kita semua lancar dalam gerakan ini baik poco-poco Indonesia maupu poco-poco Belgia. Hayo kapan..kita poco-poco bareng?? Setelah itu kami pulang dan sebelumnya bersalaman dengan Pak Duta dan WS Rendra.

Menjelang Natal tahun ini kami persiapkan juga koor khusus oleh komunitas kami. Sebelum malam Natal kami mengaakan renungan bersama sekitar satu jam. Setelah renungan ada acara makan bersama. Wuah..acara ini termasuk acara langka buat kami semua. Soalnya lain deh dengan biasanya. Apalagi gaya orang Belgia makan bisa sampai berjam-jam dan anggurnya bisa bermacam macam. Kali ini setiap meja dan setiap orang telah disiapkan satu kompor kecil..e..ee..kita jadinya masak sendiri diatas meja kita sendiri dengan kompor kita masing-masing. Nah,,awalnya ada yang kompornya nggak nyala tetapi ada yang lancar..dan bisa menikmati dengan penuh gembira. Bagi yang nggak nyala yach..pimpinan atau superiornya selalu berusaha untuk menyalakannya dan sampai akhirnya bisa menikmati masakan dengan penuh gembira. Pada saat ini yang dimasak tuh...hanya dagingnya saja. Semua ini terasa begitu indah karena pengalaman pertama deh sekaligus melatih kesabaran.

Pada jam 11.30. malam kami berangkat menuju ke Biara pertapaan Karmel, komunitas Para Suster Karmel yang tak jauh dari komunitas kami. Misa malam Natal dimulai tepat pada pkl. 0.00 dan kami juga sebagai koor pada misa malam Natal ini. Ada bebera lagu Indonesia yang kami nyanyikan dan juga sebagian besar lagu dalam Bahasa Inggris. Misa dalam Bahasa Flamis. Br. Honorius saat itu tampil sebagai solo dalam lagu Noel-Noel. Setelah selesai misa kami bersalaman beberapa umat yang hadir dan juga salaman kepada para Suster lalu juga ada acara minum dan snack bersama. Dan kami pulang ke komunitas kami dan tidur.....

Tgl 26 Desember 2002, beberapa tamu datang kek komunitas kami dan mengucapkan selamat Natal dan juga ada acara minum bersama yang dilanjutkan dengan makan bersama. Setelah itu kami siap-siapa untuk acara social evening. Acara ini di isi dengan drama yang dibawakan oleh para Bruder, ada juga cerita lucu, nyanyian dan macam-macam deh yang membuat perut sakit karena tertawa. Di penghujung acara ini Dalang yang cukup terkenal di group SM kembali beraksi. Beliau adalah Br. Stefanus yang sering disapa Mas Kadar. Penapilanya cukup sempurna walau tidak dipersiapkan secara matang. Sebab katanya ini muncul secar spontan saja. Hebat juga dia. Wayang kali ini berbeda karena alat-alatnya nggak ada. Tetapi ia juga kreatif lalu menggunakan beberapa sendok dan garpu maka jadilah ia pentaskan Wayang malam itu. Tapi kali ini ia harus menggunakan tiga Bahasa yaitu Jawa, Indonesia dan Inggris. Inilah yang membuat kita tertawa secara khusus bagi Bruder Indonesia. Maka tak heran ada Bruder lain bertanya kog..wayang itu apa dan dalang itu apa?? Sulit juga diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris tetapi kami hanya bisa menjelaskannya. Setelah itu aku cerita bersama mas Kadar ini..ternyata ia bukan hanya dalang di dalam kamarnya sendiri saja sebagaimana dulu aku pernah cerita, tetapi kisahnya ia pernah diundang untuk jadi dalang ketika pernikahan teman gurunya di Purwokerto. Hebat loh..hayo..siapa yang ada acara ..berita mas Kadar ini? Hee..promosi deh.Akhir acara social evening ini kami membagikan bingkisan atau hadiah Natal bersama.

Tgl 27 Desember 2002, semua para Bruder bergerak menuju ke Eindhovend tepatnya di kota Eikenburg. Perjalanan selama satu jam setengan menggunakan bis komunitas yang berkapasitas 30 orang. Kami berjumlah 19 Bruder semuanya berangkat ke Eindhovend. Walau banyak kursi yang kosong. Sesampai disana kami disambut dengan penuh gembira oleh pimpinan Bruder disana dan setelah minum sebentar, mencari kamar masing-masing. Lalu ada acara makan siang dan setelah itu jalan-jalan menikmati alam sekitar komunitas. Kebetulan di Komuntas ini ada kolam renang ..kamipun bisa renang dan renang mengisi waktu yang kosong ini. Malam hari ada acara doa bersama lalu tidur karena cape.

Tgl 28 Desember kami menuju ke tempat rekreasi. Perjalanan sekitar satu jam. Setelah makan pagi kami persiapkan segala sesuatu lalu berangkat dengan bis. Dari kisah rekan saya bahwa tempat rekreasi ini sama dengan Taman Mini Indonesia Indah. Satu kali tiket masuk kita bisa mengunjungi semua tempat didalamnya yang sangat luas dan berfariasi juga keindahannya. Sepanjang hari kami berada di dalam taman ini. Ribuan pengunjung memadati tempat ini. Ada patung yang bisa bicara karena menggunakan tehnologi yang canggih dan juga gemerlapnya lampu yang warna-warni. Dari semua tempat yang saya masuk ada hal yang sangat menarik dan penuh mendebarkan. Dan pengalaman ini ternyata sama dengan teman yang lain ketika kami sharing bersama.

Saya masuk ke sebuah tempat dan kebetulan disana banyak orang yang antri untuk masuk ke sana. Setelah sampai ditempat tersebut ternyata disana kita naik kereta kecil. Yach..cari pengalaman aja. Saya dan teman yang lain naik. Dan awalnya perjalanan begitu pelan, tetapi lambat laun kita masuk ke tempat yang sangat gelap dan kecepatan kereta cukup mengerikan dan goncangannyapun mendebarkan. Rasanya mau mati saja saat itu. Dan seakan kita yang dalam kereta tersebut mau jatuh.Tapi tak lama kemudian kita udah sampai di tempat semula dan tempat yang terang. Ada Bruder yang nggak bisa makan setelah kejadian ini karena pengalaman yang mendebarkan dan mereka berkata pengalaman ini adalah yang pertama dan terakhir. Kami melihat di monitor ada begitu macam gaya saat kejadian ini. Ada yang tutup mata, ada yang teriak, ada berdoa,seru deh...dan mendebarkan. Lalu kami mengunjungi tempat lain dan sampailah waktunya kami kemabali ke komunitas.

Tgl 29 Des. 2002 dalam misa hari minggu kami sebagai koor di Kapel Bruderan. Para Bruder sangat senang dan gembira mendengar alunan lagu yang kami bawakan dan juga ada beberapa umat yang sempat hardir pada saat itu. Setelah misa selesai kami mengadakan acara minum bersama di komunitas yang dilanjutkan dengan kunjungan ke komunitas para Bruder yang tua. Komunitas ini tak jauh dari komunitas tempat kami nginap. Selama 45 menit kami berada disana. Kebetulan ada 3 Bruder yang masih hidup dan cukup lama sebagai misionaris di Indonesia. Selama waktu ini kami juga membawakan beberapa lagi dihadapan mereka. Setelah itu kami pulang ke komunitas kami dan makan siang. Pada sore hari kami mengunjungi sebuah Museum Nasional yang bernama Carillon. Museum ini banyak dan kaya sekali dengan jenis-jenis binatang. Terutama burung-burung dan ada juga jenis lonceng dan cara membuat lonceng-lonceng Gereja. Sangat unik dan menarik sekali tempat ini. Ada juga beberapa benda yang berasal dari Indonesia yang dipasang disana. Perjalanan kali ini disertai dengan hujan gerimis dan setelah itu kami balik ke komunitas kami.

Tgl 30 Desember 2002 kami mengunjungi komunitas para Bruder di kota Roermond. Setelah sarapan pagi kami menerima informasi dari Superior kami bahwa ada berita sedih untuk Bruder Indonesia bahwa pada hari minggu tgl 29 Des. 2002 Bruder Laurensius FC, meninggal dunia di Indonesia.Br. Laurensius pernah menjadi Provinsial Bruder karitas selama 1 periode. Kami doakan arwahnya diterima disisi Tuhan. Setelah itu kami teruskan perjalanan kami ke Roermond. Di komuitas ini para Bruder menangani orang yang cacat mental secara khusus bagi yang dewasa. Karena sekarang masih libur kami hanya sempat melihat hasil karya mereka. Disana ada tenunan kain dan macam ketrampilan lainnya. Setelah itu kami balik ke Komuitas kami dan setelah makan siang kami kembali ke komunitas kami di Moerzeke Belgium. Perjalanan pulang desertai dengan hujan dan tiba dengan selamat di Komunitas.

Salam

Elias FC

 

 Selamat sore semua...

Bagaimana kabar rekan SM semua...moga-moga sehat selalu ya.....sori baru bisa gabung sekarang karena alasan lama....lumayan sibuk....namun walo' gitu aku tetep monitor email yang masuk dari rekan SM semua.

Pertama aku mo' ngucapin Welcome back to Kampung buat para Bruder-bruder yang lama banget nggak mengudara. Moga-moga aja masih inget sama satu anggota yang ada di seberang ini. Lama banget menimba ilmu di negeri orang...pastinya udah semakin tambah-tambah donk...nggak rugi kan kalo' di bagi-bagikan ama kita-kita yang ada di kampung ini.

Kedua aku mo' ngucapin selamat buat mbak Siwi yang udah terlepas dari belenggu eh...maksudnya udah sembuh dari sakit. Aku di sini cuman bisa ngedoa-in aja dari jauh saat tau mbak siwi sakit. Mbak, kalo sakit nggak usah dipaksakan kerja...n'tar tambah parah loh....jangan keburu-buru kerja ya....biar fit dulu...

Ketiga Selamat buat Buaya eh...Surabaya crew yang udah dengan suksek mengadakan jumpa fans dengan Mami and Papi....idiiihhhh...ngiri banget loh denger cerita kalian palagi di jelasin sampai ke menu-menu makanan yang di pesen, jadi ngiler nich....Ok's salut dech buat kalian.

Nobel koq juga jarang berkicau lagi...lagi sibuk juga ya.....ayo donk ngobrol lagi biar kita bisa nggak stress banget kerja. (tapi bukan berarti aku menyamakan kamu dengan Rumah sakit Jiwa loh..tempat orang stress nongkrong kalo' lagi kumat). :))

Kk erwien katanya N'dut juga ya....aduh si Nobel..jangan suka buka rahasia pribadi donk...he..he.. nggak papa koq banyak temenya...Big is beauty kata Huges.

Mom ama Pap sekarang posisi nya ada dimana ya...denger-denger mau singgah ke Magelang juga...aduh senengnya...walaupun aku nggak ada di Magelang tapi serasa juga mau nerima tamu kehormatan atau Bintang idolanya SM.

VM kapan nich mau jumpa fans ke anak-anak Kampung, tapi jangan nggak sampai mampir ke Sangatta ya...n'tar ku kasih liat gambar ular and buaya yang makan orang. he..he..Oh iya....VM lagi ada retret ya...selamat mengikuti retret semoga bisa membagikan berkatnya lagi ke kita.

Oh..iya...buat semua rekan SM yang terkasih...aku nggak bisa absen satu-satu..yang pasti met weekend aja buat kalian semua. semoga bisa fresh lagi n'tar hari senin.

have a nice weekend

bye

diajenk_devi

Sangatta

 

Enter subhead content here

Enter content here



Enter supporting content here